• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 2 Manfaat Melakukan Push Up Setiap Hari

Ketahui 2 Manfaat Melakukan Push Up Setiap Hari

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui 2 Manfaat Melakukan Push Up Setiap Hari

“Push up dapat menjadi salah satu pilihan yang baik untuk dilakukan secara rutin setiap hari guna menjaga tubuh tetap sehat. Hal ini dapat memberikan manfaat pada tubuh, terutama bagian atas dan juga otot tangan.”

Halodoc, Jakarta – Olahraga perlu dilakukan oleh semua orang untuk tetap menjaga tubuhnya agar tetap bugar. Hal ini penting untuk dilakukan di masa pandemi ini untuk menjaga sistem imunitas mampu menangkal virus corona yang masuk ke tubuh. Salah satu gerakan olahraga yang dapat kamu lakukan secara rutin adalah push up. Namun, apa saja manfaat lainnya dari melakukan push up setiap hari? Ketahui selengkapnya di sini!

Manfaat Push Up Setiap Hari bagi Tubuh

Push up adalah latihan yang populer dilakukan untuk membangun kekuatan, terutama guna memperkuat inti dan bagian atas pada tubuh. Banyak orang yang memasukkan gerakan ini pada rutinitas olahraganya. Gerakan ini mampu melatih trisep, otot dada, dan bahu. Push up juga kerap menjadi pilihan olahraga yang murah karena tidak membutuhkan peralatan apa pun.

Baca juga: 5 Jenis Latihan untuk Membantu Mengecilkan Lengan

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa manfaat ketika melakukan push up secara rutin, antara lain:

1. Meningkatkan Tonus dan Kekuatan Otot

Manfaat push up pertama yang dapat kamu rasakan adalah mampu meningkatkan kekuatan pada otot dan bagian tonusnya. Ada beberapa variasi gerakan olahraga ini dan tiap jenisnya memiliki manfaat yang berbeda-beda pada otot. Variasi gerakan ini sedikit berbeda dengan push up standar yang gerakannya hanya membuka tangan selebar bahu dan lurus sejajar dengan bahu. Beberapa gerakan lainnya, seperti:

Narrow push up: Tangan berada di bawah pusat tulang dada dengan ibu jari dan telunjuk dari masing-masing tangan bersentuhan. Gerakan ini dapat memperbesar otot trisep dan pectoralis mayor. Jika kamu ingin meningkatkan ukuran dan kekuatan otot tangan, cara ini dapat memberikan hasil yang lebih cepat.

Forward/backward push up: Cara ini dilakukan dengan membuka tangan di depan atau di belakang bahu. Gerakan ini dapat meningkatkan otot perut dan punggung, serta meningkatkan kondisi dan kekuatan tubuh bagian atas secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Olahraga Indoor yang Bisa Banyak Bakar Kalori

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dengan rutin melakukan push up juga dapat meningkatkan kesehatan jantung sehingga dapat mengurangi risiko dari penyakit kardiovaskular. Dalam sebuah penelitian, ditemukan ada perbedaan signifikan pada pria yang mampu melakukan push up lebih dari 40 kali dengan yang melakukannya kurang dari 10 kali. Kategori pertama memiliki jantung yang lebih sehat sehingga memiliki risiko 96 persen lebih kecil untuk mengalami masalah kardiovaskular.

Memang jenis olahraga ini baik untuk dilakukan secara rutin, tetapi dengan gerakan yang benar. Jika tidak, peningkatan risiko cedera terutama yang berhubungan dengan tubuh bagian atas lebih tinggi. Apabila kamu pernah mengalaminya, ada baiknya untuk bertanya langsung pada instruktur kebugaran tentang cara melakukan push up yang benar.

Baca juga: 5 Menit Gerakan Olahraga untuk Tingkatkan Kemampuan Otak

Sekarang kamu tahu beberapa manfaat yang didapatkan dari melakukan push up secara rutin. Secara keseluruhan memang olahraga dapat memberikan manfaat lebih banyak dibandingkan risiko untuk mengalami cedera. Maka dari itu, jangan takut untuk melakukannya setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jika kamu mengalami cedera setelah melakukan push up, pembelian obat melalui aplikasi Halodoc bisa langsung dilakukan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa langsung memesan obat yang dibutuhkan untuk segera mengatasi cedera yang terjadi. Semakin dini masalah diatasi, maka aktivitas harian tidak terganggu.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. What happens if you do pushups every day?
Healthline. Diakses pada 2021. What Are the Benefits and Risks of Doing Daily Pushups?