Ini Fungsi Setiap Bagian Tangan Manusia yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Maret 2021
Ini Fungsi Setiap Bagian Tangan Manusia yang Perlu DiketahuiIni Fungsi Setiap Bagian Tangan Manusia yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta - Tangan adalah alat gerak pada tubuh manusia yang fungsinya sangat vital untuk beraktivitas. Selain itu, bagian tubuh ini juga memiliki struktur yang cukup unik dan berbeda dengan bagian tubuh lainnya. Kekuatan yang memadai membentuk dasar fungsi tangan normal. Gerakan pada tangan dapat menggunakan motorik kasar dan motorik halus. Keduanya memiliki fungsinya masing-masing.

Struktur penting tangan dibagi menjadi beberapa kategori, antara lain tulang dan sendi, ligamen dan tendon, otot, saraf, serta pembuluh darah. Setiap bagian dari tangan juga memiliki fungsi yang berbeda-beda masing-masing. Yuk, ketahui fungsi dari setiap bagian tangan manusia berikut!

Baca juga: Nyeri di Telapak Tangan Tanda Asam Urat?

Penjelasan Fungsi Bagian Tangan pada Tubuh

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang terbilang vital fungsinya. Bagian tubuh ini dirancang untuk menggenggam agar gerakan yang dilakukan tepat dan organ ini berfungsi sebagai sentuhan atau rabaan. Bagian depan, atau sisi telapak tangan, disebut sebagai sisi palmar, sementara itu bagian belakang tangan disebut sisi punggung.

Tangan harus dikoordinasikan untuk melakukan tugas motorik yang halus dengan presisi. Struktur yang membentuk dan menggerakkan tangan juga memerlukan pelurusan dan kontrol yang tepat agar fungsi tangan normal terjadi. Pada gerakan motorik kasar, hal ini berguna untuk seseorang mengambil benda besar atau melakukan pekerjaan yang berat. Gerakan motorik halus memungkinkan seseorang melakukan tugas-tugas yang rumit, seperti melakukan pekerjaan detail.

Nah, berikut ini beberapa penjelasan terkait fungsi berbagai bagian tangan yang perlu diketahui:

1. Tulang dan Sendi

Tahukah kamu bahwa ada total 27 tulang di pergelangan tangan dan telapak tangan manusia. Pergelangan tangan terdiri dari delapan tulang kecil yang disebut karpal (carpals). Karpal didukung oleh dua tulang lengan bawah, tulang pengumpil (radius), dan tulang hasta (ulna) membentuk sendi pergelangan tangan. 

Sementara itu, metacarpal adalah tulang panjang di tangan yang terhubung ke karpal dan phalanges (tulang jari). Bagian atas metacarpal membentuk buku-buku jari yang bergabung dengan pergelangan tangan. Pada sisi telapak tangan, metacarpal ditutupi dengan jaringan ikat dan ada lima metacarpal yang membentuk telapak tangan. 

Setiap metacarpal terhubung ke tulang phalanges, yakni tulang-tulang jari. Terdapat dua tulang jari di setiap ibu jari dan tiga tulang jari di masing-masing jari lainnya, yang kamu bisa melihatnya melalui ruas-ruas jari tangan. 

Selain itu, sendi engsel yang terbentuk di antara tulang jari dan metacarpal membuat kamu lebih fleksibel menggerakkan jari-jari dan menggenggam sesuatu. Sendi ini disebut sendi metacarpophalangeal. 

2. Ligamen dan Tendon

Ligamen adalah jaringan lunak yang menghubungkan antara tulang yang satu dan tulang yang lainnya. Ligamen juga menstabilkan persendian tangan. Ada dua struktur penting yang disebut ligamen kolateral, ia bisa ditemukan di kedua sisi masing-masing jari dan sendi ibu jari. Fungsinya untuk mencegah pembengkokan ke samping yang tidak normal dari masing-masing sendi jari.

Sementara itu, tendon atau yang lebih umum dikenal dengan urat adalah sekumpulan jaringan ikat yang berserat kuat dan menempel pada otot. Tendon berfungsi untuk menghubungkan jaringan otot dengan tulang. Tendon juga memungkinkan setiap jari dan jempol untuk diluruskan sehingga disebut tendon ekstensor. Sementara tendon yang memungkinkan setiap jari menekuk disebut fleksor.

Baca juga: Gerakan Latih Otot Lengan dengan Sempurna

3. Otot

Ada dua jenis otot yang ada di tangan, antara lain:

  • Otot Ekstrinsik. Ini adalah otot yang terletak di kompartemen depan dan belakang lengan bawah. Ia berfungsi untuk membantu meluruskan atau melenturkan pergelangan tangan.
  • Otot Intrinsik. Otot ini terletak di bagian telapak tangan. Ia berfungsi untuk memberikan kekuatan ketika jari melakukan gerakan motorik halus. Motorik halus berarti kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata dan tangan. Misalnya, saat menggenggam, mencubit, mengepal, mencengkeram, dan hal lain yang dilakukan oleh tangan.

4. Saraf

Semua saraf yang ada di sepanjang lengan tangan dan jari-jari mulai bersatu di bahu. Semua saraf ini berjalan ke sisi tangan berdampingan dengan pembuluh darah. Saraf membawa sinyal dari otak ke otot untuk menggerakkan otot-otot di lengan, tangan, jari, dan jempol. Saraf juga membawa sinyal kembali ke otak supaya kamu dapat merasakan sensasi, seperti sentuhan, rasa sakit, dan suhu.

Ada beberapa saraf tangan di tangan yang perlu diketahui, yaitu: 

  • Saraf Radial. Saraf ini ada di sepanjang tepi jempol hingga sisi lengan bawah serta membungkus ujung tulang radius dan punggung tangan. Fungsinya untuk memberikan sensasi ke punggung tangan dari ibu jari ke jari ketiga.
  • Saraf Ulnar Medianus. Saraf ini membentang melewati struktur pada pergelangan tangan yang berbentuk terowongan yang disebut carpal tunnel. Saraf ini berfungsi untuk menggerakkan ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah jari manis. Saraf ini juga mengirimkan cabang saraf untuk mengontrol otot-otot tenar jempol. Otot-otot tenar membantu menggerakkan jempol dan menyentuh bantalan jempol ke ujung masing-masing jari pada tangan yang sama. 
  • Saraf Ulnaris. Saraf ini berada di sepanjang putaran belakang bagian dalam siku menembus celah sempit antara otot lengan bawah. Saraf ini juga berfungsi untuk menggerakkan jari bagian jari kelingking dan setengah jari manis. Cabang-cabang saraf ini memasok otot-otot kecil di telapak tangan untuk menarik ibu jari ke telapak tangan.

5. Pembuluh Darah

Di tangan ada dua pembuluh darah, yakni arteri radialis dan arteri ulnaris. Pembuluh darah terbesar di sepanjang lengan dan tangan adalah arteri radialis. Ia berfungsi membawa darah yang kaya akan oksigen dari jantung ke tulang pengumpil (radius) sampai dengan ibu jari. Sementara pembuluh ulnaris adalah pembuluh darah yang membawa darah kaya oksigen dari jantung ke tulang hasta (ulna), sampai jari tengah, jari manis, dan kelingking.

Baca juga: Menembak dan Memanah, Mana yang Paling Tepat untuk Otot Tangan?

Itulah bagian tangan yang perlu kamu tahu. Jika kamu merasakan gejala yang mengganggu gerak tangan, tidak ada salahnya untuk mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Dokter akan memberikan semua saran kesehatan dan perawatan awal yang tepat untuk semua keluhan yang kamu alami. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya dengan smartphone-mu!

Referensi:
eOrthopod. Diakses pada 2021. Hand Anatomy.
Healthline. Diakses pada 2021. Hand Anatomy.
Bone Spine. Diakses pada 2021. Hand Anatomy and Function.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan