Umur Berapa Bayi Bisa Melihat dengan Jelas?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 April 2021
Umur Berapa Bayi Bisa Melihat dengan Jelas?Umur Berapa Bayi Bisa Melihat dengan Jelas?

Halodoc, Jakarta – Sama seperti halnya berjalan dan berbicara, kemampuan penglihatan bayi juga berkembang secara bertahap seiring berjalannya waktu. Bayi yang baru lahir belum bisa melihat dengan sempurna, namun penglihatannya akan semakin tajam dalam beberapa bulan setelah lahir.

Saat penglihatan bayi sudah menajam, ia akan mulai mengamati lingkungan sekitar, mengikuti objek dan belajar lebih banyak tentang dunia di sekitar mereka. Penting bagi orangtua untuk memantau kesehatan mata bayi, karena mata yang sehat dan penglihatan mata yang baik penting untuk perkembangan kognitifnya. Lantas, umur berapa bayi bisa melihat dengan jelas? Berikut ulasannya.

Baca juga: Cara Melatih Perkembangan Mata Anak Lewat Permainan

Kapan Bayi Bisa Melihat dengan Jelas?

Bayi akan bisa melihat dengan cukup jelas pada saat ia berusia 12 bulan. Namun, penglihatannya belum berkembang sepenuhnya sampai ia berusia antara 3 dan 5 tahun. Penglihatan bayi meningkat secara dramatis selama satu tahun pertama. Saat baru lahir, dunia memang terlihat buram bagi bayi.

Namun, ia bisa mendeteksi cahaya dan gerakan, kemudian ia juga bisa melihat wajah dan bentuk besar. Untuk memastikan mata bayi dalam kondisi yang baik dan refleksnya berfungsi, dokter akan memeriksa mata bayi di ruang bersalin atau kamar bayi segera setelah ia lahir. Pada akhir bulan pertama, bayi bisa melakukan kontak mata dan fokus pada objek yang jaraknya sekitar 12 inci.

Pada saat bayi berusia 3 hingga 4 bulan, ia bisa membedakan warna dan fokus pada objek yang lebih kecil. Saat persepsi kedalamannya meningkat, ia bisa fokus pada objek yang berjarak hingga 3 kaki dan melihat aktivitas di sekitarnya. Bila ibu memindahkan mainan dari satu sisi ke sisi lain beberapa inci di depan wajahnya, matanya akan mulai mengikuti objek tersebut. Keterampilan ini dikenal sebagai ‘tracking’.

Namun, bila bayi ibu tidak mengikuti benda yang bergerak, atau bila ia tampak kesulitan menggerakkan salah satu atau kedua matanya ke arah manapun pada usia 4 bulan, coba bicarakan dengan dokter mata anak.  

Pada usia 4-6 bulan, bayi seharusnya bisa melihat lebih banyak warna sekarang, dan matanya lebih terkoordinasi, mencari dan mengikuti objek yang bergerak. Ia juga sudah mulai bisa mengenali wajah ibu dan pasangan dan meniru ekspresi wajah ibu, yang artinya ibu bisa melihat senyum pertama Si Kecil.

Pada usia 7-9 bulan, penglihatan bayi berkembang lebih jauh. Penglihatannya terus meningkat dalam hal ketajaman dan kedalaman visual, serta warna. Pada usia 1 tahun, bayi bisa melihat sesuatu dengan jelas, baik dekat maupun jauh. Ia juga bisa dengan cepat fokus melihat bahkan pada objek yang bergerak cepat.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Bayi Jarang Berkedip?

Kapan Harus Memeriksakan Mata Bayi ke Dokter?

Pemeriksaan kesehatan rutin anak biasanya mencakup penilaian penglihatan dasar, namun Si Kecil mungkin tidak akan menjalani pemeriksaan penglihatan formal sampai ia berusia 3-5 tahun.

Meskipun masalah penglihatan yang serius jarang terjadi pada masa kanak-kanak, namun ibu bisa memeriksakan mata bayi yang baru lahir secara rutin untuk mendeteksi masalah mata apa pun sejak dini, apalagi bila ibu menemukan kondisi yang mencurigakan.

Misalnya, mata bayi tetap dalam posisi juling untuk jangka waktu yang lama, atau matanya berulang kali bergetar. Bila hal itu terjadi, segera buat janji dengan dokter mata agar dokter bisa memeriksanya. 

Baca juga: Kondisi Mata Bayi Prematur Bisa Dideteksi dengan Screening Retina, Benarkah?

Nah, jadi ibu sudah tidak bingung lagi kan mengenai umur berapa bayi bisa melihat dengan jelas. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan ibu menjaga kesehatan sang buah hati.

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2021. When will my baby see clearly?
The Bump. Diakses pada 2021. When Can Babies See Clearly?
Mother & Baby. Diakses pada 2021. When can babies see clearly? Everything you need to know about early eye development


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan