• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidak Disadari, Inilah 5 Kesalahan saat Membersihkan Rumah

Tidak Disadari, Inilah 5 Kesalahan saat Membersihkan Rumah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Tidak Disadari, Inilah 5 Kesalahan saat Membersihkan Rumah

Halodoc, Jakarta - Menjaga kebersihan rumah nyatanya tidak kalah pentingnya dengan menjaga kebersihan tubuh. Rumah sebagai tempat istirahat dan berlindung adalah area yang benar-benar harus dijaga kebersihannya. Apalagi sebagian besar orang juga lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Jadi, tugas membersihkan rumah adalah hal yang wajib dilakukan setiap hari. 

Sayangnya, membersihkan rumah jarang menjadi hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Jadi tak heran kadang seseorang membersihkan rumah dengan asal, sehingga rumah benar-benar belum sepenuhnya bersih. Ingat, meskipun pekerjaan ini tak menyenangkan, kamu tetap harus melakukannya dengan efisien. Selain itu, kamu juga perlu menghindari kesalahan-kesalahan dalam membersihkan rumah agar tidak menambah masalah. 

Berikut akan dibahas beberapa kesalahan saat membersihkan rumah yang sering orang lakukan tanpa sadar:

Baca juga: Rumah Nyaman Rahasia Mental Sehat

Menggunakan Satu Kain Pembersih untuk Beberapa Area

Salah satu kesalahan besar yang biasa dilakukan saat membersihkan rumah adalah menggunakan satu kain untuk permukaan yang berbeda. Kamu pasti tidak pernah membersihkan dengan kain yang sama untuk dapur dan kamar mandi kan? Jangan pernah lakukan hal ini karena ini adalah cara tercepat menyebarkan kuman ke seluruh rumah. 

Pastikan kamu memilih kain dengan warna berbeda untuk area berbeda. Misalnya biru untuk kamar mandi, hijau untuk dapur, merah untuk ruang tamu, dan semacamnya. Pastikan juga kamu mencucinya secara teratur dan benar. Setelah kamu membersihkan secara besar-besaran di kamar mandi atau area lain, segera cuci kain tersebut sesudahnya. Cuci kain pembersih secara terpisah dari cucian lain. Ini adalah cara terbaik untuk menyingkirkan kuman dari rumah. 

Menghabiskan Banyak Uang untuk Produk Pembersih Mahal

Apakah kamu mudah terbujuk rayu strategi pemasaran alat-alat kebersihan mewah yang beredar di media sosial? Sebaiknya jangan terlalu menghabiskan banyak biaya untuk membeli alat-alat pembersih, pasalnya produk kuno dan alami sering kali jauh lebih efektif daripada produk pembersih kekinian. Bahan-bahan pembersih juga kadang mengandung banyak bahan kimia yang berdampak buruk bagi lingkungan. Jadi, cobalah menghemat banyak uang dan pilih produk pembersih yang lebih alami. 

Baca juga: Ternyata, Rajin Membersihkan Rumah Bisa Bikin Panjang Umur

Tidak Membersihkan Toilet secara Keseluruhan

Tahukah kamu bagian toilet yang dudukan toiletnya terhubung ke mangkuk? Kemungkinan kamu pasti tidak membersihkan area tersebut. Ini adalah salah satu kesalahan saat membersihkan rumah, karena area ini cenderung menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Jadi, kapan pun kamu akan membersihkan dudukan toilet, pastikan membersihkannya secara keseluruhan. Jangan lupa juga bersihkan tombol flush atau pegangannya. Orang-orang akan menyentuhnya setiap saat saat menggunakan kamar mandi, sehingga ini adalah tempat berkembang biaknya kuman jahat.

Menyemprotkan Produk Pembersih Langsung ke Permukaan

Ini adalah salah satu kesalahan besar yang sangat banyak dilakukan orang saat membersihkan rumah. Biasanya, kamu cukup semprotkan produk pembersih ke permukaan, dan lap area tersebut. Sayangnya, ini adalah cara yang keliru. Untuk sebagian besar permukaan, sebaiknya semprotkan produk pembersih ke kain pembersih atau handuk, lalu menyekanya ke permukaan. Dengan cara ini, kamu tidak akan merusak atau menodai permukaan, juga tidak akan menggunakan terlalu banyak produk. Terlalu banyak produk di permukaan bisa menimbulkan efek buruk dan malah tidak membersihkannya sama sekali.

Mengepel Lantai dengan Air Hangat

Apakah kamu pernah melihat noda membandel di lantai dan langsung menggunakan air hangat untuk membersihkannya? Mungkin beberapa orang pernah melakukannya, dan ini juga salah satu cara yang keliru. Jika kamu mengepel lantai dengan cairan pembersih dan air, sebaiknya tidak menggunakan air panas. Alasannya, pertama, air panas benar-benar bisa merusak lantai, tergantung permukaannya. Kedua, air panas akan menguap lebih cepat dan meninggalkan banyak sisa sabun di lantai. Jadi lebih baik gunakan air yang lebih dingin. Jika kamu masih ingin menggunakan air hangat, akan lebih efektif jika tidak menggunakan cairan pembersih, jadi hanya kain pel dan air hangat saja. 

Baca juga: 5 Pekerjaan Rumah Ini Setara dengan Olahraga Ringan

Itulah beberapa kesalahan dalam membersihkan rumah. Namun, jika suatu saat kamu pernah mengalami gatal-gatal usai membersihkan rumah yang kamu curigai merupakan gejala alergi, atau mungkin gatal-gatal akibat kutu kasur atau serangga di dalam rumah, segera diskusikan dengan dokter di Halodoc. Kamu bisa minta saran kesehatan apapun pada dokter di Halodoc, mulai dari masalah alergi, gatal-gatal akibat gigitan serangga, dan masalah lainnya. Ambil smartphone-mu dan manfaatkan fitur chat dokter, kapan dan di mana saja! 

Referensi:
Polo & Tweed. Diakses pada 2020. 7 Things You Are Doing Wrong When Cleaning The House.
Taste of Home. Diakses pada 2020. 10 Cleaning Mistakes That Are Actually Making Your Home Dirtier.