• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Batuk Berdahak Tidak Kunjung Sembuh, Waspada 5 Penyakit Ini

Batuk Berdahak Tidak Kunjung Sembuh, Waspada 5 Penyakit Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan lendir, alergen, atau polutan, sehingga kamu tidak terus menerus menghirupnya. Batuk biasanya bukan penyakit yang harus dikhawatirkan. Batuk terbagi atas dua jenis, batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai dahak atau lendir. Sedangkan batuk berdahak biasanya ditandai dengan lendir yang terasa mengganjal di tenggorokan. 

Batuk kering maupun batuk berdahak biasanya dapat sembuh sendirinya tanpa perawatan khusus. Tapi, apa jadinya kalau kamu mengalami batuk berdahak yang tak kunjung sembuh? Kamu perlu waspada, kalau batuk berdahak yang kamu alami bertahan lebih dari delapan minggu. Pasalnya, batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh bisa jadi menandai sejumlah penyakit berikut ini.

Baca juga: Beda Penyebab Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Penyebab Batuk Berdahak yang Tidak Kunjung Sembuh

Melansir dari Harvard Health Publishing, ada kondisi yang ditandai dengan gejala batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh, seperti:

  1. Alergi

Kalau batuk berdahak yang kamu alami disertai dengan gatal-gatal, mata dan hidung berair, hidung tersumbat, dan hidung meler, bisa jadi kamu mengalami alergi. Jangan biarkan kondisi ini berlarut-larut. Alergi yang tidak diobati dapat mengembangkan infeksi sinus kronis. Biasanya batuk yang disebabkan alergi dapat diobati dengan antihistamin dan steroid hidung. 

  1. Asma

Penyakit asma umumnya  ditandai dengan mengi atau bengek. Padahal, asma tidak selalu ditandai dengan mengi. Melansir dari Harvard Health Publishing, pengidap asma juga bisa ditandai dengan batuk berdahak tanpa mengi. Kalau kamu mengidap batuk yang tidak kunjung sembuh, ada baiknya langsung periksakan diri ke dokter untuk diidentifikasi lebih lanjut. Sebelum mengunjungi rumah sakit, kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu lewat aplikasi Halodoc

  1. Asam Lambung

Asam lambung juga dapat memicu batuk berdahak. Kalau batuk yang kamu idap tak kunjung sembuh dan kerap dibarengi dengan mulas, bisa jadi kamu mengidap asam lambung. 

Baca juga: 4 Cara Ampuh Mengatasi Batuk Berdahak

  1. Bronkitis Kronis

Sudah menjadi rahasia umum kalau kebiasaan merokok bisa mendatangkan berbagai macam, penyakit, terutama penyakit paru-paru. Nah, awal kemunculan penyakit paru-paru seringkali ditandai dengan batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh.

Ketika fungsi paru-paru menurun, tubuh tidak mampu membersihkan partikel yang masuk ke saluran udara dengan baik. Akibatnya, saluran udara membengkak dan menghasilkan lendir berlebih. Kondisi ini disebut sebagai penyakit bronkitis.

  1. Tuberkulosis

Tuberkulosis adalah penyakit saluran nafas yang ditandai gejala batuk berdahak kronis. Tuberkulosis disebabkan oleh mycobacterium yang masuk ke dalam aliran darah dan kelenjar getah bening. Kondisi ini sering menyerang individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

  1. Penyakit Langka

Penyakit langka, seperti fibrosis paru, sarkoidosis, penyakit autoimun, dan kelainan anatomi seringkali ditandai dengan gejala batuk berdahak kronis. Untuk memastikannya, kamu perlu melakukan serangkaian pemeriksaan, seperti evaluasi paru dan THT.

Baca juga: Batuk Berdahak Lebih Mudah Menular, Benarkah?

Selain batuk berdahak kronis, penyakit-penyakit di atas pastinya menimbulkan gejala lain. Oleh karena itu, kamu harus jeli untuk membedakan penyakit-penyakit tersebut. Terpenting adalah jangan mengabaikan batuk berdahak kronis karena bisa jadi batuk yang dialami menandai kondisi yang lebih serius. 

Referensi:

Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. When a cough just won’t go away.
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes a Lingering Cough? Plus 3 Home Remedies to Try.