• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Pentingnya Mengetahui Ovulasi dan Masa Subur
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Pentingnya Mengetahui Ovulasi dan Masa Subur

Inilah Pentingnya Mengetahui Ovulasi dan Masa Subur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Maret 2021
Inilah Pentingnya Mengetahui Ovulasi dan Masa Subur

Halodoc, Jakarta - Menstruasi adalah suatu hal yang pasti terjadi pada wanita normal. Proses keluarnya darah melalui vagina ini menandakan jika rahim siap mendapatkan kehamilan apabila terjadi pembuahan. Dengan mengetahui siklus menstruasi, setiap wanita juga dapat menentukan masa subur pada dirinya. Namun, apa manfaat yang didapatkan dengan mengetahui momen ovulasi saat terjadi? Berikut ulasannya!

Manfaat Mengetahui Masa Subur pada Wanita

Ovulasi adalah salah satu proses yang terjadi dalam siklus menstruasi pada wanita. Proses ovulasi terjadi ketika folikel telur yang matang pecah dan melepaskannya melalui tuba falopi ke arah rahim untuk mendapatkan pembuahan. Ovulasi dapat terjadi pada pertengahan siklus menstruasi, yaitu 12–14 hari sebelum periode menstruasi berikutnya terjadi. Meski begitu, siklus haid pada setiap wanita dapat berbeda-beda.

Baca juga: Cara Terbaik Mengetahui Masa Subur Wanita

Memang, kesadaran terkait masa subur dapat menjadi pengetahuan dasar untuk setiap wanita yang menjadi penilaian penting terkait kesehatan bagi ahli medis. Salah satu alasan yang paling penting untuk mencatat masa ovulasi adalah meningkatkan peluang kehamilan. Meski begitu, bukan hanya itu saja manfaat dari mengetahui masa subur. Berikut ini beberapa hal lainnya yang perlu diketahui:

1. Menunda Kehamilan

Manfaat lainnya dari mengetahui atau mencatat masa subur pada wanita selain meningkatkan peluang kehamilan adalah menunda atau mencegahnya. Memang kamu dapat menggunakan alat kontrasepsi, tetapi perlindungannya tidak dapat ampuh. Dengan mengetahui waktu ovulasi, suatu pasangan dapat mencegah terjadinya kehamilan tanpa perlu mengonsumsi obat atau hal lainnya. Meski begitu, alat kontrasepsi alami ini tetap memiliki peluang kehamilan tiap melakukan hubungan intim, meskipun lebih kecil.

2. Mengatur Aktivitas

Telah terbukti secara alami jika wanita dapat merasakan dan berperilaku berbeda saat memasuki masa subur karena perubahan hormon di dalam tubuh. Kamu dan pasangan mungkin ingin merencanakan beberapa acara yang penting atau bahkan meningkatkan intimasi berdua. Dengan mencatatkan waktu ovulasi terjadi, masalah perilaku yang terjadi pada wanita dapat dihindari. Dengan begitu, semua acara yang ada berjalan tanpa adanya masalah.

Baca juga: 2 Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

3. Pengendalian Tubuh

Jika kamu terus melacak atau mencatatkan masa subur dan telah memperkirakan waktu terjadinya, pemahaman terkait tubuh, dan fungsinya akan bertambah. Hal ini dapat membuat kamu menghindari perasaan stres yang tidak perlu dan mengurangi konsumsi obat-obatan guna membuat perasaan menjadi lebih baik. Cara ini juga dapat dilakukan bersama pasangan untuk menghindari pertikaian berlebih, karena ia sudah tahu jika perilaku pasangan wanitanya akan sedikit berubah.

Tanda-Tanda Wanita ketika Masa Subur

Tanda ovulasi dapat berbeda-beda pada tiap wanita. Berikut ini tanda-tanda yang umum terjadi ketika wanita sedang mengalami masa ovulasi:

1. Peningkatan Suhu Basal Tubuh

Adanya pengaruh hormon saat masa subur memungkinkan suhu tubuh lebih tinggi dibandingkan biasanya dengan peningkatan sebesar 0,1–0,2 derajat Celsius. Pengertian suhu basal tubuh adalah pengukuran suhu pada tubuh yang diukur ketika beristirahat.

2. Keputihan

Wanita yang akan memasuki masa subur dapat merasakan serviks menjadi lebih lunak dan basah, serta lendir yang keluar lebih kental. Hal ini dapat membuat sperma lebih mudah masuk dan menyebabkan pembuahan sel telur. Maka dari itu, momen tepat untuk berhubungan intim agar lekas mendapatkan kehamilan adalah ketika keputihan mulai terlihat jernih.

3. Lebih Bergairah

Kadar estrogen pada tubuh wanita berada di level tertinggi tepat sebelum masa subur. Hal ini juga dapat memengaruhi perasaan senang dan bersemangat, termasuk juga dalam kegiatan seksual. 

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Wanita


Itulah pembahasan mengenai pentingnya mengetahui ovulasi dan masa subur pada wanita. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait masalah ini, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan penjelasan yang lengkap. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone di tangan dan nikmati kemudahan dalam akses kesehatan tanpa batas!

 

Referensi:
Fertility Within Reach. Diakses pada 2021. Benefits of Ovulation Tracking Learned.
Woomb International. Diakses pada 2021. The Importance of Fertility Awareness in the Assessment of a Woman's Health.