• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Biduran Tak Kunjung Sembuh, Harus Apa?

Biduran Tak Kunjung Sembuh, Harus Apa?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Biduran atau urtikaria adalah masalah kulit yang umum terjadi. Masalah kulit yang satu ini ditandai dengan munculnya benjolan atau ruam berwarna merah pucat pada kulit yang yang terasa gatal. Ruam biduran bisa muncul tiba-tiba dan umumnya disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap alergen tertentu.

Biduran juga bisa muncul di bagian tubuh mana pun termasuk wajah, bibir, lidah, tenggorokan, atau telinga. Meski dapat menimbulkan ketidaknyamanan, biduran umumnya mudah diobati atau bahkan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, bagaimana jika biduran tidak kunjung sembuh? Ini yang perlu kamu lakukan!

Baca juga: Ini Jenis-Jenis Biduran yang Perlu Diketahui

Apa yang Harus Dilakukan Jika Biduran Tak Kunjung Sembuh?

Biduran yang tidak kunjung sembuh masuk ke dalam urtikaria kronis, di mana ruam dan gatal-gatal bisa berlangsung lebih dari enam minggu. Penyebab gatal-gatal jenis ini biasanya lebih sulit dikenali. Berikut sejumlah hal yang perlu kamu lakukan ketika biduran yang kamu alami tidak kunjung sembuh:

1. Temui Dokter

Periksakan diri ke dokter spesialis kulit atau ahli alergi untuk mencari tahu penyebab biduran yang kamu alami. Pemeriksaan medis menyeluruh dapat membantu menyingkirkan kemungkinan penyebab, seperti infeksi atau obat-obatan yang dapat menyebabkan gatal-gatal atau kemungkinan penyakit, seperti kondisi tiroid, artritis reumatoid, atau diabetes. 

2. Selalu Pantau Keadaan Kulit

Pastikan kamu selalu memantau kondisi kulit meskipun kamu tidak selalu tahu penyebab biduran yang kamu alami. Namun, memantau biduran yang kambuh terkadang dapat membantu kamu untuk menemukan jawaban apa yang memicu gatal-gatal biduran. 

Baca juga: Faktor Pemicu Biduran yang Harus Diketahui

3. Ringankan Gejala dengan Perawatan Rumahan

Biduran kronis yang kamu alami pastinya sering menimbulkan rasa gatal. Untuk meringankannya, sebaiknya hindari lingkungan yang panas, kenakan pakaian yang berbahan katun dan longgar, kompres dingin atau gunakan obat antigatal yang berbentuk losion. Kamu juga harus memastikan kulit tetap lembap karena kulit yang kering bisa memperparah rasa gatal. 

4. Hindari Stres

Stres bisa memicu gatal-gatal atau bahkan membuatnya semakin parah. Kalau kamu sering merasa stres, cobalah untuk berolahraga setiap hari, bermeditasi, dan melatih kesadaran guna mencegah stres. 

5. Ikuti Perawatan yang Dianjurkan Dokter

Penting untuk mengikuti rencana perawatan yang disarankan oleh dokter. Perawatan mungkin gagal bekerja kalau kamu tidak disiplin untuk meminum obat yang diresepkan oleh dokter. Misalnya, jika dokter kulit meresepkan antihistamin setiap hari dan kamu hanya meminumnya saat kambuh, kamu mungkin terus mengalami biduran.

Beri tahu dokter kulit jika pengobatan yang sudah direkomendasikan gagal bekerja. Biasanya, ketika perawatan sebelumnya gagal, dokter akan meningkatkan dosis obat, menambahkan obat-obatan lain, atau meresepkan obat yang berbeda. 

Baca juga: 4 Obat Alami Ini Ampuh Atasi Biduran

Apabila kamu mengalami biduran yang tak kunjung sembuh, periksakan ke dokter secepatnya. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. Melalui Halodoc, kamu dapat mengetahui estimasi waktu giliran masuk, sehingga kamu tidak harus duduk lama-lama di rumah sakit. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu lewat aplikasi.

Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. 10 WAYS TO GET RELIEF FROM CHRONIC HIVES.
WebMD. Diakses pada 2020. Hives and Your Skin.