Cara Mudah Meredakan Sakit Pinggang Bagian Belakang

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   05 Juni 2023
Cara Mudah Meredakan Sakit Pinggang Bagian BelakangCara Mudah Meredakan Sakit Pinggang Bagian Belakang

Halodoc, Jakarta – Apakah pinggang bagian belakangmu saat ini sedang sakit? Sakit pinggang bagian belakang bisa terjadi karena beberapa hal. Mulai dari pergantian posisi yang mendadak sampai mengangkat barang terlalu berat.

Kurang olahraga juga bisa menyebabkan sensasi sakit pada bagian belakang pinggang, termasuk juga posisi tidur dan posisi duduk saat bekerja yang salah. Bagaimana cara meredakan sakit pinggang bagian belakang? Selengkapnya bisa dibaca di sini!


Tips Meredakan Sakit Pinggang Bagian Belakang

Meredakan sakit pinggang bagian belakang bisa dimulai dari mengatasi penyebab kenapa area tersebut sakit. Kalau misalnya kamu salah tidur, ya mulai sekarang perbaiki posisi tidurmu. Olahraga juga bisa menjadi salah satu solusi penanganan sakit pinggang bagian belakang.

Selengkapnya mengenai tips meredakan sakit pinggang bagian belakang bisa dibaca di sini!

1. Jangan Terlalu Lama Berbaring di Tempat Tidur 

Orang dengan nyeri pinggang akan merasakan sakit lebih intens jika menghabiskan waktu di tempat tidur dalam jangka waktu lama. Tetap aktif dan berhati-hati saat melakukan gerakan dapat membantu proses penyembuhan sakit pinggang bagian belakang. 

Baca juga: Kenali Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita

2. Aktif Berolahraga

Aktivitas merupakan obat terbaik untuk sakit punggung. Latihan sederhana seperti berjalan bisa sangat membantu. Ini membuat orang keluar dari postur duduk dan menempatkan tubuh pada posisi netral dan tegak. Namun, ingatlah untuk bergerak secukupnya. Jauhi aktivitas berat seperti berkebun dan hindari gerakan apa pun yang menyebabkan rasa sakit.

3. Pertahankan Postur yang Baik

Rasa sakitnya mungkin dimulai setelah latihan yang lama di gym, tetapi ketegangan yang menyebabkannya mungkin telah berproses selama bertahun-tahun. Kebanyakan orang memiliki postur tubuh yang buruk saat melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga punggung mereka tertekan. Ini bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti saat menyikat gigi di wastafel, ataupun duduk di meja kerja.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Memicu Terjadinya Sakit Pinggang

4. Melatih Inti Tubuh 

Kebanyakan orang dengan nyeri punggung kronis akan mendapat manfaat dari latihan otot inti. Batang tubuh adalah kombinasi dari banyak kelompok otot yang bekerja sama. Jika otot perut lemah, area lain harus mengisi kekosongan ini. 

6. Meningkatkan Fleksibilitas

Terlalu banyak ketegangan bisa menyebabkan sakit punggung. Meningkatkan fleksibilitas adalah salah satu cara meredakan ketegangan dan sakit pinggang bagian belakang. Latihlah fleksibilitasmu dengan cara mengaplikasikan latihan peregangan. 

8. Kompres Dingin dan Panas 

Bantalan pemanas dan kompres dingin dapat menenangkan sakit pinggang bagian belakang. Profesional medis merekomendasikan penggunaan es selama 48 jam pertama setelah cedera, terutama jika ada pembengkakan dan kemudian beralih ke kompres panas.

Baca juga: Penyebab Bumil Rentan Alami Sakit Pinggang

9. Tidur dengan Posisi Benar 

Bukan hanya kuantitas tidur saja yang penting, kualitasnya juga penting. Salah satu cara menjaga kualitas tidur tetap stabil adalah dengan menempatkan posisi tidur yang maksimal. Orang yang tidur menghadap ke atas harus meletakkan bantal di bawah lutut mereka.

Orang yang tidur menyamping harus meletakkan bantal di antara lutut untuk menjaga tulang punggungnya dalam posisi netral. Tidur dengan perut menyebabkan leher dan kepala berputar dan dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada punggung.

10. Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya merusak paru-paru tetapi juga memberikan tekanan pada punggung. Sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam American Journal of Medicine menemukan bahwa perokok dan mantan perokok lebih cenderung mengalami sakit punggung bila dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok.

Nikotin menyebabkan pembuluh darah kecil mengerut dan menurunkan pengiriman darah ke jaringan lunak. Informasi selengkapnya mengenai sakit punggung bisa ditanyakan langsung ke dokter di Halodoc.  

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.


Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. 12 Ways to Improve Back Pain.
Spine Health. Diakses pada 2020. 7 Ways to Relieve Back Pain Naturally.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan