Cara Menjaga Kesehatan Miss V saat Menstruasi

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Maret 2021
Cara Menjaga Kesehatan Miss V saat MenstruasiCara Menjaga Kesehatan Miss V saat Menstruasi

Halodoc, Jakarta - Menstruasi menjadi salah satu kondisi yang membuat banyak wanita merasa tidak nyaman. Periode ini juga memicu munculnya sejumlah keluhan berupa rasa gatal, perih, serta bau amis yang menusuk pada area kewanitaan. Sejumlah keluhan tersebut dipicu oleh satu hal, yaitu kebersihan vagina yang tidak terjaga dengan baik. 

Saat menstruasi, area vagina menjadi lebih lembap, sehingga memicu berkembangnya bakteri dan jamur. Akibatnya, wanita lebih rentan mengalami sejumlah masalah, seperti gatal, keputihan, nyeri buang air kecil atau berhubungan intim, serta pembengkakan pada vagina. Untuk mencegah sejumlah keluhan tersebut, berikut ini cara menjaga kesehatan vagina saat menstruasi:

Baca juga: 4 Tips agar Selalu Tenang saat Menstruasi

1. Gunakan Pakaian Dalam dari Bahan yang Menyerap Keringat

Langkah pertama dalam menjaga kesehatan vagina saat menstruasi adalah menggunakan celana dari bahan katun agar mudah menyerap keringat. Selain itu, hindari penggunaan celana dalam terlalu ketat agar area kewanitaan tidak lembap dan gatal.

2. Bersihkan Area Vagina Sesering Mungkin

Membersihkan vagina dan area di sekitarnya sesering mungkin menjadi langkah menjaga kesehatan vagina saat menstruasi selanjutnya. Disarankan untuk membersihkan vagina setiap selesai buang air. Bersihkan dari depan ke belakang, atau dari vagina menuju anus, jangan sebaliknya. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke vagina.

3. Bersihkan Menggunakan Sabun Khusus

Menggunakan sabun khusus kewanitaan boleh-boleh saja, tetapi hindari yang mengandung pewangi atau parfum, ya. Jika kandungan tersebut digunakan, hanya akan membuat area sekitar vagina mengalami iritasi.

Baca juga: 6 Tips agar Selalu Senang saat Menstruasi

4. Gunakan Pembalut Berdaya Serap Baik

Menggunakan pembalut berdaya serap baik akan membuat vagina tetap kering, sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur, serta bau tidak sedap. Jadi, temukan pembalut yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya.

5. Sering Mengganti Pembalut

Sering mengganti pembalut menjadi salah satu langkah menjaga kesehatan vagina saat menstruasi. Darah dan keringat yang menumpuk di vagina dan area sekitarnya mampu menjadi sarang pertumbuhan mikroorganisme yang mampu menyebabkan infeksi dan iritasi. Sebaiknya ganti pembalut setiap 3–4 jam sekali, meski volume darah tidak banyak.

6. Jangan Gunakan Pembalut Beraroma

Memakai pembalut tidak boleh yang memiliki kandungan pewangi atau parfum. Apalagi jika kamu memiliki kulit sensitif. Hal tersebut akan membuat kamu rentan mengalami gatal-gatal yang berujung pada keputihan. Sebaiknya pilih produk pembalut berlabel hipoalergenik yang aman bagi pemilik kulit sensitif.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Langkah terakhir dalam menjaga kesehatan vagina saat menstruasi adalah mengonsumsi makanan sehat. Tahukah kamu jika pola makan sehat dapat berdampak baik pada kesehatan vagina? Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi yoghurt, ikan, buah beri, dan makanan yang mengandung kedelai.

Baca juga: Mengapa Wanita Lebih Sensitif saat Menstruasi?

Itulah sejumlah tips menjaga kesehatan vagina saat menstruasi. Jika sejumlah tanda tersebut tidak mampu mencegah masalah pada vagina saat menstruasi, segera diskusikan hal tersebut dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya. Diskusikan juga jika kamu mengalami tanda infeksi atau iritasi pada vagina. Jangan lupa, dan jangan malas untuk selalu menjaga kesehatan vagina saat menstruasi, karena akan berdampak pada rasa tidak nyaman yang berkepanjangan.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2021. Staying Clean During Your Period.
Flo.health. Diakses pada 2021. 14 Important Questions about Hygiene During Your Period.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan