Ragam Makanan Korea yang Sehat Ini Patut Dicoba

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Juni 2021
Ragam Makanan Korea yang Sehat Ini Patut DicobaRagam Makanan Korea yang Sehat Ini Patut Dicoba

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu termasuk pecinta makanan Korea? Jika iya, mungkin dirimu bertanya-tanya apa saja sih makanan sehat Korea yang patut dicoba? Nah, ternyata ada beragam makanan Korea menyehatkan yang bisa kamu coba.

Menariknya lagi, beberapa makanan Korea dianggap lebih sehat dibandingkan jenis masakan Asia lainnya karena menggunakan lebih sedikit lemak. Makanan Korea menggunakan lebih sedikit minyak daripada banyak masakan Cina. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi asupan lemak pada tubuh tiap harinya.  

Lantas, apa saja sih makanan Korea yang menarik untuk dicicipi?

Baca juga: Perawatan Ala Korea untuk Menjaga Kesehatan Kulit

1. Broccoli, Mushroom, dan Sesame Salad

Salad segar ini bisa disajikan sebagai starter atau makanan pembuka. Makanan ini bisa dikombinasikan dengan minyak wijen pedas dan cuka apel asam. Bisa juga ditambahkan dengan gochugaru atau bubuk cabai bagi kamu yang menyukai makanan pedas. 

2. Kimchi

Makanan Korea yang populer ini adalah asinan kubis yang pedas dan sering dikombinasikan dengan ikan. Makanan ini baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.

Kimchi adalah makanan fermentasi yang diisi dengan probiotik yang baik untuk kesehatan tubuh. Menariknya lagi, kimchi mengandung rendah lemak dan kalori, sehingga dapat meminimalkan kenaikan berat badan. 

3. Soy Glazed Tofu Salad

Salad yang menyehatkan ini menjadi pilihan sebagai menu pembuka. Di samping itu, makanan yang kaya sayur-sayuran ini juga cocok dijadikan menu untuk untuk para vegetarian. 

Baca juga: 6 Superfood untuk Tumbuh dan Kembang Anak

4. Soy Milk Noodle Soup

Makanan Korea lainnya yang menyehatkan adalah soy milk noodle soup. Makanan ‘ringan’ dan kaya nutrisi ini dapat membuat perut kenyang lebih lama. Makanan ini dibuat dengan susu kedelai dan mi gandung encer. Sudah tahu kan manfaat kedelai dan gandum bagi tubuh?

Susu kedelai mengandung banyak protein dengan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi. Susu kedelai juga kaya vitamin D, B12, zinc, lemak sehat (omega-3), yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Gandum mampu mencegah dan mengatasi sembelit, serta mendukung fungsi sistem pencernaan yang sehat. 

Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai makanan yang baik untuk sistem pencernaan, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

5. Mixed Rice Bowl with Beef

Mixed rice bowl with beef juga biasa disebut bibimbap. Bibimbap berisi nasi putih, sayuran, daging, telur, dan tambahan saus gochujang. Bibimbap diisi dengan sayuran sehat, dan untungnya sayuran apa pun yang kamu miliki di lemari es bisa digunakan. 

6. Soy dan Sesame Spinach

Makanan Korea yang satu ini juga tak kalah menyehatkannya. Kedelai dan sayur banyak mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayur mengandung vitamin A, B kompleks, C, E, kalsium, kalium, asam folat, zat besi, dan magnesium.

Makanan Korea ini semakin nikmat bila disajikan dalam suhu dingin. Semakin lezat lagi bila dikombinasikan sayuran bayam dengan minyak wijen dan kecap.

Baca juga: Alasan Psikologis Kenapa Drama Korea Begitu Digemari

7. Makanan Lainnya

Selain lima menu di atas, terdapat makanan Korea yang menyehatkan lainnya, antara lain:

  • Bulgogi (daging sapi panggang).
  • Mandoo guk (sup daging sapi).
  • Kimchi jjigae (sup kimchi pedas).
  • Galbi tang (sup iga sapi).
  • Sundubu jjigae (sup tahu lembut).
  • Oi Naengguk (sup mentimun dingin).
  • Jang uh gui (belut panggang).
  • Panchan atau banchan (berbagai macam makanan kecil dengan nasi).
  • Pa Jun (pancake Korea dengan daun bawang).
  • Gimbap (gulungan nasi rumput laut).
  • Lumpia dengan sayuran asalkan tidak digoreng.

Bagaimana, tertarik mencoba makanan Korea di atas?

Agar tubuh semakin sehat dan sistem kekebalan tubuh senantiasa terjaga di tengah pandemi, kamu bisa membeli suplemen atau vitamin menggunakan aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu repot keluar rumah. Sangat praktis, bukan? 



Referensi:
Shape. Diakses pada 2021. 9 Healthy Korean Recipes You Can Make at Home
Verywell Fit. Diakses pada 2021. Healthy Korean Food Choices

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan