• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan Tubuh

Ini 5 Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 5 Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu pernah mendengar tanaman herbal bernama gotu kola? Jika belum pernah, bagaimana dengan daun pegagan? Gotu kola atau daun pegagan adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki beragam keistimewaan bagi tubuh. 

Tanaman yang juga bernama Centella asiatica ini umumnya digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional di Tiongkok. Meski umumnya tanaman herbal ini dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, tapi daun pegagan juga memiliki keistimewaan lain. Pertanyaannya, apa saja manfaat daun pegagan bagi kesehatan tubuh?

Baca juga: 7 Tanaman Herbal yang Diklaim Mampu Cegah Corona

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat daun pegagan salah satunya dapat disimak pada studi berjudul “ Effectiveness of Gotu Kola Extract 750 mg and 1000 mg Compared with Folic Acid 3 mg in Improving Vascular Cognitive Impairment after Stroke”.

Sebuah studi kecil di 2016 membandingkan efek ekstrak pegagan dan asam folat dalam meningkatkan fungsi kognitif setelah stroke. Studi tersebut menilai dampaknya pada tiga kelompok peserta, yaitu subjek penelitian yang mengonsumsi 1.000 miligram (mg) pegagan per hari, mengonsumsi 750 mg pegagan per hari, dan mereka yang mengonsumsi 3 mg asam folat per hari.

Bagaimana hasilnya? Meskipun pegagan dan asam folat bermanfaat dalam meningkatkan kognisi secara keseluruhan, tapi daun pegagan ternyata lebih efektif dalam meningkatkan domain memori.

2. Melembapkan Kulit

Selain meningkatkan fungsi kognitif, daun pegagan juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Menurut sebuah studi, daun pegagan dapat melembapkan kulit karena sifat antiperadangan yang dimilikinya. Kosmetik yang terdiri dari kandungan beberapa jenis pegagan, ternyata bisa mengembalikan kelembapan kulit. Menariknya lagi, daun pegagan juga bisa mengobati peradangan pada kulit. 

Nah, bagi kamu yang ingin membeli obat atau vitamin untuk mengatasi masalah pada kulit, kamu bisa kok menggunakan aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu repot keluar rumah. Sangat praktis, bukan? 

3. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Manfaat daun pegagan lainnya berkaitan dengan kecemasan dan stres. Ternyata tanaman herbal yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kecemasan dan stres.

Menurut sebuah studi pada tikus, daun pegagan memiliki efek anti-kecemasan pada tikus jantan yang kurang tidur selama 72 jam. Ingat, kekurangan tidur bisa menyebabkan kecemasan, kerusakan oksidatif, dan peradangan saraf. Meski dinilai mampu mengurangi gejala kecemasan dan stres, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi temuan ini.

Baca juga: Mulai Dilirik untuk Pengobatan, Apakah Herbal Aman?

4. Mengatasi Stretch Marks

Selain tiga hal di atas, daun pegagan juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi stretch marks pada wanita hamil. Menurut sebuah studi, penggunaan krim berbahan ekstrak pegagan aktif bisa mencegah timbulnya stretch marks pada ibu hamil, dibandingkan dengan minyak zaitun atau salmon. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hal tersebut. 

Manfaat lain daun pegagan adalah khasiatnya yang mampu menyembukan luka pada kulit. Kandungan antioksidan di dalam daun ini diduga membantu merangsang pertumbuhan pembuluh darah pada kulit yang luka, untuk menunjang prosess penyembuhan luka. 

5. Meringankan Insomnia

Selain mampu mengatasi kecemasan, stres, dan depresi, pegagan juga dapat digunakan untuk mengobati insomnia. Beberapa orang menganggap obat herbal ini sebagai alternatif yang aman untuk obat resep, yang digunakan untuk mengobati insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Meskipun penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa daun pegagan dapat membantu mengobati gangguan tidur, penelitian tambahan masih diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini.

Baca juga: Ini 6 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat daun pegagan? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2021. Centella asiatica in cosmetology
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2021. Effectiveness of Gotu Kola Extract 750 mg and 1000 mg Compared with Folic Acid 3 mg in Improving Vascular Cognitive Impairment after Stroke
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Gotu Kola
WebMD. Diakses pada 2021. Gotu Kola