• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Self Care untuk Kesehatan Mental

Pentingnya Self Care untuk Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Self care atau perawatan diri adalah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan rasa kesejahteraan diri sendiri. Ini merupakan hal yang penting untuk kesehatan mental dan kesehatan secara keseluruhan. Ironisnya, kegiatan ini sering diabaikan. 

Setiap orang memiliki kondisi kesehatan mental yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perawatan diri yang dibutuhkan juga berbeda. Penting untuk meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal demi meningkatkan kesejahteraan kamu sendiri.  

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Meski Sedang Stres

Apa Saja yang Termasuk dalam Self Care?

Secara umum, self care juga hal yang perlu dilakukan untuk keberhasilan proses pemulihan dari gangguan mental. Orang-orang yang dalam proses pemulihan menemukan bahwa kesehatan fisik, spiritual, dan emosi mereka semuanya terhubung dan saling mendukung. Merawat semua aspek diri dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, baik fisik maupun mental. Melansir dari Mental Health America, terdapat langkah yang bisa dilakukan sebagai self care, antara lain:

  • Menjalani Hidup Sehat. Misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat, cukup tidur, olahraga teratur, serta hindari narkoba dan alkohol. Mengelola stres dan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin juga termasuk dalam upaya menerap pentingnya kan hidup sehat.

  • Menjaga Kebersihan. Kebersihan yang baik penting untuk alasan sosial, medis, dan psikologis. Tidak hanya ampuh mengurangi risiko penyakit, tetapi juga meningkatkan cara orang lain memandang diri dan cara kamu memandang diri sendiri.

  • Temui Teman. Jalinlah pertemanan yang sehat untuk membangun rasa kepemilikan. Kamu bisa mempertimbangkan untuk bergabung dengan grup pendukung untuk mendapatkan teman baru. Jika kamu ragu untuk bercerita ke orang terdekat, kamu bisa chat psikolog di Halodoc. Psikolog akan membantu dan memberikan saran yang berguna untuk meningkatkan taraf kesehatan mental kamu. 

  • Lakukan Hobi. Cobalah melakukan sesuatu yang kamu sukai setiap hari. Bisa dengan menari, menonton acara TV favorit, berkebun, melukis, atau membaca.

  • Relaksasi. Ini juga penting sebagai bagian self care. Caranya dengan melakukan meditasi, yoga, pijat, mandi, atau berjalan di hutan.

Perawatan diri mendorong perbaikan diri dengan istirahat dan relaksasi, yang bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Ketika harga diri dan kesadaran diri kamu meningkat, itu memiliki efek positif pada pola pikir secara keseluruhan. Hal ini juga membuat kamu memiliki kualitas hubungan yang baik dengan orang lain. 

Baca juga: Ini Penjelasan Mengapa Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Mengalami Depresi

Jadwalkan Perawatan Diri

Perawatan diri meningkatkan kualitas kehidupan kamu di berbagai bidang dan dengan cara yang berbeda, yang semuanya penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Mempraktikkan perawatan diri juga memberikan efek luar biasa pada kesehatan mental. Namun, seperti yang sebelum dibahas, kadang tidak semua bisa meluangkan waktu dan energi mereka untuk melakukan hal ini. 

Tidak hanya kurangnya energi atau waktu, situasi keuangan atau perasaan mementingkan diri sendiri atau rasa bersalah juga merupakan faktor yang berkontribusi diabaikannya langkah perawatan diri. Banyak yang berpendapat bahwa mempraktikkan perawatan diri membuat kamu tampak egois. Faktanya, hal ini penting untuk menjaga kesehatan mental.

Padahal dengan perawatan diri secara teratur, kesadaran diri akan meningkat. Kamu tidak akan lagi terpaku menjalankan sesuatu yang sudah dinikmati, tetapi kamu juga bisa berkembang dan mencoba hal-hal baru. Hal ini pun memungkinkan kamu untuk mencari tahu apa yang disukai dan tidak. Jika menemukan minat baru pun, hal ini berpotensi menciptakan gairah dan tujuan baru.

Referensi:

Mental Health America. Diakses pada 2020. Taking Good Care Of Yourself.
Psychreg. Diakses pada 2020. Why Self-Care is Vital to Our Mental Health.