• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Jenis Makanan untuk Tingkatkan Berat Badan Anak

Ini 5 Jenis Makanan untuk Tingkatkan Berat Badan Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Berat badan rendah pada anak menjadi salah satu indikator gizi yang paling sensitif. Ketika berat badan anak dibawah dari anak-anak sebayanya, hal ini mengindikasikan jika ibu kurang memberi asupan gizi yang seimbang. Pada anak dengan berat badan rendah, mereka akan memiliki berat badan di bawah rata-rata dibandingkan dengan tinggi badan serta usianya. Untuk menyiasati anak dengan berat badan rendah, ibu bisa memberikan jenis makanan berikut ini!

Baca juga: Berat Badan Ideal sesuai Usia Bayi

Makanan dengan Tinggi Kalori

Anak berusia 2–3 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kkal per hari, sedangkan anak berusia 4–8 tahun membutuhkan sekitar 1.200–1.400 kkal tiap hari. Untuk meningkatkan berat badan, ibu perlu menambahkan asupan kalori sebesar 500 kkal dari total kebutuhan kalori per hari. Jika dilakukan secara teratur, anak akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 5 ons per minggu. 

Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Karbohidrat merupakan salah satu sumber kalori yang baik. Meskipun tidak sebaik lemak, dengan memberikan camilan tinggi karbohidrat pada anak dengan berat badan rendah akan membantu meningkatkan bobot tubuhnya. Berkaitan dengan hal tersebut, ibu dapat memberinya kismis, buah-buahan kering, atau granola. 

Dari 250 gram masing-masing bahan tersebut, mengandung sebanyak 240 kkal. Jika tidak suka dikonsumsi langsung, ibu dapat menyiasatinya dengan membuat smoothies, puding, sereal, atau yoghurt. Untuk rasa manis, ibu dapat menambahkan madu atau sari buah-buahan yang disukai anak.

Baca juga: Berapa Berat Badan Ideal Bayi saat Dilahirkan?

Makanan dengan Kandungan Lemak

Menambahkan asupan lemak pada makanan anak merupakan langkah paling mudah untuk meningkatkan berat badan rendah pada anak. Pasalnya, 1 gram lemak mengandung lebih banyak kalori dibanding sumber gizi lain, seperti karbohidrat. Berkaitan dengan hal tersebut, ibu dapat memberinya minyak zaitun dan granola, mentega, atau mayonaise sebagai bahan makanan anak.

Untuk mengolahnya, ibu hanya perlu menambahkan 1 sendok makan dari bahan makanan tersebut. Dengan begitu, jumlah kalori pada tubuh anak akan bertambah sebanyak 45-120 kkal. Untuk menambah nafsu makannya, ibu dapat memberikan krim saus atau keju mozarella pada makanannya. 

Makan Teratur dengan Porsi Lebih Besar

Dalam hal ini, ibu perlu memperhatikan waktu makan anak. Jangan sekali-kali melewatkan waktu makannya, karena anak akan kehilangan asupan kalori yang cukup untuk mengimbangi aktivitas hariannya. Untuk anak dengan berat badan rendah, ibu dapat menyiasatinya dengan makan tiga atau empat hari sekali dalam porsi yang lebih besar.

Berkaitan dengan hal tersebut, ibu dapat menghidangkan seporsi makanan dengan susu dalam gelas yang besar, atau semangkuk besar sereal dengan buah-buahan yang disukai anak. Dengan begitu, anak makan dengan lahap, dan berat badan semakin cepat naik.

Minuman dengan Kandungan Kalori

Jika ibu memiliki anak yang kurang doyan makan, ibu dapat membantu menaikkan berat badannya dengan asupan kalori dari minuman, seperti jus buah, susu, smoothies, atau yoghurt. Makanan-makanan tersebut kaya akan lemak sehat, sekaligus dapat dijadikan sebagai tambahan asupan nutrisi. Untuk memilih susu yang baik untuk meningkatkan berat badan anak, ibu dapat melihat kandungan kalori yang tertera pada kemasan.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak

Perlu diingat jika tidak semua anak cocok pada kandungan-kandungan tersebut. Beberapa anak bisa saja mengidap alergi setelah mengonsumsinya. Sebelum memberikannya untuk anak, ada baiknya ibu berdiskusi terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menghindari munculnya gejala alergi pada anak.

Referensi:

NHS. Diakses pada 2020. Underweight Children Aged 2 to 5.

Parents. Diakses pada 2020. 10 Foods to Healthfully Encourage Baby's Weight Gain.

Parenting First Cry. Diakses pada 2020. List of 12 Healthy Weight Gain Foods for Babies & Kids.