• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ragam Buah yang Bisa Dijadikan Infused Water

Ragam Buah yang Bisa Dijadikan Infused Water

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Infused water adalah cara kreatif dan sehat untuk tetap terhidrasi dengan memberikan rasa pada minuman tanpa perlu menambahkan gula atau perasa buatan. Dengan meminum infused water, sama saja dengan mengonsumsi air murni yang diresepkan dengan bahan-bahan alami. 

Ini adalah situasi yang baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh adalah meningkatkan sistem metabolisme, mengisi perut sehingga hanya ada sedikit ruang untuk ngemil, serta membantu tubuh melepaskan sel-sel lemak berlebih. Informasi selengkapnya mengenai infused water bisa dibaca di bawah ini!

Buah Pilihan untuk Infused Water

Sebenarnya menyoal ragam buah tergantung dengan selera. Berikut ini alternatif kombinasi yang bisa kamu gunakan sebagai isian infused water:

  • Mentimun + jeruk nipis + strawberry + mint
  • Lemon + raspberry + rosemary
  • Oranye + blueberry + basil
  • Mentimun + akar jahe + kemangi
  • Semangka + melon + mint
  • Mentimun + mint + jalapeno
  • Lemon + thyme
  • Jeruk + semangka + cengkeh
  • Jeruk + kayu manis + kapulaga + cengkeh
  • Pir + adas

Kalau pilihan buah merupakan opsi bebas personal, tetapi soal suhu dan durasi merendam irisan buahnya ada rekomendasi yang sebaiknya kamu ikuti. Ada baiknya infused water berada pada suhu kamar selama tidak lebih dari 2 jam. 

Baca juga: Benarkah Air Alkali Bermanfaat untuk Kesehatan?

Setelah itu, letakkan di lemari es untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Mentimun, buah jeruk, melon, dan mint harus diminum segera. Sedangkan apel, kayu manis, jahe segar, dan rosemary perlu direndam semalaman di lemari es.

Melon dan irisan stroberi tidak begitu baik bila lama-lama direndam dan tidak langsung diminum. Sedangkan jeruk dan buah beri utuh cukup awet, bahkan setelah berjam-jam di lemari es. Setelah 4 jam, kulit jeruk bisa membuat air terasa pahit. 

Untuk membuat kendi besar berisi infused water, kupas jeruknya sebelum direndam. Atau kamu bisa merendamnya tanpa kulit selama 4 jam untuk menghilangkan rasa pahit dan menambahkan irisan segar untuk penampilan saat hendak disajikan.

Baca juga: Perut Rata dengan Infused Water Lemon, Benarkah?

Butuh informasi lebih lengkap mengenai manfaat infused water untuk kesehatan, tanyakan saja langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja. 

Menurut Dr. Arturo Olivera, ahli gastroenterologi di Advocate Illinois Masonic Medical Center di Chicago, manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan infused water sebagian besar adalah karena air itu sendiri, sedangkan tambahan irisan buah tidak memberikan manfaat yang signifikan. 

Air sendiri adalah sangat baik perannya terhadap fungsi pencernaan. Pencernaan yang lebih mudah adalah salah satu manfaat terbesar air. Sementara itu, buah-buahan dan sayuran yang dikenal membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, jika dikaitkan dengan infused water perannya sangat kecil. 

Kalau memang ingin mendapatkan manfaat lebih maksimal, ada baiknya untuk mengonsumsi buah dan sayuran secara langsung. Walaupun begitu, infused water bolehlah menjadi pilihan sehat dan dianggap sebagai alternatif yang bagus sehingga membantu menambah rasa pada air. Jadinya, membuat kamu termotivasi untuk mencapai jumlah konsumsi air yang direkomendasikan per harinya.

Referensi:

Allrecipes. Diakses pada 2020. Quench Your Thirst Beautifully With Flavor-Infused Water.
Aquavida. Diakses pada 2020. The health benefits of drinking fruit infused water.
Heath enews. Diakses pada 2020. Is detox water healthier than regular water?