• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lezat Tanpa MSG, Coba 8 Penyedap Alami Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lezat Tanpa MSG, Coba 8 Penyedap Alami Ini

Lezat Tanpa MSG, Coba 8 Penyedap Alami Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Februari 2021
Lezat Tanpa MSG, Coba 8 Penyedap Alami Ini

Halodoc, Jakarta - Tak sedikit orang-orang yang menambahkan penyedap makanan atau MSG (monosodium glutamate) ke dalam makanannya untuk meningkatkan rasa gurih. Meski “secara umum dianggap aman”, tapi penggunaan MSG sering mengundang kontroversial.

Pasalnya, MSG sering dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan. Contohnya hipertensi, sakit kepala, kerusakan saraf, obesitas, hingga kerusakan ginjal. Namun, selama masih digunakan dalam dosis wajar, MSG sebenarnya tidak berbahaya.

Nah, bagi kamu yang enggan untuk menggunakan MSG, ada beberapa bahan alternatif atau penyedap alami yang bisa digunakan. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya di sini! 

Baca juga: Ketahui Dampak MSG Berlebih Bagi Kesehatan

1. Kedelai

Kedelai sering digunakan sebagai penyedap alami pengganti MSG karena kandungan proteinnya yang tinggi. Kandungan kacang kedelai juga dikenal mengandung nutrisi yang mirip daging. Kedelai ini sering dijadikan penyedap alami pada masakan Jepang dan Cina untuk memicu rasa gurih atau umami alami. 

Sering digunakan karena kandungan proteinnya yang tinggi, kacang kedelai juga dikenal mengandung nutrisi yang mirip dengan daging. Makanan Jepang dan Cina sering ditingkatkan dengan kacang kedelai serbaguna, dengan rasa yang difermentasi dapat memunculkan rasa umami secara alami dari makanan.

2. Garam

Garam juga bisa digunakan sebagai penyedap alami pengganti MSG, terutama garam larut yang rasanya tidak setajam garam meja. Hal yang perlu diamati, jangan berlebihan dalam menggunakan asupan garam. Pasalnya, asupan garam yang berlebihan bisa memicu hipertensi atau meningkatnya tekanan darah. 

3. Rempah-Rempah

Rempah-rempah juga bisa digunakan sebagai penyedap alami pengganti MSG. Ada berbagai kombinasi rempah-rempah yang mampu merangsang selera dan meningkatkan cita rasa makanan. Jika kamu membeli kombinasi rempah-rempah sudah dicampur sebelumnya, pastikan untuk memeriksa labelnya untuk bebas dari tambahan MSG. 

Baca juga: Apakah Benar Mengonsumsi MSG Bisa Sebabkan Kanker?

Terdapat beberapa rempah-rempah yang bisa merangsang rasa gurih pada makanan. Contohnya bawah puting, lada, hingga rosemary. Kombinasi berbagai rempah-rempah bisa menjadi stimulus indera perasa dan membuat masakan terasa lebih lezat.

4. Rumput Laut

Dulse adalah varietas rumput laut yang memiliki rasa agak asin, gurih dengan rasa laut yang halus. Untuk membuat kaldu yang gurih seperti dashi, penambahan dulse akan membantu menonjolkan rasa gurih. 

5. Tomat

Tomat mengandung glutamat yang bisa memberikan rasa umami alami. Tomat yang dipanggang akan semakin memperkuat rasa ini, dan berfungsi sebagai penguat rasa yang sangat baik untuk banyak hidangan.

6. Jamur

Penyedap alami pengganti MSG lainnya adalah jamur. Jamur sering digunakan sebagai pengganti daging, menarik selera akan protein dengan kadar senyawa terkait umami yang lebih tinggi. Varietas pemanggangan atau karamel seperti jamur Portobello atau Shiitake dapat meningkatkan rasa umami pada makanan. 

Baca juga: Terlalu Banyak Konsumsi MSG Bisa Picu Sakit Kepala?

7. Teri

Ikan teri adalah salah satu ikan yang mengandung banyak glutamat alami. Kamu bisa menggunakan ikan sebagai penyedap alami pengganti MSG untuk memicu rasa gurih. Jika rasa amis tidak sesuai dengan keinginanmu, jangan takut, rasa ikan tidak akan terdeteksi setelah dimasak.

8. Konsentrat Produk Olahan Susu

Penyedap alami lainnya yang bisa kamu gunakan adalah konsentrat dari produk olah susu. Kamu bisa menambahkan bahan ini ke dalam masakan agar terasa lebih gurih. Umumnya, konsentrat ini terbuat dari modifikasi enzim butter atau cream cheese.

Ingat, meski terbilang aman, asupan MSG yang berlebihan bisa memicu berbagai masalah pada tubuh. Oleh sebab itu, bagi kamu yang memiliki kondisi medis yang perlu membatasi jenis atau bahan makanan tertentu sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter. 

Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Selain itu, Kamu bisa memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan bila mengalami masalah kesehatan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit. Praktis, kan?

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. MSG (Monosodium Glutamate): Good or Bad?
Fitday.com. Diakses pada 2021. 10 Alternatives to MSG
Cuisinevault. Diakses pada 2021. Substitutes For MSG-The 8 Best Options