Cara Mudah Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 April 2021
Cara Mudah Meningkatkan Rasa Percaya DiriCara Mudah Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Halodoc, Jakarta – Meningkatkan kepercayaan diri dapat membantu kamu menjalani kehidupan yang lebih berkualitas. Percaya diri sangat penting untuk aktivitas sehari-hari maupun profesional. Jika kamu memiliki rasa percaya diri, kamu lebih dapat melakukan segala sesuatunya sesuai dengan potensi dan punya keinginan untuk melakukan terbaik meski di bawah tekanan. 

Memiliki rasa percaya diri juga dapat meningkatkan sikap lebih positif. Bagaimana cara mudah meningkatkan rasa percaya diri? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: Awas, 5 Hal Ini Bisa Pengaruhi Rasa Percaya Diri Anak

Cara Membangun Rasa Percaya Diri

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Psychology Today, memiliki rasa percaya diri yang rendah cenderung membuat seseorang untuk selalu mengkhawatirkan kesalahan dulu dan ketakutan akan mengulanginya.

Perenungan yang berlebihan mengenai hal ini akan membuat kamu menarik diri dari kemungkinan-kemungkinan positif di masa sekarang dan masa depan. Lantas, bagaimana cara membangun rasa percaya diri? 

1. Dimulai dari Sikap Berdiri atau Duduk 

Ada efek positif dari postur berdiri maupun duduk yang kamu lakukan. Jika kamu berdiri dan duduk dengan tegap, secara tidak langsung tubuh mengirimkan sinyal positif ke seluruh sel-sel tubuh. 

Postur tubuh mengirimkan pesan ke otak yang benar-benar dapat mengubah perasaan. Jadi, jika kamu ingin merasa lebih kuat, duduklah dengan tegak, tersenyum, atau berdiri dalam “pose kekuatan”, dan pesan itu akan dikirim ke otak.

2. Mindfulness

Mindfulness terbukti memiliki manfaat yang signifikan untuk kesehatan fisik dan psikologis. Kamu dapat melatih perhatian penuh kapan dan di mana saja. kamu dapat mencobanya sekarang dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

- Sadar akan kesadaran diri dengan cara mengamati diri sendiri dan lingkungan.

- Mulailah dengan sensasi tubuh, rasakan kaki dan kaki, perut dan dada, lengan, leher, serta kepala.

- Perhatikan napas mengalir masuk dan keluar serta sensasi natural yang kerap tidak kamu sadari.

3. Olahraga secara Teratur

Latihan memiliki efek kuat pada kepercayaan diri. Olahraga teratur melepaskan endorfin yang pada gilirannya berinteraksi dengan reseptor opiat di otak, yang menghasilkan keadaan pikiran menyenangkan dan pada akhirnya kamu akan akan melihat diri dalam sudut pandang yang lebih positif. Ketika berolahraga secara teratur, kamu tidak hanya akan menjadi lebih baik secara fisik, tetapi juga akan merasa lebih termotivasi untuk bertindak dengan cara yang membangun kepercayaan diri.

Baca juga: Ini Dampak Psikologi Anak yang Selalu Dijanjikan Hadiah

4. Ikuti proses, Risiko, dan Membuat Kesalahan

Biarkan diri untuk belajar, mengambil risiko, dan membuat kesalahan. Saat keluar dari zona nyaman dan memulai sesuatu yang baru, kamu akan memperluas batasan pada diri sendiri. Ketika kamu berhasil menyelesaikan sesuatu yang berada di luar zona nyaman maka secara tidak langsung kamu telah membangun kepercayaan diri.

5. Katakan yang Baik pada Diri Sendiri

Jadilah penyemangat untuk dirimu sendiri. Bicaralah hal-hal yang baik kepada diri karena pada akhirnya kamulah penyemangat terbaik untuk dirimu sendiri. Kemudian hal lain yang perlu dilakukan adalah jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain. Begitu juga sebaliknya, bantulah orang lain saat ada yang membutuhkan.

6. Percaya dengan Diri Sendiri

Mendengarkan masukan dari orang-orang yang ada di sekeliling memang diperlukan. Namun, jangan sampai masukan yang disampaikan membuat keinginan atau tujuan kamu berubah. Jika kamu membutuhkan masukan yang tepat, tidak ada salahnya pastikan kamu menerima saran dari orang yang tepat. Jangan lupa untuk selalu percaya terhadap diri sendiri agar kamu bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

7. Perbanyak Kegiatan yang Menyenangkan

Melakukan hal-hal yang menyenangkan diri sendiri nampaknya sah-sah saja dalam membantu kamu meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini akan membuat kamu melepaskan segala penat, stres, hingga cemas yang dirasakan. Dengan begitu, kamu akan lebih siap dan percaya diri melangkah dalam menggapai tujuan yang kamu inginkan.

Baca juga: Simak 5 Cara Mudah Membuat Anak Cerdas Sejak Kecil

Jangan ragu untuk menggunakan Halodoc agar kamu mendapatkan cara tepat dalam membangun rasa percaya diri melalui dokter atau psikolog terbaik. Tidak perlu repot, kini kamu bisa download Halodoc melalui App Store dan Google Play kapan saja dan dimana saja!

 

Referensi:
Forbes. Diakses pada 2021. 10 Ways to Build Confidence.
TC North. Diakses pada 2021. The 12 Benefits of Increasing Your Self-Confidence.
Positve Psychology. Diakses pada 2021. What Is Self-Confidence? + 9 Ways to Increase It.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan