Manfaat Daun Sirsak bagi Pengidap Diabetes Melitus

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Agustus 2021
Manfaat Daun Sirsak bagi Pengidap Diabetes MelitusManfaat Daun Sirsak bagi Pengidap Diabetes Melitus

“Ada banyak pilihan pengobatan tradisional untuk mengatasi diabetes melitus, seperti salah satunya adalah daun sirsak. Pada beberapa penelitian, manfaat daun sirsak terbukti mampu mengurangi kadar gula darah. Selain itu, buahnya juga ternyata memiliki efek yang sama. Hanya saja tetap ada efek samping yang perlu diwaspadai.”

Halodoc, Jakarta – Pengobatan herbal juga masih menjadi salah satu yang diyakini banyak masyarakat Indonesia untuk melawan penyakit kronis. Salah satunya adalah daun sirsak yang diduga memiliki potensi untuk mengobati berbagai jenis penyakit kanker. Menariknya lagi daun sirsak juga diyakini baik untuk dikonsumsi mereka yang mengidap diabetes melitus. 

Sirsak atau tanaman dengan nama latin Annona muricata merupakan tumbuhan asli Amerika Selatan yang banyak tersebar di daerah tropis dan subtropis di dunia, termasuk di Indonesia. Tak hanya buahnya yang nikmat untuk dikonsumsi, ada beberapa bagian-bagian tanaman sirsak lain yang bisa dijadikan obat. Mulai dari kulit batang, akar, daun, buah, hingga bijinya. 

Jika kamu penasaran bagaimana khasiat daun sirsak untuk mengobati diabetes melitus, berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: Teh Daun Sirsak Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Benarkah?

Manfaat Daun Sirsak untuk Atasi Diabetes Melitus

Beberapa penelitian telah menyelidiki manfaat sirsak, khususnya bagian daun, untuk membantu mengatasi diabetes melitus hingga mencegah penyakit tersebut. Sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of Ethnopharmacology, melakukan studi tentang penggunaan ekstrak daun sirsak dalam pengobatan tradisional diabetes. 

Dalam penelitian tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa pemberian tunggal ekstrak daun sirsak pada tikus terbukti mengurangi kadar glukosa darah sebesar 75 persen pada dosis 100 mg/kg dibandingkan dengan nilai awal. Sementara itu, pemberian ekstrak daun Annona muricata untuk jangka panjang, yaitu 28 hari juga terbukti mampu memberikan banyak manfaat untuk tikus diabetes. 

Sementara itu, ada juga penelitian yang dilakukan kepada manusia yang dipublikasikan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada Juli 2019. Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa daun sirsak cukup menjanjikan untuk atasi diabetes. 

Namun, jurnal tersebut tidak menyebutkan secara spesifik apakah daun sirsak termasuk obat herbal diabetes yang efektif atau tidak. Sementara itu, Current Research in Nutrition and Food Science Journal menunjukkan hasil positif tentang efek daun sirsak terhadap penyakit diabetes melitus.  Jurnal tersebut menyebutkan bahwa dengan pemberian 180 miligram (mg) ekstrak daun Annona muricata dan 5 mg glibenclamide bisa menurunkan gula darah yang cukup menjanjikan. Namun, kedua kombinasi obat tersebut bisa menimbulkan beberapa efek samping, yaitu nyeri ulu hati dan muntah.

Baca juga: Waspada, Ini 8 Gejala Diabetes Melitus

Buah Sirsak juga Mampu Menstabilkan Kadar Gula Darah

Tak hanya daun sirsak, buah sirsak juga telah terbukti membantu mengatur kadar gula darah dalam beberapa penelitian pada hewan. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di African Journal of Traditional, Complementary, and Alternative Medicine, tikus diabetes disuntik dengan ekstrak sirsak selama dua minggu. Mereka yang menerima ekstrak memiliki kadar gula darah lima kali lebih rendah daripada kelompok yang tidak diberi suntikan. 

Sementara itu, dalam sebuah studi terbukti  bahwa pemberian ekstrak sirsak pada tikus diabetes mengurangi kadar gula darah hingga 75 persen. Namun, penelitian pada hewan ini menggunakan ekstrak sirsak dalam jumlah terkonsentrasi yang melebihi apa yang mungkin seseorang bisa dapatkan melalui pola makan. 

Meskipun penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan, temuan ini menunjukkan bahwa sirsak dapat bermanfaat bagi pengidap diabetes jika dipasangkan dengan diet sehat dan gaya hidup aktif.

Baca juga: Cek Diabetes Mellitus dengan Pemeriksaan Ini 

Namun jika kamu ragu mengenai efektivitas daun sirsak atau buahnya untuk mengobati diabetes melitus, sebaiknya tetap konsumsi obat yang diresepkan dokter. Jika obat habis, maka kamu bisa tebus resep obat diabetes di Halodoc. Kamu hanya perlu unggah resep dokter tersebut dan semua obat yang kamu butuhkan akan dikirimkan ke rumah kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Soursop (Graviola): Health Benefits and Uses.
Journal Of Ethnopharmacology. Diakses pada 2021. Antidiabetic and antioxidant effects of Annona muricata (Annonaceae), aqueous extract on streptozotocin-induced diabetic rats.
Journal of Pharmanutrition. Diakses pada 2021, Annona muricata L. (soursop) seed oil improves type 1 diabetes parameters in vivo and in vitro.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan