• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Hal yang Menunjukkan Tingginya Self-Esteem

7 Hal yang Menunjukkan Tingginya Self-Esteem

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Harga diri yang umumnya dikenal banyak orang akan sedikit berbeda dengan harga diri dalam ilmu psikologi. Banyak yang berkata bahwa harga diri sepadan dengan self-esteem. Sebenarnya, apa self-esteem? Apakah sama dengan harga diri dalam hal kepercayaan diri? Lantas, bagaimana orang dengan self-esteem yang tinggi? Apa saja cirinya? Berikut ulasan selengkapnya!

Baca juga: Tingkat Percaya Diri Pengaruhi Kesehatan Mental

Hal yang Menunjukkan Tingginya Self-Esteem

Self-esteem merupakan istilah yang merujuk untuk mendeskripsikan nilai personal seorang individu, terhadap dirinya sendiri. Dengan kata lain, self-esteem merujuk pada cara seseorang menghargai, mengapresiasi, dan menyukai diri sendiri. Sampai di sini, mungkin banyak orang yang mengasumsikan harga diri sama dengan kepercayaan diri.

Padahal, self-esteem sendiri merupakan hal yang sangat berbeda dari self-confidence. Jika harga diri akan membuat kamu menyukai diri sendiri secara menyeluruh, kepercayaan diri merupakan cara yang dilakukan seseorang untuk melihat kemampuan yang dimiliki diri sendiri. Harga diri terbentuk dari pengalaman yang sudah ada, sedangkan kepercayaan diri akan berbeda, tergantung kondisi dan situasi yang tengah dihadapi.

Sebagai contoh, ada seseorang dengan harga diri yang sehat dan positif, tapi tidak percaya diri saat ditunjuk untuk memimpin suatu. Pada sebagian orang, saat seseorang memiliki harga diri tinggi, hal tersebut bisa saja berpengaruh terhadap kepercayaan diri mereka. Berikut yang menjadi ciri seseorang dengan harga diri tinggi:

  1. Bertindak secara mandiri. Mereka dengan harga diri tinggi akan membuat pilihan dan mengambil keputusan tentang masalahnya sendiri.

  2. Menerima tanggung jawab. Mereka akan bertindak dengan segera dan penuh keyakinan.

  3. Merasa bangga dengan prestasinya. Mereka senang menerima pengakuan terhadap prestasi yang dicapainya, bahkan mereka terkadang akan memuji diri sendiri.

  4. Suka dengan tantangan baru. Mereka akan penuh antusias saat menerima tugas yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

  5. Mereka mampu tertawa, berteriak, menangis, serta mengungkapkan kasih sayangnya secara spontan. Mereka secara umum akan mengalami berbagai emosi tanpa menyadarinya.

  6. Mereka mampu menghadapi rasa frustasi dan stres dengan berbagai reaksi, seperti menertawakan diri sendiri, atau berteriak keras-keras.

  7. Mereka merasa memiliki kemampuan dalam memengaruhi orang lain. Mereka sangat percaya diri akan kesan yang diperolehnya dan mampu memengaruhi orang lain.

Orang dengan harga diri yang tinggi cenderung akan sangat menyebalkan bagi lingkungan di sekitarnya, karena mereka cenderung akan selalu merasa benar dan ingin didengar. Terkadang mereka tidak menerima kritik dan saran dari orang lain, meski dinilai membangun.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, kamu bisa mendiskusikannya dengan psikolog di Halodoc. Tanpa perlu repot, kamu bisa berkomunikasi dengan dokter kapan dan di mana saja melalui Chat atau Voice/Video Call.

Baca juga: Pentingnya Self Love untuk Kesehatan Mental

Apa Saja Faktor yang Dapat Memengaruhi Self-Esteem Seseorang?

Banyak faktor yang dapat memengaruhi harga diri seseorang, salah satunya adalah faktor genetik. Selain itu, pengalaman di masa lalu dapat membentuk dasar harga diri secara keseluruhan yang kamu miliki. Berikut beberapa faktor yang dapat memengaruhi self-esteem seseorang:

  • Alam bawah sadar, persepsi, dan pikiran diri sendiri.

  • Pekerjaan.

  • Usia.

  • Penyakit yang dialami.

  • Keterbatasan fisik yang dimiliki.

  • Opini orang lain terhadap diri sendiri.

Baca juga: Hati-Hati, 4 Hal Ini Bisa Turunkan Percaya Diri Anak

Self-esteem merupakan salah satu cara kamu dalam menghargai, menyukai, atau menyayangi diri sendiri. Self-esteem dapat berubah-ubah, ada kalanya rendah, tapi juga bisa sehat atau positif. Namun, jika harga diri yang kamu miliki terlalu tinggi, hal tersebut akan membuat kamu tidak sengaja merendahkan orang lain, suka mengatur orang lain, dan menjadi sosok yang menyebalkan di lingkunganmu.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. Self-Esteem.
Very Well Mind. Diakses pada 2020. Signs of Healthy and Low Self-Esteem.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Self-esteem check: Too low or just right?