• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Manfaat Membaca Buku untuk Otak

6 Manfaat Membaca Buku untuk Otak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Membaca buku memberikan banyak manfaat bagi siapa pun, baik orang dewasa atau anak kecil. Ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan dengan gemar membaca buku, seperti sebagai sarana hiburan, menambah kemampuan seseorang, hingga menambah aspek pengetahuan. Membaca buku menjadi salah satu kebiasaan yang positif dan bisa dilakukan kapan saja.

Baca juga: Membaca Buku Malam Hari Baik untuk Otak

Namun, tahukah kamu bahwa dengan rutin membaca buku dapat bermanfaat untuk kesehatan otak? Berikut ini manfaat yang bisa dirasakan dengan kebiasaan membaca buku bagi otak, yaitu:

1. Memperlambat Proses Penyakit Alzheimer

Bagi pengidap Alzheimer, menjalankan pengobatan yang disarankan oleh dokter menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Namun, di sela-sela pengobatan yang dilakukan, sebaiknya coba mengisi waktu dengan membaca buku. Melansir Caring Everyday, membaca menurunkan risiko protein beta amyloid dalam otak yang meningkatkan risiko Alzheimer.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Melansir The Best Brain Possible, kebiasaan membaca buku meningkatkan daya ingat seseorang. Ketika sedang membaca, otak tidak hanya menguraikan kata-kata yang kamu baca. Dengan membaca, neurobiologis memproses gambar maupun ucapan yang muncul ketika kamu membaca. Saat membaca bagian otak yang mengatur penglihatan dan bahasa bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang kamu mengerti dan lebih mudah untuk diingat.

Baca juga: Manfaat Baca Buku untuk Tumbuh Kembang Anak

3. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi

Membaca mampu meningkatkan kemampuan konsentrasi menjadi lebih baik lagi. Cobalah untuk rutin membaca buku agar kemampuan konsentrasi semakin terasah dengan baik. Jika kamu merasa mengalami gangguan konsentrasi, segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya pada dokter mengenai keluhan kesehatan yang dialami. Ada berbagai faktor yang menurunkan kemampuan konsentrasi seseorang, salah satunya stres dan depresi.

4. Menurunkan Risiko Stres dan Depresi

Faktor lingkungan, situasi, serta kesehatan meningkatkan risiko stres maupun depresi pada seseorang. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini, salah satunya dengan membaca buku.

Melansir Huffpost, membaca buku dapat digunakan dengan lebih efektif untuk menurunkan stres dibandingkan berjalan kaki maupun mendengarkan lagu. Jadi, tidak ada salahnya membiasakan diri untuk belajar mencintai kegiatan membaca agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik.

5. Hiburan Murah

Tidak ada salahnya sesekali mengunjungi perpustakaan. Tentunya pada perpustakaan kamu menemukan berbagai macam jenis buku yang ingin dibaca, mulai dari cerita fiksi, novel, hingga buku dengan cerita yang menarik.

6. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Ingin meningkatkan kemampuan komunikasi menjadi lebih baik? Jangan lupa untuk membaca buku setiap harinya. Memiliki kebiasaan membaca buku meningkatkan kemampuan komunikasi dalam otak. Selain itu, penambahan kosakata menjadi cara yang baik untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam keseharian.

Baca juga: 5 Cara Agar Anak Gemar Membaca

Itulah manfaat yang bisa dirasakan dengan memiliki kebiasaan membaca. Carilah buku yang menarik untuk kamu baca, dan luangkan waktu untuk memulai kebiasaan yang positif.

Referensi:
Bustle. Diakses pada 2020. What Does Reading Do To Your Brain? These 5 Effects Are Pretty Astounding
Huffpost. Diakses pada 2020. Five Ways Reading Can Improve Health and Well Being
The Best Brain Possible. Diakses pada 2020. 7 Ways Reading Benefits Your Brain
Caring Everyday. Diakses pada 2020. The Benefits of Reading for The Brain