• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 6 Makanan Sehat Kekinian yang Lezat dan Bergizi

Kenali 6 Makanan Sehat Kekinian yang Lezat dan Bergizi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat ini, semakin banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya pola makan sehat, demi bisa tetap fit dan bugar. Buktinya, ada cukup banyak makanan sehat kekinian yang digandrungi, karena tak hanya lezat, tetapi juga bergizi tinggi. Makanan apa sajakah itu?

1. Chia Seed

Beberapa tahun belakangan, chia seed atau biji chia mulai dikenal sebagai “biji ajaib” yang mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Bentuknya kecil dan berwarna hitam, chia seed memiliki kandungan serat, protein, asam lemak omega-3, kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor. 

Chia seed juga mengandung antioksidan yang sangat baik dalam melawan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Chia seed bisa dikonsumsi tanpa tambahan apapun atau dijadikan komponen pelengkap dalam hidangan sehat, seperti ditaburkan di atas yoghurt, oatmeal, atau salad buah.

Baca juga: 4 Makanan Sehat sebelum Berolahraga Pagi

2. Salad Roll

Jika biasanya salad disajikan dalam wadah seperti piring atau mangkuk, belakangan ini ada cara seru lain dalam menyantap hidangan sehat ini, yaitu dibuat roll atau wrapped. Lapisan penggulung yang digunakan untuk membuat salad roll biasanya adalah kulit tortilla. Dengan disajikan dalam bentuk roll, menyantap salad tidak lagi membosankan dan sangat praktis bagi kamu yang super sibuk. 

Dari segi gizinya tentu saja hidangan ini baik untuk kesehatan, ya. Aneka sayuran dan biji-bijian yang digunakan dalam salad roll mengandung serat dan berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh. Jika ingin ada asupan protein, kamu bisa tambahkan beberapa potong ayam atau daging panggang yang dipotong kecil ke dalam saladmu.

3. Smoothie Bowl

Anak kekinian tentu tahu hidangan ini. Smoothie bowl adalah hidangan yang dibuat dari smoothie buah yang disajikan di sebuah mangkuk, dengan tambahan aneka topping, seperti buah-buahan, kacang, atau biji-bijian. Sebagai menu sehat harian, kamu bisa mengkreasikan buah apapun yang kamu suka untuk dijadikan smoothie, lalu tambahkan chia seed sebagai taburan.

Baca juga: 5 Jenis Asupan Makanan untuk Pengidap Anemia

4. Poke Bowl

Makanan sehat kekinian selanjutnya adalah poke bowl. Hidangan ini merupakan menu khas Hawaii, yang terdiri dari sayur-sayuran segar dan daging mentah yang dicampur dengan saus khusus. Meski makanan khas Hawaii, poke bowl yang diketahui telah ada sejak 1980 ini ternyata mendapat pengaruh dari Jepang, karena 40 masyarakat Hawaii berasal dari Jepang.

Tak heran jika poke bowl tampak mirip seperti sushi, hanya saja penyajiannya berbeda. Terlebih di beberapa gerai penjual poke bowl, disediakan juga pilihan nasi putih atau nasi merah sebagai campuran. Karena bergizi lengkap dan rendah kalori, hidangan ini cocok bagi kamu yang sedang berdiet atau ingin memulai pola makan sehat.

5. Healthy and Diet Catering

Tak kalah booming dengan berbagai makanan sehat yang telah dibahas tadi, ada healthy and diet catering, yang sepertinya bisa menjadi pilihan bagus bagi kamu yang sulit konsisten untuk makan sehat setiap harinya. Pasalnya, healthy and diet catering ini menawarkan makanan sehat dengan takaran gizi dan kalori yang pas, dengan rasa yang enak.

Pada kebanyakan catering sehat, makanan yang diolah juga tidak menggunakan garam dan jenis lauknya bervariasi setiap harinya, sehingga tidak akan membuatmu bosan. Namun, layanan catering ini biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Jadi, memang sebaiknya kamu buat sendiri saja menu sehatmu setiap harinya, dengan arahan dokter gizi.

Baca juga: 5 Buah-buahan untuk Redakan Kolesterol Tinggi

Hal ini lebih hemat ketimbang merogoh kocek untuk membayar makanan catering sehat. Apalagi konsultasinya dengan dokter gizi di aplikasi Halodoc lewat chat. Kapan dan di mana saja, kamu bisa berdiskusi dengan dokter gizi, tentang pola makan sehat seperti apa yang cocok untukmu. Jadi, mendingan download aplikasinya sekarang, deh!

6. Overnight Oatmeal

Kamu suka sarapan oatmeal, tetapi ingin coba cara seru dan enak untuk menikmatinya? Coba deh buat overnight oatmeal, yang saat ini sedang hits. Cara membuatnya mudah sekali. Cukup campurkan beberapa sendok oat dengan susu, yoghurt, chia seed, dan bahan lainnya sesuai seleramu, di dalam sebuah jar atau toples tertutup. 

Simpan jar berisi oatmeal itu di dalam lemari es dan diamkan semalaman. Keesokan paginya, kamu tinggal tuangkan oatmeal ke dalam mangkuk dan tambahkan buah-buahan favoritmu di atasnya. Dijamin enak, seru dan pastinya bergizi, deh.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. What are the benefits of chia seeds?
Healthy Food Guide. Diakses pada 2019. What is a smoothie bowl?
Grazia Daily. Diakses pada 2019. What Is A Poke Bowl And How Do I Make One?
Healthline. Diakses pada 2019. 7 Tasty and Healthy Overnight Oats Recipes.