• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sajian Sehat Natal dari Berbagai Negara

Sajian Sehat Natal dari Berbagai Negara

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Tidak terasa sebentar lagi Natal akan tiba, dan kemeriahan ini tidak hanya dirayakan secara religius saja melainkan juga menjadi ajang silaturahmi bersama keluarga. Pastinya, kumpul bersama keluarga tidak lengkap dengan sajian makanan.

Tidak berbeda dengan hari besar lain, Natal juga kerap penuh dengan sajian kue kering, makanan manis, serta menu berat berkalori dan kaya akan protein hewani. Namun, jangan sampai “kelepasan” makan terlalu banyak, bisa-bisa kolesterol naik dan selesai Natal jadi sakit. Yuk, simak sajian sehat Natal dari berbagai negara di bawah ini!

Menu Sehat Natal

Natal menjadi tradisi keluarga yang erat kaitannya dengan makanan. Setiap negara memiliki sajian makanannya masing-masing. Biasanya masyarakat Amerika selalu menyiapkan hidangan kalkun saat Natal. 

Kemudian kalau dari Puerto Rico terkenal dengan eggnog, adalah minuman yang terbuat dari kuning telur yang dikocok bersama air, gula, dan susu. Mirip seperti sajian teh susu telor? Benar, tetapi kalau eggnog ditambah dengan bubuk vanili, pala, dan kayu manis. 

Baca juga: 6 Perawatan Wajah Wajib Sebelum Rayakan Natal

Kalau di Swedia, biasanya erat dengan hidangan ikan dan daging. Kalau di Jepang sendiri biasanya malah mereka menyajikan menu ayam goreng sebagai hidangan Natal. Sedangkan di Portugal punya sajian spesial yang sehat, yaitu ikan cod dan kentang rebus.

Sebagai informasi ikan cod adalah ikan yang sehat dengan kandungan protein, vitamin B, dan mineral, baik untuk kesehatan. Ikan cod kerap direkomendasikan buat orang yang sedang ingin menjalani hidup sehat. 

Soalnya konsumsi ikan kod dapat menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan sehat, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan mendukung fungsi otak. Ikan kod sering disebut sebagai ikan tanpa lemak yang padat nutrisi dan memiliki sedikit kalori.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat ikan cod, tanyakan langsung saja di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Tradisi menu makanan yang berbeda bisa kamu temui di negara-negara Eropa Timur. Lithuania, Polandia, dan Ukraina menawarkan variasi menu santap Natal yang unik. Pilihan hidangan ikannya adalah ikan haring, ikan mas, dan jamur.

Kemudian untuk minuman, mereka cenderung menambahkan buah-buah kering, termasuk juga cranberry. Jerman memiliki tradisi yang kurang lebih sama, seperti di negara-negara di Benua Amerika. Jenis sajian yang mendominasi adalah menu daging, tetapi dengan ragam varian, mulai dari bebek, angsa, kelinci yang dipanggang dengan kentang dan kol.

Baca juga: Liburan Natal Enggak Keluar Rumah? Jangan Stres, Hindari Makanan Ini

Jerman dikenal dengan konsep makanannya yang yang lengkap dengan sajian menu penutup. Untuk hidangan penutup, menu masakan Natal di Jerman disajikan dengan roti buah dari kacang-kacangan, rempah-rempahan, dan buah kering yang ditaburi gula bubuk.

Tetap Sehat saat Menikmati Natal

Jangan biarkan Natal membuat kamu meluputkan masalah kesehatan. Bagaimana caranya untuk tetap menjaga lingkar pinggang supaya tidak melonjak? Selengkapnya bisa kamu baca di sini!

  1. Jangan Duduk Sepanjang Hari

Natal memang sangat istimewa, tetapi jangan terlalu lama terbuai, sehingga kamu mengabaikan hal-hal lain. Tetaplah jalani aktivitas seperti biasa, dan senantiasa aktif. 

  1. Makan Buah

Mengonsumsi buah akan membantu metabolisme tetap lancar dan mencegah sembelit.

  1. Memilih Makanan yang Lebih Sehat

Boleh sih, menikmati santapan Natal, tetapi jangan terlalu berlebihan yang bisa-bisa membuat berat badan meningkat. Pilih pengolahannya, misalnya jangan digoreng dan batasi jumlah makanan yang dimakan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Is Cod Healthy? Nutrition, Calories, Benefits, and More.
Independent.co.uk. Diakses pada 2019. What Christmas Dinner Looks Like Around The World.