• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jaga Kesehatan saat Cuaca Panas dengan 8 Cara Ini

Jaga Kesehatan saat Cuaca Panas dengan 8 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Beberapa hari belakangan, sejumlah wilayah di Indonesia dilanda cuaca panas dan terik. Berdasarkan catatan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), suhu yang terpantau di beberapa wilayah berada pada kisaran 24-36 derajat Celsius, dalam lima hari terakhir. Cuaca panas terik ini diduga terjadi karena lapisan bawah atmosfer yang relatif kering.

Selain mengganggu kenyamanan saat beraktivitas di luar, cuaca panas dan terik juga rentan memicu dehidrasi, iritasi kulit, sakit kepala, gangguan penglihatan, hingga hilang kesadaran (pingsan). Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, selama cuaca panas, agar terhindar dari gangguan kesehatan.

Baca juga: Cuaca Panas Sebabkan Demam, Ini Penyebabnya

Tips agar Tetap Sehat saat Cuaca Panas

Jangan panik dan lantas enggan beraktivitas ketika cuaca panas melanda. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa tetap sehat saat cuaca panas, sehingga kamu bisa beraktivitas normal. Berikut beberapa tipsnya:

1. Banyak Minum Air Putih

Salah satu dampak dari cuaca panas adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak, yang jika dibiarkan dapat berujung menjadi dehidrasi. Untuk itu, saat cuaca sedang panas-panasnya, perbanyaklah minum air putih, bahkan lebih banyak dari biasanya. Dengan begitu keseimbangan cairan tubuh kamu akan tetap terjaga. Hindari atau batasi juga konsumsi minuman berkafein karena bersifat diuretik, yaitu memicu hilangnya cairan tubuh.

2. Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

Selain memperbanyak asupan air putih, penting juga untuk banyak mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas. Terutama buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk. Manfaat konsumsi buah-buahan tinggi air sama seperti banyak minum air putih, yaitu membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah-buahan juga dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh.

3. Gunakan Krim Pelembap

Jika akan beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan krim pelembap. Krim ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap. Sebab, saat cuaca sedang panas, kulit jadi rentan kering dan iritasi.

Baca juga: Cuaca Panas Bikin Cepat Marah, Ini Alasannya

4. Batasi Aktivitas di Luar Ruangan

Meski bukan berarti kamu hanya boleh bermalas-malasan di dalam rumah, kamu juga harus membatasi aktivitas di luar ruangan, ketika cuaca sedang panas. Pagi dan sore menjelang malam adalah waktu yang bisa kamu pilih jika ingin beraktivitas di luar ruangan. Sebisa mungkin hindari aktivitas di siang hari saat matahari sedang terik-teriknya.

5. Kenakan Pakaian Berbahan Katun

Ketika cuaca sedang panas, kenakanlah pakaian yang berbahan katun dan tipis, sehingga bisa menyerap keringat lebih baik dan tidak menyimpan panas. Dengan begitu, tubuh akan tetap terasa dingin dan kamu bisa beraktivitas dengan nyaman. Hindari menggunakan baju berwarna hitam atau gelap, karena dapat menyerap panas matahari.

6. Gunakan Payung dan Topi

Selain menggunakan pakaian yang berbahan katun, gunakan juga pelindung tubuh lainnya, seperti payung dan topi, jika ingin beraktivitas di luar ruangan. Hal ini bermanfaat untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada kulit, yang dapat membuat kulit terbakar dan iritasi.

Baca juga: 4 Tips Memulai Pola Hidup Sehat di Keluarga

7. Jangan Terlalu Sering Mandi

Saat cuaca sedang panas-panasnya, tentu rasanya ingin bolak-balik mandi, ya. Apalagi bagi yang sedang WFH (Work from Home) atau bekerja dari rumah. Padahal, mandi terlalu sering saat cuaca sedang panas juga tidak terlalu baik, lho. Sebab, dapat membuat kulit jadi kering. Jadi, mandilan sewajarnya saja. Misalnya, jika seharian di rumah saja, cukup mandi 2 kali sehari. 

8. Hindari Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat memperparah dehidrasi. Apalagi jika kamu tidak mengimbanginya dengan banyak minum air putih dan makan makanan sehat. Oleh karena itu, saat cuaca sedang panas, sebaiknya hindari konsumsi alkohol dan perbanyak minum air putih saja.

Itulah beberapa tips agar tetap sehat saat cuaca sedang panas. Jika kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk membicarakannya pada dokter di aplikasi Halodoc, yang siap bantu kamu kapan dan di mana saja. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan diri dan istirahat yang cukup, agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Referensi:
Medicine Net. Diakses pada 2020. 15 Ways to Keep Cool When it’s Hot. 
Live About. Diakses pada 2020. How to Survive Extreme Heat.
WHO. Diakses pada 2020. Health effects of UV radiation.