Inilah Tips Menurunkan Berat Badan yang Aman dan Cepat

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   09 Oktober 2020
Inilah Tips Menurunkan Berat Badan yang Aman dan CepatInilah Tips Menurunkan Berat Badan yang Aman dan Cepat

Halodoc, Jakarta – Centers for Disease Control and Prevention mencatat ada banyak dampak buruk dari kelebihan berat badan. Orang yang mengalami obesitas, dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal atau sehat, berisiko lebih tinggi mengalami berbagai penyakit dan kondisi kesehatan serius.

Tekanan darah tinggi, kolesterol LDL tinggi, dan diabetes tipe 2 adalah sebagian di antaranya. Karenanya sangat penting untuk menjaga berat badan seimbang. Bagaimana tips menurunkan berat badan yang aman dan cepat? Selengkapnya baca di sini!

Konsumsi Makanan Sehat dan Tetap Aktif

Sebenarnya kunci menurunkan berat badan yang aman dan cepat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan menjadwalkan diri berolahraga. Ada beberapa diet ekstrem yang menjanjikan penurunan berat badan drastis, tapi tidak diimbangi dengan manfaat kesehatan. 

Baca juga: Program Diet yang Tepat Bagi Kamu yang Sibuk

Berikut adalah rekomendasi tips yang membantu menurunkan berat badan aman dan realistis:

1. Jangan Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan tidak akan membantumu menurunkan berat badan. Kamu malah berisiko kehilangan nutrisi penting dan mungkin akan lebih banyak ngemil sepanjang hari karena merasa lapar.

2. Makan dengan Teratur 

Makan secara teratur membantu membakar kalori lebih cepat. Ini juga mengurangi godaan untuk mengemil makanan tinggi lemak dan gula.

3. Makan Banyak Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran mengandung kalori dan lemak yang remah dan tinggi serat. Ini adalah kombinasi penting untuk sukses menurunkan berat badan. Pun, buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral.

4. Menjadi Lebih Aktif

Menjadi aktif adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Selain memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, olahraga dapat membantu membakar kalori berlebih yang tidak dapat hilang hanya melalui diet.

5. Minum Banyak Air

Orang terkadang salah menangkap sinyal haus dengan kelaparan. Pada akhirnya, ini memicu konsumsi kalori ekstra. Ketika kamu merasa lapar, cobalah untuk minum air terlebih dahulu untuk “menguji” apakah kamu memang benar-benar lapar atau hanya sekadar haus.

Baca juga: Trik Banyak Makan Tanpa Obesitas

6. Cek Label Makanan

Mengetahui cara membaca label makanan dapat membantu kamu memilih opsi yang lebih sehat. Gunakan informasi kalori untuk mengetahui bagaimana makanan tertentu cocok dengan tunjangan kalori harian yang sesuai pada rencana penurunan berat badan.

7. Gunakan Piring yang Lebih Kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu kamu makan dalam porsi yang lebih kecil. Dengan menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, kamu mungkin bisa perlahan-lahan terbiasa makan dalam porsi kecil tanpa merasa lapar. Diperlukan sekitar 20 menit bagi perut untuk memberi tahu otak bahwa sudah kenyang, jadi makanlah perlahan dan berhentilah makan sebelum merasa kenyang.

8. Tidak Perlu Ada Pantangan Makanan 

Membuat daftar pantangan makanan hanya akan membuat kamu semakin menginginkannya. Tidak ada alasan kamu tidak dapat menikmati camilan sesekali selama tetap dalam jatah kalori harian.

9. Jangan Menyimpan Junk Food

Untuk menghindari godaan, jangan menyimpan junk food di rumah. Sebaliknya, pilihlah camilan sehat, seperti buah-buahan, kue beras tanpa garam, kue gandum, berondong jagung tanpa garam atau tanpa pemanis, dan jus buah.

10. Kurangi Alkohol

Segelas anggur standar dapat mengandung kalori sebanyak sepotong cokelat. Seiring waktu, minum terlalu banyak dapat dengan mudah menambah berat badan.

11. Rencanakan Makanan yang Akan Dikonsumsi

Cobalah untuk merencanakan sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan selama seminggu. Pastikan kamu tetap berpegang pada jadwal. 

Baca juga: 6 Trik Tetap Langsing Meski Makan Fast Food

Butuh rekomendasi cara menurunkan berat badan yang aman dan sehat, bisa ditanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2020. 12 tips to help you lose weight.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. The Health Effects of Overweight and Obesity.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan