• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Redakan Stres dengan Lakukan 5 Teknik Relaksasi Ini

Redakan Stres dengan Lakukan 5 Teknik Relaksasi Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Biasanya kalau kamu sedang capek dan stres, pasti salah satu yang dilakukan adalah menyalakan televisi dan rebahan di sofa atau tempat tidur. Padahal, menonton televisi atau hanya rebahan saja ini tidak banyak mengurangi dampak buruk dari stres. Cara yang paling ampuh untuk meredakan stres dengan mengaktifkan respons relaksasi alami tubuh. Cara mengaktifkannya dengan melakukan teknik relaksasi. Apakah kamu sudah pernah coba sebelumnya? Kalau belum, simak ulasan berikut ini. 

Baca juga: 4 Tanda yang Muncul di Tubuh Saat Mengalami Stres

Teknik Relaksasi untuk Meredakan Stres

Berikut ini teknik relaksasi yang dihimpun dari Harvard Health Publishing untuk membantu membangkitkan respons relaksasi dan mengurangi stres, yaitu:

  1. Fokus Bernapas

Fokus bernapas adalah teknik paling sederhana tapi bisa menghasilkan efek yang kuat. Cara untuk melakukannya, kamu harus mengambil napas panjang, lambat dan dalam. Cara ini dikenal sebagai pernapasan perut. Saat bernapas, cobalah untuk melepaskan pikiran sensasi yang mengganggu secara perlahan.

Fokus napas dapat membantu orang dengan gangguan makan untuk membantu mereka fokus pada tubuh mereka dengan cara yang lebih positif. Namun, teknik ini mungkin tidak sesuai untuk mereka yang memiliki masalah kesehatan yang membuat sulit bernapas, seperti penyakit pernapasan atau gagal jantung.

  1. Pemindaian Tubuh

Teknik ini memadukan fokus napas dengan relaksasi otot progresif. Setelah bernapas dalam beberapa menit, kamu harus fokus pada satu bagian tubuh atau kelompok otot sekaligus. Setelah itu, lepaskan ketegangan fisik yang kamu rasakan. Pemindaian tubuh membantu meningkatkan kesadaran  tentang koneksi pikiran dan tubuh. Jika kamu baru saja menjalani operasi yang memengaruhi citra tubuh, teknik ini mungkin kurang membantu untuk kamu.

  1. Tenangkan Pikiran dan Meditasi

Kamu membutuhkan memori yang menenangkan, tempat, atau pengalaman dalam pikiran untuk membantu tetap rileks dan fokus. Kamu bisa dapat mencari aplikasi dan rekaman online dari adegan yang menenangkan juga jika kesulitan mengingat. Menenangkan pikiran bisa membantu kamu dalam memperkuat visi positif tentang diri sendiri. Namun, teknik ini sulit untuk mereka yang memiliki pikiran yang mengganggu.

Latihan ini melibatkan duduk dengan nyaman, fokus pada pernapasan, dan membawa perhatian pikiran ke saat ini tanpa hanyut dalam keprihatinan tentang masa lalu atau masa depan. Teknik ini dinilai bermanfaat bagi orang yang mengidap kecemasan, depresi, dan rasa sakit.

Baca juga: Hilangkan Stres dengan Meditasi

  1. Yoga, Tai Chi, dan Qigong

Ketiga praktik kuno ini menggabungkan pernapasan berirama dengan serangkaian postur atau gerakan yang mengalir. Aspek fisik dari praktik-praktik ini menawarkan fokus mental untuk membantu mengalihkan perhatian kamu dari pikiran yang mengganggu. 

Praktik ini juga meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Namun, orang biasanya tidak aktif, memiliki masalah kesehatan atau kondisi yang menyakitkan atau melumpuhkan, teknik relaksasi ini mungkin terlalu sulit.

  1. Doa Berulang-ulang

Cara melakukan teknik ini, kamu perlu berdoa dalam diam dan mengulangi doa pendek atau frasa dari doa sambil mempraktikkan fokus napas. Metode ini mungkin sangat menarik jika agama atau spiritualitas sangat bermakna bagi kamu.

Untuk memilih teknik mana yang paling cocok, kamu mungkin perlu mencoba beberapa teknik tersebut. Cobalah berlatih setidaknya selama 20 menit sehari. Walaupun hanya beberapa menit, teknik ini bisa membantu. Semakin lama dan semakin sering kamu mempraktikkan teknik relaksasi ini, semakin besar manfaatnya dan semakin banyak stres yang bisa kamu atasi.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Meski Sedang Stres

Bukan cuma meredakan stres dan kecemasan sehari-hari, latihan secara teratur juga membantu  meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan energi dan suasana hati, serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Kalau kamu masih kesulitan untuk mengatasi stres, kamu bisa bicara dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc untuk mencari penanganan lainnya. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi psikolog kapan saja dan di mana saja.

Referensi :
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. Six relaxation techniques to reduce stress.
Help Guide. Diakses pada 2020. Relaxation Techniques for Stress Relief.