• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada 4 Bahaya Minum Soda selama Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada 4 Bahaya Minum Soda selama Hamil

Waspada 4 Bahaya Minum Soda selama Hamil

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 29 Oktober 2021
Waspada 4 Bahaya Minum Soda selama Hamil

Halodoc, Jakarta – Ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang kurang ramah bahkan bisa memicu gangguan jika dikonsumsi selama masa kehamilan. Tidak hanya mengganggu calon ibu, mengonsumsi makanan maupun minuman sembarangan juga bisa meningkatkan risiko gangguan pada janin yang dikandung. 



Nyatanya, ada beberapa jenis asupan yang harus dihindari selama wanita mengandung. Apakah minuman bersoda salah satunya? Sebenarnya, dampak dari minum soda pada ibu hamil masih dipertanyakan. Sejauh ini, minuman bersoda tidak benar-benar dilarang, tapi ibu hamil sebaiknya waspada dan tidak sembarangan dalam mengonsumsinya. Mengingat, soda memiliki sejumlah kandungan sudah diketahui bisa berdampak buruk pada tubuh. Simak penjelasan selanjutnya di artikel ini!

Baca juga: Pentingnya Asupan Nutrisi bagi Ibu Hamil

Minuman Bersoda dan Dampaknya pada Ibu Hamil

Soda mengandung gula dan kalori yang tinggi, serta pemanis buatan. Kandungan-kandungan tersebut yang membuat soda menjadi minuman yang sebaiknya dibatasi, terutama pada ibu hamil. Kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda bisa meningkatkan risiko ibu melahirkan bayi secara prematur. Tidak hanya itu, berlebihan dalam mengonsumsi soda juga bisa memengaruhi bayi. 

Konsumsi minuman bersoda secara berlebihan bisa memengaruhi perkembangan Si Kecil dalam jangka waktu panjang. Ada beberapa dampak yang bisa muncul dari kebiasaan konsumsi minuman bersoda pada masa kehamilan, di antaranya: 

1.Obesitas pada Ibu dan Janin 

Risiko obesitas alias kelebihan berat badan menjadi lebih besar karena kandungan gula dan kalori yang tinggi pada minuman bersoda. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk membatasi bahkan menghindari konsumsi minuman bersoda. Kenaikan berat badan pada ibu hamil adalah kondisi yang tidak boleh diabaikan begitu saja, sebab bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional. Tidak hanya itu, kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, persalinan prematur, serta bayi lahir dengan berat badan berlebih. 

2.Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah 

Konsumsi soda secara berlebihan juga bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Bukan tanpa alasan, hal ini bisa terjadi karena minuman bersoda rata-rata memiliki kandungan kafein yang tinggi. Ibu hamil tidak boleh mengonsumsi kafein secara berlebihan, sebab bisa memberi dampak yang kurang baik. Kafein bisa menembus plasenta kemudian memengaruhi perkembangan janin dan meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. 

Baca juga: 4 Asupan Penting untuk Ibu Hamil yang Vegetarian

3.Kekurangan Kalsium 

Kekurangan kalsium juga bisa muncul akibat kebiasaan ibu hamil mengonsumsi minuman bersoda. Sebab, kandungan kafein pada jenis minuman ini bisa menghambat proses penyerapan kalsium. Kabar buruknya, saat hal itu terjadi ibu rentan mengalami osteoporosis sebagai dampaknya. Kurang asupan kalsium juga bisa menyebabkan meningkatkan kadar timbal dalam darah. Kondisi ini bisa mengganggu perkembangan otak janin. 

4.Memengaruhi Perkembangan Motorik 

Pada bayi, minuman bersoda bisa memicu gangguan pada perkembangan motorik halus nantinya. Wanita yang selama hamil banyak mengonsumsi gula, terutama gula dari soda, disebut cenderung melahirkan anak dengan dengan gangguan motorik, seperti memiliki ingatan yang lemah serta kemampuan memecahkan masalah yang buruk. 

Baca juga: Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin bagi Ibu Hamil

Cari tahu lebih lanjut seputar dampak konsumsi minuman bersoda pada ibu hamil dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Ibu juga bisa menyampaikan masalah kesehatan yang dialami selama hamil dan dapatkan tips mengatasi gangguan tersebut. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2020. Is it safe to drink caffeinated sodas when I'm pregnant?
Mom Junction. Diakses pada 2020. Is It Safe To Consume Soda And Diet Soda During Pregnancy?
WebMD. Diakses pada 2020. Soda During Pregnancy May Not Help Baby's Brain.
Parents. Diakses pada 2020. How Much Soda Can You Drink When Pregnant?