• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Daun Katuk untuk Melancarkan Produksi ASI
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Daun Katuk untuk Melancarkan Produksi ASI

Manfaat Daun Katuk untuk Melancarkan Produksi ASI

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 07 Oktober 2020
Manfaat Daun Katuk untuk Melancarkan Produksi ASI Manfaat Daun Katuk untuk Melancarkan Produksi ASI

Halodoc, Jakarta - Hingga bayi berusia enam bulan, makanan pokok untuk bayi adalah ASI. Oleh karena itu, setiap ibu pasti menginginkan agar produksi ASI-nya lancar, sehingga kebutuhan nutrisi untuk bayi terpenuhi. Hingga anak berusia dua tahun, ASI juga merupakan nutrisi utama untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi

Namun, terkadang ASI bisa saja tidak cukup, drop, atau bahkan mengering dengan sendirinya sehingga bikin ibu khawatir kebutuhan ASI anak jadi tidak cukup. Untungnya, ada beberapa makanan sehat yang dijuluki ASI booster berkat kandungannya yang akan melancarkan ASI. Salah satu makanan tersebut adalah daun katuk, yang sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Indonesia akan manfaatnya dalam meningkatkan produksi ASi. 

Baca juga: Ini 6 Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi 

Manfaat Daun Katuk untuk ASI

Katuk merupakan tumbuhan yang banyak ditemukan di daratan Asia, tanaman dengan nama latin Sauropus androgynus L. Merr ini digunakan sebagai penambah ASI pada ibu menyusui. Banyak orang yang menyarankan untuk mengonsumsi daun katuk selama masa menyusui. Apalagi buat ibu yang sibuk bekerja sehingga harus memompa dan menyimpan persediaan ASI selama berada di luar rumah.

Alasan daun katuk baik dijadikan ASI booster adalah karena kandungan laktagogum dan prolaktin yang tinggi. Kedua adalah senyawa yang ampuh memicu produksi ASI lebih banyak dan memperlancar keluarnya ASI. Sebaiknya, ibu menyusui mengonsumsi daun katuk rutin setiap hari demi mendapatkan ASI yang melimpah untuk anak. 

Jika ibu tidak suka dengan bau dan rasa daun katuk, ibu bisa membeli sejumlah suplemen ASI booster yang mengandung ekstrak daun katuk. Selain itu, suplemen ini juga harus dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Namun, untuk memastikan keamanannya, ibu juga boleh bertanya terlebih dahulu dengan dokter di Halodoc mengenai konsumsi suplemen daun katuk. Dokter akan selalu siaga memberikan saran kesehatan yang dibutuhkan melalui smartphone, kapan dan di mana saja.

Baca juga: Tak Hanya untuk Bayi, ASI Juga Penting untuk Ibu

Manfaat Lain Daun Katuk

Bukan hanya untuk melancarkan ASI, daun katuk juga memiliki banyak sekali manfaat lainnya. Seperti misalnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu yang baru melahirkan. Setelah melahirkan dan sedang menyusui, ibu akan membutuhkan energi ekstra. Ini karena ibu akan mengalami kurang tidur dan kelelahan mengurus bayi baru lahir. Saat tubuh mulai lelah, maka kesehatan bisa terganggu.

Jika ibu terganggu kesehatannya, ini juga bisa membuat bayi ikutan sakit. Agar hal ini tidak terjadi, maka disarankan untuk mengonsumsi daun katuk dalam menu hariannya. Kandungan kalori, protein, dan karbohidrat dalam daun katuk akan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui. Jika kebutuhan nutrisi ibu tercapai, daya tahan tubuh ibu akan meningkat. Alhasil, virus dan bakteri tidak akan mudah menyerang ibu. 

Baca jugaMeningkatkan Produksi ASI dengan 6 Cara Ini

Selama menyusui, nutrisi ibu juga akan diserap bayi melalui ASI, dan tanpa disadari terdapat penurunan kondisi fisik bisa saja terjadi jika ibu menyusui tidak memenuhi kebutuhan nutrisi. Salah satunya adalah kandungan kalsium dan zat besi dalam tulang bisa berkurang. Jika dibiarkan, ibu bisa mengalami kerapuhan tulang atau osteoporosis.

Untungnya, di dalam daun katuk terkandung banyak kalsium, fosfor, dan zat besi. Masing-masing mineral ini bisa mencapai 2,8 persen. Selain itu, kandungan zat besi dalam daun katuk juga lebih besar dibanding daun singkong dan pepaya. Jadi, daun katuk akan tetap membuat ibu tetap memiliki tulang dan gigi yang kuat.

Referensi:
Dr Health Benefits. Diakses pada 2020. Scientific Health Benefits of Katuk Plant.
Newsbeezer. Diakses pada 2020. Benefits of Katuk Leaf for Health.