• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 6 Cara Mencuci Tangan yang Benar

Ketahui 6 Cara Mencuci Tangan yang Benar

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui 6 Cara Mencuci Tangan yang Benar

Halodoc, Jakarta – Mencuci tangan adalah kegiatan yang sederhana tapi mampu membantu melindungi kamu dan keluarga dari berbagai penyakit menular. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, mencuci tangan menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sayangnya, masih ada orang yang menganggap enteng masalah mencuci tangan dan cenderung melakukannya asal-asalan. Padahal, mencuci tangan perlu dilakukan dengan cara yang benar agar efektif untuk mencegah penularan penyakit. Karena itu, ketahui cara mencuci tangan yang benar di sini.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Cuci Tangan atau Pakai Hand Sanitizer?

Cara Mencuci Cuci Tangan yang Benar

Tahukah kamu, kuman penyakit bisa dengan mudah menyebar melalui tangan bila kamu menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi, lalu menyentuh muka atau langsung menyiapkan makanan dan minuman dengan tangan yang belum dicuci. Nah, dengan mencuci tangan, kamu bisa mencegah masuknya kuman penyakit yang ada di tangan ke dalam tubuh. 

Berikut ini cara mencuci tangan yang benar, yaitu: 

  1. Basahi kedua tangan kamu dari telapak tangan sampai pertengahan lengan dengan air bersih yang mengalir (hangat atau dingin).
  2. Tuangkan sabun secukupnya dan oleskan ke kedua tangan kamu hingga menutupi seluruh permukaan tangan.
  3. Gosok kedua telapak dan punggung tangan kamu secara bergantian. Jangan lupa gosok juga jari-jari tangan dan sela-sela jari sampai bersih. Lalu, bersihkan juga bagian bawah kuku. Bersihkan kedua ibu jari tangan dengan cara menggenggam dan memutar ibu jari secara bergantian.
  4. Gosok tangan setidaknya selama 20 detik atau sama dengan menyanyikan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ dari awal sampai akhir sebanyak dua kali. 
  5. Bilas tangan dengan baik di bawah air bersih yang mengalir.
  6. Keringkan tangan dengan menggunakan handuk bersih atau di bawah hand dryer.

Jadi, ketika mencuci tangan, pastikan kamu sudah benar-benar membersihkan semua permukaan dan area tangan, jari, dan pergelangan tangan kamu.

Baca juga: Ketahui 11 Fakta Unik tentang Mencuci Tangan

Kapan Harus Mencuci Tangan?

Agar kamu dan orang-orang yang kamu sayangi tetap sehat, kamu dianjurkan untuk sering mencuci tangan, terutama pada saat-saat ketika risiko terkena dan menyebarkan kuman lebih tinggi. Centers for Disease Control and Prevention menganjurkan untuk mencuci tangan pada waktu-waktu berikut ini:

  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan.
  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Sebelum dan sesudah merawat orang di rumah yang sakit muntah atau diare.
  • Sebelum dan sesudah merawat luka.
  • Setelah menggunakan toilet.
  • Setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang sudah menggunakan toilet.
  • Setelah membuang ingus, batuk, atau bersin.
  • Setelah menyentuh hewan, pakan ternak, atau kotoran hewan.
  • Setelah menangani makanan hewan atau camilan hewan peliharaan.
  • Setelah membuang sampah.

Pemilihan Sabun Cuci Tangan

Menggunakan sabun biasa untuk cuci tangan sudah cukup untuk mendisinfeksi tangan kamu, sama seperti sabun antibakteri yang dijual bebas. Faktanya, penelitian sudah menemukan bahwa sabun antibakteri tidak lebih efektif dalam membunuh kuman dibanding sabun yang biasa digunakan sehari-hari.

Pada tahun 2017, Food and Drug Administration (FDA) melarang penggunaan produk sabun antibakteri yang mengandung triclosan dan triclocarban karena tidak efektif, dan malah bisa memberi dampak buruk, seperti memicu reaksi alergi, menyebabkan resistensi bakteri dan gangguan endokrin.

Selain itu, belum ada bukti juga yang menunjukkan bahwa suhu air membuat perbedaan dalam membunuh bakteri. Menurut sebuah studi, mencuci tangan dengan air hangat tampaknya tidak menyingkirkan lebih banyak kuman.

Jadi, kamu bisa menggunakan sabun apa saja untuk mencuci tangan, seperti sabun cair, sabun batangan, maupun sabun antibakteri dan cucilah tangan di bawah air dengan suhu yang nyaman untuk kamu.

Baca juga: Cegah Corona dengan Cuci Tangan, Perlukah Pakai Sabun Khusus?

Itulah cara mencuci tangan yang benar. Kamu bisa beli produk sabun cuci tangan atau hand sanitizer melalui aplikasi Halodoc, lho. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. When and How to Wash Your Hands.
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Steps to Washing Your Hands Properly