Mengenal Fungsi Lambung untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 April 2021
Mengenal Fungsi Lambung untuk Kesehatan TubuhMengenal Fungsi Lambung untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta - Lambung adalah organ otot yang terletak di sisi kiri perut bagian atas. Lambung menerima makanan dari kerongkongan. Saat makanan mencapai ujung kerongkongan, ia memasuki perut melalui katup otot yang disebut katup kerongkongan bawah.

Lambung mengeluarkan asam dan enzim yang mencerna makanan. Tonjolan jaringan otot yang disebut rugae melapisi perut. Otot perut berkontraksi secara berkala, mengaduk makanan untuk meningkatkan pencernaan. Lantas, seperti apa fungsi lambung bekerja?

Baca Juga: 7 Buah yang Tepat bagi Pengidap Penyakit Asam Lambung

Fungsi Lambung untuk Kesehatan Tubuh

Makanan yang dikonsumsi akan masuk ke lambung, melewati esofagus, yaitu organ berbentuk seperti selang yang tersambung pada bagian paling atas lambung. Saat makanan memasuki lambung, organ ini segera menjalankan fungsinya, yaitu:

1. Mengolah Makanan

Ini adalah fungsi utama dari lambung. Dengan bantuan asam dan enzim, lambung memecah makanan menjadi partikel-partikel kecil. Selama proses ini, lambung akan bergerak secara refleks, untuk mencampur makanan dengan asam dan enzim. Gerakan tersebut bernama gerak peristaltik.

2. Menyimpan Makanan

Perlu diketahui, tidak semua makanan yang masuk ke lambung akan langsung diolah saat itu juga. Lambung juga berfungsi sebagai penyimpan makanan. Jadi, sebagian dari makanan yang kamu konsumsi masih akan disimpan. 

3. Memilah dan Menyingkirkan Zat Berbahaya

Lambung menghasilkan asam yang bernama asam hidroklorik. Fungsi dari cairan asam tersebut bukan hanya membantu memecah makanan, tapi juga memilah dan menyingkirkan zat atau mikroba berbahaya yang ada dalam makanan. Jadi, tubuh bisa terlindungi dari serangan penyakit.

4. Menyerap Zat yang Baik untuk Tubuh

Selain mengolah, menyimpan, dan menyingkirkan zat berbahaya, fungsi lambung juga untuk menyerap zat yang baik untuk tubuh. Selain enzim dan asam, lambung juga memproduksi zat lain yang akan mempermudah tubuh untuk menyerap zat-zat yang baik, seperti vitamin B12.

Baca Juga: 5 Minuman untuk Mengurangi Gejala Asam Lambung

Menjaga Fungsi Lambung untuk Kesehatan Tubuh

Fungsi lambung penting bagi tubuh. Maka itu, penting menjaga organ tubuh ini dari masalah pencernaan seperti sembelit dan sakit perut. Beberapa tips berikut ini perlu dilakukan untuk menjaga fungsi lambung untuk kesehatan tubuh:

  • Makan dalam porsi kecil.
  • Hindari semua minuman berkarbonasi.
  • Konsumsi makanan yang kaya buah dan sayuran dan kurangi makanan berlemak.
  • Berhenti merokok.
  • Turunkan berat badan berlebih.
  • Berjalan atau pertahankan tubuh tegak setelah makan.
  • Hindari camilan sebelum tidur.
  • Hindari makanan yang mengiritasi.
  • Minum setidaknya delapan gelas air atau cairan non-kafein lainnya setiap hari. 
  • Konsumsi obat penghambat asam, jika perlu.
  • Konsumsi serat untuk mengeluarkan kotoran.
  • Olahraga setidaknya 30 hingga 40 menit, tiga hingga lima kali seminggu.
  • Konsumsi makanan probiotik untuk menjaga mikrobioma tetap sehat jika memiliki masalah gastrointestinal. 
  • Buang air kecil atau besar segera jika merasa ingin. Jangan ditahan.

Perlu diwaspadai, perut bisa mengalami berbagai kondisi dan penyakit. Salah satu masalah perut yang paling umum terjadi adalah sakit perut atau dispepsia. Dispepsia adalah kondisi perasaan kenyang saat makan, namun terasa tidak nyaman hingga rasa terbakar. 

Selain itu GERD juga bisa memengaruhi kondisi kesehatan perut. GERD terjadi ketika kandungan asam di perut direfluks ke kerongkongan. Makanan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, seperti makanan berlemak, bisa memperburuk gejala GERD.

Sakit maag juga salah satu sakit perut yang umum terjadi, yaitu kerusakan pada lapisan lambung yang disebabkan oleh obat tertentu dan terlalu banyak asam di lambung. Selain itu, ada juga penyakit kanker perut yang rentan menyerang orang tua atau lansia. 

Baca Juga: Sembuhkan Asam Lambung dengan 5 Makanan Ini

Ada juga penyakit flu perut atau virus perut yang mempengaruhi sistem pernafasan, bukan hanya saluran pencernaan. Itulah yang perlu diketahui tentang fungsi lambung dan betapa pentingnya menjaga kesehatan lambung.

Jika terjadi gejala mencurigakan dari lambung, segera temui dokter di rumah sakit terdekat. Kamu bisa buat jadwal temu dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Live Science. Diakses pada 2021. Stomach: Facts, Functions & Diseases
Healthline. Diakses pada 2021. Stomach Cross-section.
WebMD. Diakses pada 2021. Picture of the Stomach.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan