• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ketahui 5 Obat Sakit Perut Alami untuk Anak

Ibu, Ketahui 5 Obat Sakit Perut Alami untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Banyak dampak yang dialami ketika sakit perut yang dialami anak tidak segera diatasi. Terganggu pola makan anak, anak mengalami gangguan tidur, dan perubahan suasana hati dapat dialami anak ketika anak alami sakit perut. Ibu harus mengatasi kondisi ini agar kesehatan membaik dan anak bisa beraktivitas seperti semula.

Baca juga: Awas, 8 Kondisi Ini Bisa Sebabkan Sakit Perut Bagian Bawah

Ada beberapa penyebab yang membuat anak mengalami sakit perut, seperti pengonsumsian beberapa jenis makanan, adanya alergi makanan, gangguan pencernaan atau tingkat stres yang dialami anak. Ibu, tidak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat agar gangguan kesehatan yang dialami anak dapat segera diatasi. Namun, tidak ada salahnya ibu mencoba mengatasi sakit perut pada anak dengan bahan alami.

Obat Sakit Perut Alami yang Bisa Digunakan

Ibu, jangan panik ketika anak mengalami sakit perut. Atasi sakit perut yang dialami anak dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti:

1. Kompres Hangat Perut Anak

Dilansir dari Parenting Firstcry, cara alami yang paling aman untuk mengatasi sakit perut yang dialami anak dengan mengompres perut anak dengan air hangat. Cara ini paling aman dan efektif, serta tidak menimbulkan efek samping pada anak. Perlu diingat, perhatikan suhu air yang digunakan untuk mengompres perut anak. Pastikan air yang digunakan hangat, bukan panas. Suhu hangat yang dihasilkan dari air dapat mengurangi rasa sakit yang dialami oleh anak.

2. Teh Hangat Herbal

Tidak ada salahnya ibu mencoba memberikan anak minuman teh herbal hangat untuk mengatasi sakit perut yang dialami anak. Salah satu jenis teh herbal yang bisa dikonsumsi adalah teh chamomile. Teh chamomile adalah salah satu bahan alami yang ada di rumah untuk mengatasi sakit perut. Teh chamomile memiliki sifat antiinflamasi dan obat penenang yang semuanya digunakan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut.

Baca juga: Sakit Perut Tak Tertahankan? Hati-Hati Usus Buntu Mengintai

3. Yoghurt

Makanan yang mengandung probiotik tinggi dapat ibu berikan pada anak untuk mengatasi sakit perut yang dialami anak, salah satunya adalah yoghurt. Kandungan bakteri baik pada yoghurt mampu meringankan gangguan pada pencernaan dan kembung pada perut. Dilansir dari The Daily Meal, yoghurt membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh pada anak. Sebaiknya pilihlah yoghurt rasa tawar sebagai penanganan sakit perut pada anak.

4. Buah Pepaya

Ibu juga dapat memberikan buah pepaya untuk mengatasi sakit perut yang dialami oleh anak, khususnya jika sakit perut disebabkan oleh konstipasi. Pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain untuk menurunkan tingkat keasaman dalam perut dan memecah protein. Buah pepaya menjadi salah satu buah yang terbaik untuk mengatasi gangguan pencernaan.

5. Berikan Makanan Tawar atau Minim Rasa

Makanan dengan campuran bumbu yang cukup kuat dapat memperburuk kondisi sakit perut yang dialami oleh anak. Dilansir dari Parents, sebaiknya ibu memberikan pilihan makanan yang tidak memiliki rasa cukup kuat. Tidak ada salahnya untuk mencoba memberikan makanan dengan minim rasa agar kondisi sakit perut yang dialami anak segera pulih, seperti pasta, oatmeal, atau roti tawar. Makanan tawar tidak membuat lambung iritasi dan mudah dicerna oleh tubuh.

Baca juga: Yang Terjadi pada Usus Anak 11 Tahun Jika Jarang Makan Sayur

Sebaiknya ibu lakukan beberapa tips ini agar kondisi sakit perut yang dialami anak tidak semakin parah. Hindari anak makan terlalu berlebihan, berikan cukup kandungan serat pada tiap makanan yang dikonsumsi, banyak konsumsi air putih, cuci tangan sebelum makan, dan hindari mengonsumsi makanan saat mendekati waktu tidur.

Referensi:
The Daily Meal. Diakses pada 2020. 11 Foods That Help Cure a Stomachache
Healthline. Diakses pada 2020. The 12 Best Foods For an Upset Stomach
Parenting Firstcry. Diakses pada 2020. 10 Home Remedies for Stomach Pain in Toddlers
Kids Health. Diakses pada 2020. Stomachaches for Kids
Parents. Diakses pada 2020. 9 All Natural Tummy Ache Remedies