• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lebih Bahaya Mana, Miom atau Kista?

Lebih Bahaya Mana, Miom atau Kista?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Para wanita, sudahkah kalian tahu soal miom dan kista? Miom dan kista adalah dua jenis tumor jinak yang menyerang organ reproduksi wanita. Sering dianggap sama padahal miom dan kista adalah dua kondisi berbeda yang membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Nah, kenali perbedaan dari kedua penyakit ini sehingga kamu bisa menghindari risiko yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Mengenal Miom pada Rahim dan Bahayanya

Perbedaan mencolok dari keduanya adalah bentuk dan letaknya. Miom terbentuk dari pertumbuhan sel jinak di dalam otot dinding rahim. Sementara kista ovarium berbentuk seperti kantung berisi cairan yang berkembang di ovarium. Kista dapat tumbuh pada ovarium bagian kiri, kanan, atau di kedua ovarium. Lantas, mana yang lebih bahaya? Miom atau kista? Ini ulasannya.

Mengenal Miom

Dilansir dari MSD Manual, miom atau fibroid adalah tumor jinak yang sebagian terdiri dari jaringan otot. Miom jarang berkembang di leher rahim, tetapi jika miom telah berkembang di leher rahim, tumor ini biasanya muncul di bagian atas rahim yang lebih besar. Miom yang semakin membesar sebagian dapat menyumbat saluran kemih atau mungkin menonjol (prolaps) ke dalam vagina.

Penyebab timbulnya miom pada rahim belum diketahui. Sejumlah faktor yang diduga memicu pembentukan miom, salah satunya adalah hormon estrogen dan progesteron serta kehamilan pada wanita. Sayangnya, kebanyakan wanita biasanya tidak menyadari pertumbuhan miom di dalam rahimnya.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Kista pada Remaja Putri

Alasannya, tumor ini sering tidak menimbulkan gejala hingga akhirnya semakin parah. Kalau sudah masuk tahap yang parah, miom menyebabkan perdarahan pada vagina, sakit perut, nyeri panggul, sering buang air kecil, serta rasa sakit saat berhubungan intim dengan pasangan.

Ketika tumor sudah mulai menunjukkan gejala, artinya miom memasuki tingkat yang lebih parah. Prosedur operasi pengangkatan perlu dilakukan untuk menangani miom di rahim.

Mengenal Kista

Berbeda dengan miom, kista adalah kondisi ketika kantong yang berisi cairan, udara, ataupun zat asing lain menempel di organ terdekat. Melansir dari WebMD, kista termasuk tumor jinak alias non-kanker, sehingga tidak berbahaya. Sama halnya dengan miom, munculnya kista tidak menimbulkan gejala. Hasilnya, kista diabaikan dan dibiarkan berkembang menjadi lebih besar yang membuat kondisi lebih parah.

Kista bisa berkembang di mana, tetapi tumor ini paling sering ditemukan pada rahim. Hal itu yang kemudian membuat banyak wanita kesulitan untuk membedakan antara miom dan kista. Kalau kamu ingin tahu lebih jelas tentang perbedaan keduanya, kamu bisa bertanya langsung kepada dokter melalui Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. Lebih praktis, bukan?

Baca Juga: Kista Ovarium Bisa Terjadi pada Usia Remaja?

Apa Perbedaannya dan Mana yang Lebih Berbahaya?

Tidak sedikit wanita yang keliru menganggap miom dan kista adalah kondisi yang sama. Padahal, kedua kondisi ini jelas berbeda jika dilihat dari isinya. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kista merupakan cairan yang menumpuk, sedangkan miom timbul akibat sel-sel yang terus tumbuh menjadi bagian daging tumbuh.

Walaupun kista sering disebut tidak berbahaya, tetapi bukan berarti penyakit ini boleh diremehkan. Pasalnya, kista ovarium yang semakin membesar dan parah menimbulkan berbagai gejala yang mengganggu. Mulai dari rasa nyeri pada panggul, menstruasi terhambat, kembung pada perut, dan lebih sering buang air kecil.

Belum diketahui secara pasti penyebab kista, tetapi faktor keturunan dan penyumbatan pada saluran atau aliran keluar cairan disebut berperan dalam perkembangan kista ovarium.

Ingat, ketika sudah terjadi beberapa gejala yang mengindikasi miom atau kista, segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah berbagai komplikasi yang terjadi.

Referensi :
MSD Manual. Diakses pada 2019. Cervical Myomas.
Medical News Today. Diakses pada 2019. Everything you need to know about ovarian cysts.
WebMD. Diakses pada 2019. What are myomas?.