Dada Sebelah Kanan Terasa Sakit, Apakah Berbahaya?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Mei 2023
Dada Sebelah Kanan Terasa Sakit, Apakah Berbahaya?Dada Sebelah Kanan Terasa Sakit, Apakah Berbahaya?

Sakit dada sebelah kanan adalah kondisi yang tidak bisa dianggap remeh. Karenanya jangan ragu untuk berbicara dengan dokter di Halodoc untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat!

Halodoc, Jakarta – Nyeri yang muncul di area dada kerap dikaitkan dengan gangguan pada organ jantung. Namun, tidak kebanyakan orang lebih fokus pada nyeri di dada sebelah kiri yang merupakan tanda awal dari penyakit jantung. Padahal, nyeri bisa muncul di bagian mana saja, baik di dada sebelah kiri, sebelah kanan, maupun di tengah. 

Nyeri dada ditandai dengan munculnya sensasi tertusuk, tertekan, atau perih di area dada. Nyeri yang muncul di area dada sama sekali tidak boleh dianggap sepele, baik di sebelah kiri, sebelah kanan, maupun tengah. Jika nyeri dada di sebelah kiri identik dengan penyakit jantung, bagaimana dengan dada sebelah kanan? Apakah berbahaya jika dada sebelah kanan terasa nyeri? Simak jawabannya di artikel ini! 

Baca juga: Perbedaaan Serangan Jantung dan Gagal Jantung


Penyakit-Penyakit yang Menyebabkan Nyeri Dada

Meski tidak selalu menjadi tanda penyakit serius, nyeri yang muncul di area dada sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Nyeri dada bisa berlangsung dalam waktu singkat hingga berhari-hari yang tergantung pada kondisi yang menjadi penyebabnya. Jika nyeri dada berlangsung lama dan disertai gejala lain, mungkin itu adalah tanda penyakit serius. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. 

Nyeri dada sebelah kanan bisa saja terkait dengan berbagai jenis penyakit, di antaranya: 


1. Penyakit Paru-Paru 

Penyakit paru-paru bisa ditandai dengan nyeri dada sebelah kanan. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah di paru-paru, radang selaput paru, tekanan tinggi pada pembuluh darah di paru-paru, serta paru-paru kempis alias kolaps. 

Baca juga: Gejala Serangan Jantung pada Pria dan Wanita, Apa Bedanya?


2. Stres

Stres atau gangguan kecemasan juga bisa memicu nyeri dada sebelah kanan. Sensasi yang muncul menyerupai serangan jantung dan biasanya terjadi karena kejadian traumatis atau stres yang dialami. Kondisi ini bisa memicu nyeri dada sebelah kanan atau di keduanya. 


3. Gangguan Pencernaan 

Nyeri di area dada juga bisa menjadi tanda adanya gangguan pada sistem pencernaan. Kondisi ini sering muncul sebagai tanda penyakit refluks asam lambung (GERD), batu empedu, radang kantung empedu, serta kanker pankreas alias pankreatitis. 


4. Cedera Dada

Nyeri dada juga bisa muncul akibat adanya cedera atau gangguan pada otot dan tulang dada. Nyeri dada sebelah kanan sering muncul sebagai gejala penyakit radang tulang rawan, yaitu tulang yang menghubungkan tulang rusuk dan tulang dada. Nyeri dada juga bisa muncul sebagai gejala patah tulang rusuk. 


5. Hepatitis

Peradangan hati alias hepatitis juga bisa menjadi pemicu muncul nyeri pada dada sebelah kanan. Organ hati terletak dengan dinding rongga dada kanan, sehingga penyakit pada bagian ini bisa memicu terjadinya nyeri pada dada sebelah kanan.

Baca juga:Serangan Jantung pada Wanita, Ini Dia Gejalanya!

Nyeri dada sebelah kanan sebaiknya tidak dianggap sepele. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika nyeri dada disertai dengan gejala keringat dingin, pusing, mual dan muntah, jantung berdebar, serta mengalami sesak napas. 


Referensi
Healthline. Diakses pada 2019. What Causes Chest Pain?
Verywell. Diakses pada 2019. Causes of Chest Pain and Treatment Options.
WebMD. Diakses pada 2019. What's Causing My Chest Pain?

 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan