Asam Lambung Kambuh saat Puasa, Atasi dengan 4 Cara Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Asam Lambung Kambuh saat Puasa, Atasi dengan 4 Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Menjalani ibadah puasa adalah salah satu kewajiban umat Islam di seluruh dunia. Jika sejak kecil kebanyakan orang dilatih berpuasa, maka hal ini bukan sebuah hal yang berat. Kecuali bagi mereka yang mengidap masalah pencernaan seperti pengidap penyakit asam lambung. Mereka yang mengidap penyakit ini tidak hanya merasa tidak nyaman, aktivitas sehari-hari selama menjalankan ibadah puasa bisa terganggu.

Baca Juga: Meski Berpahala, Ketahui Bahaya Puasa Jika Dipaksakan

Atas dasar itu, mereka yang mengidap penyakit asam lambung harus mawas diri dan melakukan hal-hal yang disarankan agar penyakit ini tidak mengganggu ibadah puasa. Nah, berikut ini adalah cara mengatasi asam lambung naik saat puasa:

Perhatikan Asupan Makanan Saat Sahur dan Berbuka

Asam lambung akan mudah naik jika kamu makan sahur dan berbuka dengan makanan yang tidak tepat. Oleh karenanya, penting untuk memilih makanan yang bisa mencegah asam lambung naik saat puasa. Beberapa makanan yang bisa kamu pilih hindari antara lain  makanan yang pedas, asam, berlemak seperti gorengan dan santan, cokelat, minuman bersoda, dan kopi.

Sementara saat sahur, upayakan untuk makan lauk dengan sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, atau bayam untuk menjaga kesehatan lambung. Beberapa jenis sayuran tersebut rendah kandungan asam, sehingga akan meredakan kondisi refluks di perut. Untuk berbuka puasa, kamu bisa konsumsi minuman jahe hangat. Minuman ini memiliki sifat antiradang untuk mengatasi masalah asam lambung dan pencernaan lainnya.

Baca Juga: Alasan Puasa Bisa Sembuhkan Penyakit Asam Lambung

Perhatikan Juga Porsi Makan

Cara lainnya untuk mengatasi asam lambung adalah memerhatikan porsi makan. Hindari menyantap makanan dalam porsi besar, karena biasanya mengandung banyak minyak dan manis sehingga memicu refluks di lambung jadi naik.

Cegah asam lambung naik saat puasa dengan cara mengubah porsi makan jadi sedikit demi sedikit dulu diawali dengan minuman jahe hangat. Setelahnya, lanjutkan dengan makanan lain dengan porsi yang meningkat secara perlahan.

Kunyah Perlahan

Asam lambung bisa naik karena kebiasaan makan terlalu cepat. Mungkin kondisi lapar setelah seharian berpuasa menyebabkan kamu makan dengan lahap, namun dianjurkan untuk makan secara perlahan dan mengunyah makanan selembut mungkin supaya lebih mudah dicerna. Kebiasaan ini membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah sehingga mengurangi risiko asam lambung naik atau memperburuk gejala GERD yang kamu alami.

Hindari Terlalu Banyak Minum dan Langsung Tidur Setelah Makan

Bila saat makan sahur dan berbuka kamu terlalu sering minum air, ini bisa membuat perut menjadi kembung dan makanan menjadi sulit dicerna. Cobalah untuk memberi jeda setelah makan sahur atau berbuka untuk minum air. Lalu tidak lupa juga untuk tidak langsung tidur setelah sahur. Sebab kebiasaan ini hanya akan memicu refluks asam lambung naik ke kerongkongan bersamaan dengan makanan yang kamu konsumsi.

Baca Juga: Agar Maag Tak Lagi Kambuh, Begini Tips Atur Pola Makannya

Itulah kiat mengatasi penyakit asam lambung saat menjalani ibadah puasa. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar penyakit asam lambung, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan di mana saja melalui fitur Talk to A Doctor via Chat, dan Video/Voice Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!