Ingin Hamil Anak Laki-Laki? Coba 6 Cara Ini

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Juni 2023
Ingin Hamil Anak Laki-Laki? Coba 6 Cara IniIngin Hamil Anak Laki-Laki? Coba 6 Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Saat sedang merencanakan kehamilan, salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah anak dengan jenis kelamin apa yang ingin dimiliki. Meskipun mudah untuk melontarkan jawaban yang aman, seperti “jenis kelamin apa saja tidak masalah, selama bayi itu sehat,” tidak bisa dimungkiri bahwa ada banyak orangtua yang lebih memilih jenis kelamin yang satu daripada yang lainnya.

Menginginkan anak dengan jenis kelamin tertentu bukanlah hal yang buruk. Ada banyak orangtua yang sangat berharap untuk memiliki anak laki-laki. Apabila kamu termasuk salah satunya, kamu mungkin sudah pernah mendengar bahwa ada program hamil untuk anak laki-laki. Namun, seperti apakah itu? Adakah metode yang efektif untuk hamil anak laki-laki?

Baca juga: Trik Memilih Makanan untuk Mendapatkan Anak Laki-Laki

Adakah Cara yang Bisa Menjamin Hamil Anak Laki-laki?

Kromosom bayi laki-laki terdiri dari kombinasi XY. Jadi, agar bisa hamil anak laki-laki, sperma harus menyumbang kromosom Y dan sel telur menyumbang kromosom X. Namun, tidak ada cara yang bisa menjamin peluang kamu untuk hamil anak laki-laki. Selain program hamil anak laki-laki dengan melakukan implan embrio, tidak ada cara yang efektif untuk menentukan jenis kelamin bayi kamu. 

Secara umum, kemungkinan untuk memiliki anak laki-laki dan perempuan adalah 50:50 bila kehamilan tidak diprogram. Semua itu tergantung pada sperma yang memenangkan perlombaan, dan ada jutaan sperma yang berlomba. Nah, dari situ muncul ide untuk memengaruhi jenis kelamin calon bayi. Beberapa orang berpendapat bahwa mengatur waktu dan posisi saat berhubungan intim, pola makan, dan metode lainnya, kamu bisa mengubah kemungkinan sperma pria.

Menariknya, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2008 terhadap 927 silsilah keluarga menunjukkan bahwa jenis kelamin bayi sebenarnya lebih banyak ditentukan oleh sang ayah. Tidak hanya kromosom dalam sperma yang menentukan jenis kelamin bayi, tetapi beberapa ayah cenderung memiliki lebih banyak anak laki-laki atau sebaliknya.

Menurut penelitian tersebut, pria mungkin mewarisi kecenderungan untuk memiliki lebih banyak anak laki-laki atau perempuan dari orangtua mereka. Hal itu berarti beberapa pria menghasilkan lebih banyak sperma kromosom Y atau X. Apabila seorang pria memiliki lebih banyak saudara laki-laki, ia juga cenderung memiliki lebih banyak anak laki-laki.

Cara Meningkatkan Peluang Hamil Anak Laki-laki

Jika ibu dan suami benar-benar menginginkan anak laki-laki, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya. Meskipun belum terbukti secara ilmiah, cara-cara berikut ini bisa mendukung program hamil anak laki-laki:

1.Mengatur Pola Makan

Sebagai permulaan, ibu mungkin perlu mulai mempertimbangkan makanan yang ibu konsumsi saat mencoba untuk hamil. Para peneliti dalam studi pada 2008 terhadap 740 wanita menemukan adanya kaitan antara memperbanyak asupan kalori dengan hamil anak laki-laki.

Hal ini bukan berarti ibu harus memperbanyak porsi makan dan makan secara berlebihan saat mencoba untuk hamil. Ingat, kebiasaan makan yang sehat, seperti makan makanan utuh, buah-buahan, sayuran, dan camilan rendah gula, tetap dianjurkan untuk membantu ibu mendapatkan jumlah kalori yang sesuai saat hamil. 

Para wanita yang hamil anak laki-laki dalam penelitian juga mengonsumsi asupan potasium yang lebih tinggi. Makanan yang kaya akan potasium di antaranya adalah pisang, ubi, dan kacang putih.

2.Mengatur Waktu Berhubungan Intim

Menurut metode Shettles, metode yang mempelajari sperma, ibu bisa meningkatkan peluang untuk hamil anak laki-laki dengan berhubungan intim sedekat mungkin dengan hari ovulasi, idealnya dalam waktu 12 jam setelah ovulasi.

Hal ini karena metode Shettles percaya bahwa sperma yang membawa gen laki-laki lebih rapuh dibanding sperma yang membawa gen perempuan, sehingga kecil kemungkinannya untuk hidup lama di dalam tubuh ibu.

3.Mengatur Posisi Seks

Ada beberapa pendapat, termasuk metode Shettles, bahwa posisi berhubungan intim bisa memengaruhi peluang ibu untuk hamil anak laki-laki. Teori di balik ini adalah bahwa sperma dengan kromosom Y berenang lebih cepat daripada sperma dengan kromosom X. Jadi, ibu dan suami bisa membantu ‘sperma anak laki-laki’ lebih cepat sampai ke ovum dengan melakukan posisi seks yang memungkinkan penetrasi lebih dalam.

Para pendukung teori ini juga menyarankan untuk memastikan sang wanita mengalami orgasme saat berhubungan intim, karena orgasme bisa membantu menggerakkan sperma menuju sel telur. 

4.Kenakan Celana Dalam yang Longgar

Dengan anggapan bahwa sperma dengan kromosom pria lebih rapuh daripada sperma dengan kromosom wanita, teori lain menganjurkan bahwa pria sebaiknya mengenakan celana dalam yang longgar, seperti model boxer bila menginginkan bayi laki-laki. Celana dalam yang lebih longgar bisa membuat kelamin pria lebih nyaman dan bisa meningkatkan jumlah sperma secara keseluruhan.

Baca juga: Bagaimana Cara Efektif Deteksi Hamil Anak Laki-Laki?

Program Hamil Anak Laki-laki dengan Intervensi Medis

Selain cara-cara tersebut, ada juga intervensi medis yang lebih efektif dalam meningkatkan peluang untuk hamil anak laki-laki, antara lain:

5.Preimplantation Genetic Diagnosis (PGD)

Program hamil anak laki-laki dengan PGD menggunakan metode in vitro fertilization (IVF) untuk membuat embrio. Kemudian, dokter akan melakukan biopsi pada embrio tersebut untuk melihat mana yang merupakan calon anak laki-laki dan calon anak perempuan. Lalu, embrio dengan jenis kelamin yang diinginkan dimasukkan ke dalam rahim.

6.Penyaringan Sperma

Prosedur medis lainnya yang bisa dicoba untuk program hamil anak laki-laki adalah penyaringan sperma. Dalam proses ini, sperma dari calon ayah disaring melalui beberapa tahapan untuk mendapatkan sperma dengan genetik X untuk perempuan dan sperma dengan genetik Y untuk laki-laki. Setelah itu, sperma dengan kromosom yang diinginkan akan dimasukkan ke dalam rahim wanita melalui inseminasi buatan atau proses bayi tabung.

Baca juga: Ini Serba-serbi Bayi Tabung yang Perlu Diketahui

Itulah beberapa cara yang bisa ibu coba lakukan bila ingin hamil anak laki-laki. Apabila ibu ingin bertanya mengenai program hamil anak laki-laki yang paling tepat untuk kondisi ibu dan suami, ibu bisa menghubungi dokter kandungan yang ada di aplikasi Halodoc dan berdiskusi melalui Video/Voice call atau Chat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Have a Boy: Is It Possible to Influence the Sex of Your Baby?
Mom. Diakses pada 2021. How to Conceive a Boy: What Science Says.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan