• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapankah Tanda-Tanda Kehamilan Mulai Muncul?

Kapankah Tanda-Tanda Kehamilan Mulai Muncul?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Setiap perempuan yang telah melalui jenjang pernikahan pasti mendambakan kehadiran sang buah hati dalam keluarganya. Berita ini memang menggembirakan, tetapi mendapatkannya tidak semudah yang disangka. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, terutama fisik dan asupan makanan sehat untuk mendukung kehamilan yang sehat pula. 

Sebenarnya, banyak perempuan yang tidak menyadari ia telah hamil karena tidak mengetahui tanda awal kehamilan. Sayangnya, ini yang menjadikan angka keguguran di awal kehamilan meningkat drastis, karena kurangnya kepekaan perempuan terhadap tanda kehamilan. Padahal, ini penting untuk diketahui, agar kamu bisa menyiapkan segala hal untuk menyambut hadirnya sang buah hati di dalam rahim. 

Kapan Tanda-Tanda Kehamilan Muncul?

Ternyata, tanda-tanda kehamilan bisa segera muncul atau membutuhkan waktu beberapa hari setelah kamu berhubungan intim. Kondisi ini berbeda pada setiap perempuan, jadi kamu tidak perlu heran. Tidak hanya waktunya, gejalanya juga bisa berbeda.

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kehamilan di Minggu Pertama

Gejala awal kehamilan yang biasa terjadi adalah tubuh yang menjadi mudah lelah, mual dan muntah tanpa sebab, perubahan yang cukup signifikan pada suasana hati, payudara terasa lebih besar dan lebih sensitif ketika disentuh, dan pastinya terlambat menstruasi. Biasanya, tanda ini terjadi hingga lima atau enam minggu pertama kehamilan, tepatnya sekitar dua minggu setelah kamu mengalami telat haid atau enam minggu terhitung sejak hari haid terakhir. 

Namun, Belum Tentu Itu Gejala Hamil

Meski begitu, gejala tersebut juga bukan menandakan kamu hamil. Bisa juga, kamu mengalami kondisi medis lain dengan gejala yang mirip dengan tanda-tanda kehamilan. Lalu, bagaimana mengetahui kalau kamu benar-benar hamil dan gejala yang kamu rasakan ini adalah gejala hamil? Tentu saja dengan menggunakan tes kehamilan atau test pack. Melakukan tes ini membutuhkan kesabaran, karena hasilnya lebih akurat jika kamu telah mengalami telat haid.

Baca juga: 5 Tanda Positif Hamil yang perlu Diketahui

Kamu bisa membeli tes kehamilan ini atau langsung memeriksakan diri ke dokter apabila telah merasakan adanya gejala hamil agar hasil pemeriksaan yang kamu dapatkan lebih akurat. Tidak perlu mencari waktu yang tepat, kamu hanya perlu menggunakan aplikasi Halodoc untuk membuat janji dengan dokter kandungan di rumah sakit terdekat. Tentu saja, kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengantre. 

Tanda lain yang bisa dikenali jika kamu hamil adalah munculnya bercak darah seperti flek. Namun, gejala ini juga tidak terjadi pada semua wanita. Ada beberapa yang mengalaminya, dan ada pula yang tidak. Berikutnya adalah nyeri pada bagian punggung dan pinggang dan perubahan pola makan. Kamu menjadi suka untuk mengonsumsi makanan tertentu, tetapi makanan yang biasanya kamu suka justru jadi tidak berselera. 

Baca juga: Agar Tidak Panik, Ketahui 5 Mitos Kehamilan Ini

Perihal mual dan muntah tidak selalu terjadi seperti namanya, morning sickness yang biasanya terjadi pada pagi hari. Sebagian wanita mengalami kondisi ini pada pagi hari ketika bangun tidur, tetapi ada pula yang mengalaminya menjelang sore atau justru di malam hari. Jadi, kenali dengan baik tandanya dan lakukan pemeriksaan jika sudah waktunya, ya!

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2020. Pregnancy Symptoms: Early Signs That You Might be Pregnant.
Verywell. Diakses pada 2020. Can You Feel Pregnancy Symptoms After Sex?
The Early Signs of Pregnancy. Diakses pada 2020. Signs of Early Pregnancy - When do Pregnancy Symptoms Start.