Mengenal 10 Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   11 Juni 2023
Mengenal 10 Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit Mengenal 10 Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit

“Ketika berhubungan dengan perawatan kulit, antioksidan dapat membantu merawat kulit dari pengaruh sinar matahari dan polusi. Salah satu manfaatnya adalah memelihara elastisitas kulit dan kekuatannya agar kulit tampak kenyal dan muda.

Halodoc, Jakarta - Dalam dunia kesehatan, antioksidan sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat menetralisir radikal bebas yang berbahaya. Sedangkan dalam teknologi pengolahan pangan, senyawa antioksidan berperan dalam mempertahankan mutu produk pangan. 

Contohnya, mulai dari menghambat berbagai jenis kerusakan seperti ketengikan, perubahan warna aroma, perubahan tekstur, dan perubahan nilai gizi. Nah, mau tahu lebih jauh mengenai manfaat antioksidan? Berikut ulasannya

Apa Itu Antioksidan dan Contohnya?

Sebelum mengetahui tentang fungsi antioksidan untuk kulit, kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan antioksidan terlebih dahulu. Antioksidan merupakan senyawa atau zat yang dapat menghambat, menunda, mencegah, atau memperlambat reaksi oksidasi meskipun dalam konsentrasi yang kecil. 

Senyawa antioksidan dapat ditemui dalam berbagai jenis bahan pangan dan dari hasil sintesis reaksi kimia. Antioksidan terbagi menjadi dua yaitu:

1. Antioksidan alami

Antioksidan alami adalah antioksidan yang diperoleh secara alami yang sudah ada dalam bahan pangan. Baik itu yang terbentuk dari reaksi-reaksi selama proses pengolahan, maupun yang diisolasi dari sumber alami yang tidak dapat dimakan dan digunakan sebagai bahan tambahan makanan. 

Contoh antioksidan alami antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, polifenol, glutathion, dan asam ellagic.

2. Antioksidan sintetis

Antioksidan sintetis adalah antioksidan yang diperoleh dari hasil sintesis reaksi kimia dan diproduksi untuk tujuan komersial. Contoh antioksidan sintetis antara lain:

  • Butil Hidroksi Anisol (BHA).
  • Butil Hidroksi Toluen (BHT).
  • Propil Galat.
  • Tert-Butil Hidroksi Quinon (TBHQ).
  • Tokoferol.

Selain antioksidan, kolagen juga bermanfaat untuk kesehatan. Baca informasinya di artikel Catat, Ini 11 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan.

Apa Manfaat Antioksidan untuk Kulit? 

Ketika berhubungan dengan perawatan kulit, antioksidan dapat membantu merawat kulit dari pengaruh sinar matahari dan polusi. Tidak seperti sunscreen dan pelembap, antioksidan bekerja melindungi kulit dari dalam keluar dengan menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. 

Lantas, apa saja manfaat lain antioksidan untuk kesehatan kulit?

1. Menetralkan radikal bebas

Radikal bebas adalah partikel seperti asap, polusi, dan sinar UV yang mengoksidasi kulit, sehingga menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas sebelum memulai proses oksidasi dan dapat ditemui dalam khasiat vitamin E.

2. Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen bertugas memelihara elastisitas kulit dan kekuatannya agar kulit tampak kenyal dan muda. Dengan penggunaan krim antioksidan yang dapat menyerap ke lapisan dalam kulit, antioksidan tersebut dapat menetralkan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. 

3. Mengurangi garis halus dan kerutan

Keriput dan garis halus adalah bagian alami dari proses penuaan. Penurunan produksi kolagen elastis mulai terjadi, lalu kulit wajah mulai mengendur. Radikal bebas yang terbentuk dari kelebihan paparan sinar matahari dapat mempercepat efek alami dari penuaan. Antioksidan tidak dapat memperlambat kerusakan yang tidak disebabkan oleh radikal bebas.

4. Mengurangi bintik hitam

Bintik-bintik ini muncul ketika sinar matahari mempercepat produksi melanin di kulit. Melanin ini menjadi semakin jelas hingga terbentuk bintik-bintik hitam. Kandungan antioksidan dalam produk perawatan kulit, khususnya vitamin C, telah terbukti memberi manfaat dalam mengurangi pigmentasi melanin pada kulit.

5. Mengurangi jerawat

Vitamin A adalah antioksidan yang sangat kuat dan digunakan pada produk Perawatan Wajah. Maka dari itu, namanya lebih dikenal sebagai retinoid atau retin A. 

Ketika digunakan ke kulit, vitamin A masuk jauh ke dalam pori-pori untuk menghilangkan sumbatan pada keratin. Sumbatan ini merupakan salah satu penyebab utama dari komedo dan jerawat.

Vitamin A juga dapat membantu mengurangi kelebihan minyak di pori-pori dan mengurangi jerawat jika dikombinasikan dengan pembersih kulit berkualitas. Konsumsi vitamin A dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi wajah berminyak dan berjerawat.

6. Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat utama antioksidan adalah kemampuannya untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Contohnya seperti garis-garis halus, kerutan, dan kehilangan kekenyalan kulit. 

Antioksidan membantu memperkuat struktur kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan menjaga elastisitas kulit, sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan yang tampak.

7. Menjaga kelembapan kulit 

Antioksidan dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit dengan memperkuat penghalang kulit dan mencegah kehilangan kelembapan berlebihan. Ini membantu kulit tetap terhidrasi dan lembut, mengurangi risiko kulit kering dan pecah-pecah. 

Kelembapan kulit–terutama kulit wajah–bisa dijaga dengan mengaplikasikan essence. Informasi mengenai ini bisa dibaca di Kenali Berbagai Manfaat Essence dalam Rangkaian Skincare.

8. Mencerahkan kulit

Antioksidan dapat membantu mencerahkan kulit dengan menghambat produksi melanin berlebihan. Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit. 

Dengan mengurangi produksi melanin yang berlebihan, antioksidan membantu mengurangi hiperpigmentasi dan meningkatkan penampilan kulit yang lebih cerah dan merata.

9. Membantu mengurangi peradangan

Antioksidan memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Ini bermanfaat bagi individu yang mengalami masalah kulit yang terkait dengan peradangan, seperti jerawat, dermatitis, atau rosacea. Antioksidan membantu menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan yang terkait dengan peradangan.

10. Memperbaiki kerusakan paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit, seperti bintik-bintik penuaan, kerutan, dan bahkan kanker kulit. Antioksidan membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut.

Jenis Makanan yang Banyak Mengandung Antioksidan

Apa saja jenis makanan yang banyak mengandung antioksidan?

1. Buah-buahan beri

Buah beri seperti blueberry, strawberry, raspberry, dan blackberry mengandung tinggi antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan anthocyanin. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan dapat mendukung kesehatan kulit, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi otak.

2. Sayuran hijau gelap

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli merupakan sumber antioksidan yang kaya seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Antioksidan ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas. 

Konsumsi sayuran juga dapat membantu menurunkan berat badan. Yuk cek rekomendasinya di artikel Kenali 5 Jenis Resep Sayuran yang Baik untuk Diet.

3. Tomat

Tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan yang memberikan warna merah pada buah tersebut. Likopen dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengurangi risiko penyakit jantung serta beberapa jenis kanker.

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi mengandung antioksidan yang disebut flavonoid. Flavonoid membantu melindungi jantung, meningkatkan aliran darah, dan memperbaiki kesehatan otak. Pastikan memilih cokelat hitam dengan kadar kakao minimal 70 persen untuk mendapatkan manfaat antioksidan yang optimal.

5. Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan kuat. Polifenol dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, menjaga berat badan yang sehat, dan melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas.

Itulah manfaat dan beberapa makanan yang mengandung antioksidan. Jangan lupa untuk memasukkan salah satu jenis makanan ini ke dalam menu harianmu ya!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. What to know about antioxidants for skin.
Very Well Health. Diakses pada 2023. How to Use Antioxidants for Skin Health.
Dermstore.com. Diakses pada 2023. Antioxidants in Skin Care: How Do They Work and Which Ones Are the Best?
Healthline. Diakses pada 2023. 12 Healthy Foods High in Antioxidants.
Better Health Channel. Diakses pada 2023. Antioxidants.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan