Benarkah Ikan Gabus Bisa Memulihkan Luka Pasca Persalinan?

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   16 November 2020
Benarkah Ikan Gabus Bisa Memulihkan Luka Pasca Persalinan?Benarkah Ikan Gabus Bisa Memulihkan Luka Pasca Persalinan?

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu pernah dengar bahwa seseorang yang baru saja melakukan operasi bedah, atau baru saja melahirkan harus segera makan ikan gabus untuk mempercepat pemulihan luka? Ternyata banyak yang percaya bahwa ikan gabus memiliki manfaat dalam penyembuhan luka pasca operasi, maupun luka yang cukup dalam. Pasalnya, ikan gabus memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga albumin, yakni sejenis senyawa yang sangat diperlukan tubuh dalam proses penyembuhan luka.

Namun, apakah ini benar? Apakah ada manfaat lain dari ikan gabus? Simak ulasannya berikut! 

Baca juga: Cara Merawat Jahitan Setelah Persalinan Normal

Ikan Gabus untuk Sembuhkan Luka Persalinan 

Kabar yang menyebutkan bahwa ikan bagus baik untuk memulihkan luka usai operasi memang benar adanya. Namun, sebetulnya ikan gabus ini juga punya banyak manfaat, semisal untuk para pengidap diabetes dan stroke. Ini karena ikan gabus rendah lemak dan memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. ikan gabus terbukti memiliki protein yang tinggi, bahkan mengalahkan ikan salmon. Kandungan protein pada ikan gabus ini juga lebih tinggi dari ikan bandeng, ikan mas, dan ikan kakap. Sehingga, selain bermanfaat dalam penyembuhan luka, ikan gabus juga bisa memberikan gizi yang tinggi bagi yang mengalami gizi buruk.

Namun, bagi yang tidak suka makan ikan gabus, kini kamu juga bisa mengkonsumsi ikan gabus dalam bentuk kapsul yang berisi ekstrak ikan gabus. Dengan demikian penyembuhan luka pun bisa lebih cepat. Selain itu, biasanya dokter juga akan menyarankan pasien mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dan tinggi albumin seperti ikan gabus ini.

Beberapa ibu yang melahirkan secara operasi caesar juga sebaiknya mengkonsumsi ikan gabus agar luka sayatan bekas operasi segera pulih. Bukan hanya itu saja, kandungan gizi ikan gabus juga membuat tubuh ibu melahirkan lebih bugar. Sehingga, setelah melahirkan ibu jadi sehat kembali dan tidak mudah sakit.

Baca juga: Lakukan Persalinan Normal, Siapkan 8 Hal Ini

Tips Lain untuk Penyembuhan Pasca Persalinan

Selain makan ikan gabus ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk bisa cepat merasa lebih baik usai persalinan: 

  • Bantu Perineum Sembuh. Beri es ke perineum setiap beberapa jam selama 24 jam pertama setelah melahirkan. Semprotkan air hangat ke area sebelum dan sesudah buang air kecil agar air seni tidak mengiritasi kulit yang robek. Cobalah mandi air hangat selama 20 menit beberapa kali sehari untuk meredakan nyeri. Usahakan untuk menghindari berdiri atau duduk dalam waktu lama, dan tidur miring.
  • Rawat Bekas Luka Operasi Caesar. Bersihkan sayatan C-section dengan lembut dengan sabun dan air sekali sehari. Keringkan dengan handuk bersih, lalu oleskan salep antibiotik. Tanyakan pada dokter di Halodoc tentang apakah lebih baik menutupi luka atau membiarkannya terbuka. Hindari membawa banyak barang, dan tunda olahraga berat sampai mendapat persetujuan dari dokter.

Baca juga: Ini Risiko Salah Mengejan saat Melahirkan

  • Redakan Sakit dan Nyeri. Jika kamu sakit karena mengejan, minum asetaminofen. Kurangi rasa sakit secara keseluruhan dengan mandi air panas atau bantal pemanas, atau bahkan manjakan diri dengan pijat.
  • Tetap Makan Sehat untuk BAB Teratur. Buang air besar pertama setelah melahirkan bisa memakan waktu, tetapi jangan memaksakan sesuatu. Makan banyak makanan kaya serat (biji-bijian, buah-buahan, sayuran), jalan-jalan, dan gunakan pelunak feses yang lembut untuk menjaga dan tetap teratur. Hindari mengejan, yang tidak baik untuk robekan perineum atau bekas luka operasi caesar. 
  • Lakukan Kegel. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengembalikan bentuk Miss V, membuat hubungan intim lebih menyenangkan untuk kamu dan pasangan, dan mengatasi inkontinensia urine post partum. Jadi, mulailah dengan senam Kegel pasca persalinan segera setelah kamu merasa nyaman, dan targetkan untuk melakukan latihan kegel sebanyak tiga set setiap hari.

Referensi:
Tempo. Diakses pada 2020. Ikan Gabus Bantu Pemulihan Setelah Melahirkan, Mitos atau Fakta?
What to Expect. Diakses pada 2020. Postpartum Recovery.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan