Inilah 6 Bahan Alami untuk Atasi Gondongan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Mei 2023
Inilah 6 Bahan Alami untuk Atasi GondonganInilah 6 Bahan Alami untuk Atasi Gondongan

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu mengalami pembengkakan pada salah satu sisi bagian wajah yang disertai dengan rasa nyeri, ketika menelan dan demam pada tubuh hingga mencapai 38 derajat Celsius? Kondisi ini bisa menjadi tanda dari penyakit gondongan. Meskipun bukan penyakit yang serius, tetap saja gondongan perlu diatasi agar tidak menimbulkan komplikasi.

Baca juga: Kenali Gondongan, Penyakit yang Bikin Malu Keluar Rumah

Gondongan merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada bagian kelenjar getah bening parotis dan disebabkan oleh infeksi virus, sehingga kelenjar parotis mengalami pembengkakan. Kelenjar parotis memiliki fungsi untuk memproduksi air liur. Penyakit gondongan dapat dialami oleh siapa saja di usia berapapun.



Kenali Gejala Awal Penyakit Gondongan

Virus Paramyxovirus mudah menyebar melalui air liur pengidap gondongan yang batuk atau bersin. Orang sehat dapat tertular secara langsung maupun tidak langsung. Penularan secara langsung terjadi melalui hidung dan mulut, sedangkan penularan tidak langsung dapat terjadi ketika seseorang terpapar virus penyebab penyakit gondongan melalui barang-barang yang terkontaminasi.

Virus yang masuk melalui saluran pernapasan akan menetap dan berkembang biak hingga menginfeksi kelenjar parotis membutuhkan waktu sekitar 14–25 hari. Ada beberapa gejala yang muncul, seperti pembengkakan pada kelenjar parotis yang terinfeksi, kesulitan menelan, rasa nyeri ketika mengunyah, demam dengan suhu 38 derajat Celsius, mulut kering, hilangnya nafsu makan, lelah dan sakit kepala.

Jangan abaikan gejala yang dialami dan segera lakukan pemeriksaan agar kamu segera mendapatkan penanganan. Kamu bisa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu di Halodoc✔️ sebagai langkah awal untuk mendapatkan penanganan.

Baca juga: 6 Penyakit Ini Bisa Terjadi Akibat Komplikasi Gondongan


Bahan Alami untuk Mengatasi Gondongan

Penyakit gondongan dapat sembuh dengan sendirinya ketika sistem imunitas tubuh bekerja dengan maksimal. Umumnya, pengobatan yang dilakukan hanya untuk mengurangi gejala yang dirasakan. Selain mengompres bagian yang bengkak dengan air hangat, gunakan bahan alami ini untuk meringankan gejala, seperti:


1. Air Putih

Nyeri pada rahang bagian belakang yang dirasakan oleh pengidap gondongan dapat mengakibatkan terjadinya penurunan nafsu makan dan minum. Jika dibiarkan, kondisi ini karena memicu dehidrasi.

Tidak ada pantangan bagi pengidap gondongan untuk mengonsumsi cairan dalam bentuk apa pun, tetapi untuk mengoptimalkan kondisi imunitas tubuh, tidak ada salahnya perbanyak konsumsi air putih. Hindari mengonsumsi jus buah karena merangsang produksi air liur yang membuat kelenjar parotis semakin terasa nyeri.


2. Lidah Buaya

Tidak hanya memiliki khasiat untuk kesehatan kulit maupun rambut, kamu dapat menggunakan lidah buaya untuk mengompres bagian sisi wajah kamu yang mengalami pembengkakan akibat penyakit gondongan.

Efek dingin yang diberikan oleh lidah buaya mampu meringankan gejala penyakit gondongan. Gunakan bagian dalam lidah buaya yang sudah dipotong menjadi dua. Oleskan beberapa kali dalam sehari agar hasilnya lebih maksimal.


3. Air Garam

Berkumur dengan air garam juga bisa membantu meringankan gejala gondongan yang kamu rasakan. Rutin lakukan kumur agar rasa nyeri yang kamu rasakan dapat berangsur menghilang.


4. Bawang Putih

Tidak ada salahnya untuk menambahkan asupan bawang putih pada sup atau makanan yang kamu konsumsi ketika gondongan. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang membuat sistem imunitas tubuh meningkat. Sistem imunitas tubuh yang optimal membuat virus penyebab gondongan berangsur menghilang.

Baca juga: Ini Perbedaan Antara Gondok dan Gondongan


5. Jahe

Jahe mengandung minyak atsiri di dalamnya yang memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya dapat membuat sistem daya tahan tubuh menjadi optimal, minyak atsiri pada jahe memiliki manfaat antiperadangan.


6. Es Batu

Guna mengurangi pembengkakan yang terjadi pada kelenjar parotis, tidak ada salahnya kompres bagian wajah yang mengalami pembengkakan dengan es batu yang dibalut kain lembut. 

Penyembuhan penyakit gondongan nyatanya membutuhkan waktu beberapa minggu. Tidak ada salahnya lakukan pencegahan terhadap penyakit ini dengan memberikan vaksinasi MMR pada anak-anak. Selain itu, menjaga kebersihan tangan dan lingkungan menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit gondongan.


Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Mumps
Healthline. Diakses pada 2021. Mumps
Medical News Today. Diakses pada 2021. Mumps

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan