Ketahui 4 Alasan Wanita susah Orgasme

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Juni 2022

“Penelitian menyebutkan bahwa wanita lebih susah orgasme dibanding pria. Hal disebut berkaitan dengan beberapa faktor, seperti sedang lelah, kurang konsentrasi, hingga masalah kesehatan. “

Ketahui 4 Alasan Wanita susah OrgasmeKetahui 4 Alasan Wanita susah Orgasme

Halodoc, Jakarta – Wanita disebut lebih sulit orgasme dibanding pria. Bahkan, melansir WebMD, sekitar 10 persen wanita tidak pernah mengalami orgasme sama sekali, baik saat berhubungan intim maupun masturbasi. Padahal, sebenarnya orgasme bisa terjadi lebih dari satu kali pada wanita tanpa membutuhkan waktu pemulihan untuk mencapai orgasme berikutnya. 

Dengan kata lain, sebenarnya seorang wanita bisa tetap berada dalam kondisi orgasme dalam waktu yang lama. Namun, mungkin akan cukup berat di awal karena sulit untuk membuat wanita mulai orgasme. Lantas, apa saja sebenarnya hal-hal yang bisa membuat wanita susah orgasme? Temukan jawabannya di artikel berikut! 

Beragam Penyebab Wanita susah Orgasme

Orgasme merupakan istilah yang menggambarkan kondisi puncak saat melakukan hubungan intim. Ada beberapa faktor yang disebut bisa menjadi penyebab wanita susah orgasme, antara lain: 

  1. Tidak Tahu apa itu Orgasme 

Orgasme adalah hal yang bersifat personal. Namun, banyaknya informasi terkait hal ini membuat orgasme seringkali disalahartikan. Ekspektasi tentang orgasme juga menjadi tidak jelas, padahal setiap orang tentu akan memiliki pengalaman masing-masing. Hal inilah yang seringkali menjadi penyebab wanita susah orgasme, atau tidak menyadari bahwa dirinya sudah mengalami hal tersebut.

  1. Melewatkan Pemanasan 

Terlalu cepat memulai dan melewatkan pemanasan juga bisa menjadi penyebab orgasme susah didapat. Maka dari itu, penting untuk selalu memulai dengan pemanasan alias foreplay. Kamu bisa meminta pasangan untuk memberikan rangsangan pada area-area sensitif seperti klitoris. 

  1. Kurang Konsentrasi

Kurang konsentrasi bisa menyebabkan hubungan intim tidak maksimal, dan berimbas pada susah orgasme. Padahal, respons seksual pada wanita dimulai dari otak atau pikiran. Selain kurang fokus, tubuh yang tengah merasa lelah juga bisa menjadi penyebab wanita susah orgasme. Tidak hanya energi yang tersisa tinggal sedikit, suasana hati pun sudah tidak baik untuk melakukan hubungan seksual.

  1. Gangguan Kesehatan 

Susah orgasme juga bisa saja berkaitan dengan gangguan kesehatan. Selain itu, konsumsi jenis obat-obatan tertentu juga bisa menurunkan gairah seksual dan kemampuan tubuh wanita mengalami orgasme. Jika ini yang terjadi, pemeriksaan kesehatan dan terapi mungkin harus dilakukan untuk mengembalikan kualitas hubungan bersama pasangan. 

Sulit orgasme tentu akan menurunkan kualitas hubungan seksual serta kepuasan dari pasangan. Penyebabnya pun bisa beragam dan dipengaruhi oleh berbagai faktor sehingga penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu guna mengatasi kondisi tersebut.

Jika kamu atau pasangan mengalami Sulit Orgasme, Dokter Ini Bisa Bantu Cari Tahu Penyebabnya.

Pengalaman setiap Wanita akan Berbeda 

Pada dasarnya, setiap wanita dapat memberikan respon seksual yang berbeda-beda ketika berhubungan intim. Jika kamu masih bingung apakah kamu sudah mengalami orgasme atau belum, kamu bisa memerhatikan reaksi tubuhmu. 

Otot di sekitar organ intim berkontraksi atau berdenyut tak terkendali, detak jantung meningkat, napas terengah-engah, atau wajah yang memerah adalah tanda-tanda kamu sudah mencapai orgasme. Minta pasangan untuk membantu mendapatkan rangsangan seksual yang kamu butuhkan sebelum dan selama penetrasi. Wanita membutuhkan sekitar 20 menit dari rangsangan pertama untuk mencapai orgasme.

Komunikasi yang baik dengan pasangan akan membuat kualitas hubungan menjadi lebih baik. Cobalah untuk menyampaikan hal-hal yang mengganggu serta hal yang diinginkan dalam berhubungan. Bisa saja, Si Dia memang tidak mengetahui hal tersebut sehingga tidak melakukannya. 

Jika masalah susah orgasme berlanjut, coba pertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, terutama jika muncul gejala-gejala tertentu. 

Biar lebih mudah, gunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit yang bisa dikunjungi. Atur lokasi dan dapatkan rekomendasi rumah sakit terbaik. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Can’t Orgasm? Here’s Help for Women. 
NHS UK. Diakses pada 2022. What can cause orgasm problems in women?
Cosmopolitan. Diakses pada 2022. 6 Reasons You Might Not Be Orgasming. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan