17 April 2018

Bahaya Kutu Air yang Bikin Kaki “Nggak” Nyaman

Bahaya Kutu Air yang Bikin Kaki “Nggak” Nyaman

Halodoc, Jakarta – Meskipun terlihat sepele, ternyata kutu air bisa mengakibatkan infeksi kulit jika dibiarkan dan enggak segera mendapatkan penanganan. Tak hanya itu, yang menjadi bahaya kutu air lainnya adalah penyakit kulit satu ini juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya, mulai dari tangan, punggung, hingga pangkal paha dengan penularan yang amat cepat. Lalu, apa sih sebenarnya yang membuat sela jari kaki terkena kutu air?

Kondisi kaki yang lembab dan basah menjadi tempat terbaik untuk jamur berkembang biak. Inilah yang membuat kaki dengan mudah terserang kutu air. Selain itu, bahan sepatu dan kaos kaki yang kamu kenakan juga berpengaruh terhadap munculnya kutu air, lho. Hal ini disebabkan karena menggunakan kaos kaki atau sepatu dalam waktu lama akan membuat kaki berkeringat. Jika dibiarkan, bakteri dan jamur pun akan bermunculan.

Gejala awal yang akan kamu rasakan ketika kaki terkena kutu air adalah gatal yang diikuti dengan muncul selaput warna putih mirip sisik di sela-sela jari kaki. Jika sudah terinfeksi dan semakin parah, sela kaki akan pecah dan mengelupas serta menimbulkan rasa perih, terlebih ketika bersentuhan langsung dengan air. Jika didiamkan, kuku kakimu akan menjadi tebal dan luka tersebut bukan tidak mungkin akan berubah menjadi borok.

Jamur yang menyebabkan penyakit kurap pada kulit disinyalir juga menjadi penyebab utama munculnya kutu air atau yang lebih kerap disebut dengan istilah penyakit kaki atlet (tinea pedis) ini.  Oleh karena penularannya yang teramat cepat, maka kamu tidak disarankan berjalan tanpa alas kaki jika sedang terkena kutu air, karena akan mudah menyebabkan kontaminasi.

Baca juga:  6 Tips Atasi Bau Kaki yang Harus Ditiru

Mengobati Kutu Air yang Mengganggu

Pasti tidak nyaman rasanya beraktivitas dengan kaki gatal, perih, dan bau. Namun, kamu tidak perlu risau, karena penyakit kulit ini bisa disembuhkan dengan cara-cara alami berikut:

  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Cobalah mengoleskan minyak kelapa di bagian sela-sela kaki. Bahan ini mengandung suatu senyawa yang dinamakan asam laurat. Senyawa ini disinyalir efektif untuk menghilangkan jamur yang menyebabkan kutu air. Tak hanya itu, minyak kelapa juga berkhasiat sebagai pelembab alami dan zat antiinflamasi terbaik untuk kulit.

  1. Memanfaatkan Minyak Pohon Teh

Kutu air memang akan terasa perih saat bersentuhan dengan air. Namun, kamu bisa coba meringankan rasa perihnya dengan menggunakan air hangat yang telah dicampurkan dengan minyak pohon teh dan garam. Rendam kaki selama kurang lebih 30 menit, lalu secara perlahan, angkat sel kulit mati yang menempel di sela jari kaki. Meskipun begitu, pastikan bahwa kakimu benar-benar kering setelah merendamnya agar jamur tidak bersarang kembali.

  1. Memakai Bawang Putih

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan senyawa ajoene dalam bawang putih mampu mengobati penyakit kutu air yang mengganggu. Kamu bisa menggunakan air rendaman bawang putih atau campurkan dengan minyak zaitun lantas ditotolkan pada luka dengan menggunakan kapas atau cotton bud.

Baca juga: Bikin Ganggu, Cari Tahu 4 Penyebab Bau Kaki

Mencegah Si Kutu Air Datang Lagi

Sembuh dari bahaya kutu air yang mengganggu? Bukan berarti penyakit satu ini tidak akan datang lagi ya. Namun, kamu bisa kok, membuatnya tak mengganggu. Bagaimana caranya? Mudah banget, cukup lakukan tips di bawah ini, ya:

  • Selalu jaga kebersihan kaki ya. Cuci kaki setiap selesai beraktivitas dan jangan lupa pastikan kaki kering sepenuhnya.
  • Cuci sepatu minimal satu bulan sekali untuk mengusir bakteri dan jamur yang bersarang di dalamnya.
  • Tak hanya sepatu, kaos kaki yang kamu pakai juga harus diganti, minimal setiap dua hari sekali.
  • Agar kaki tidak berkeringat, sepatu yang kamu kenakan sebaiknya terbuat dari bahan yang memungkinkan kaki bisa bernafas, seperti misalnya kulit. Sebaiknya, hindari menggunakan sepatu berbahan plastik terlebih jika kamu melakukan aktivitas yang menuntut banyak gerakan.
  • Pelembab memang baik untuk kulit, tetapi jika kamu akan bepergian dengan memakai sepatu, sebaiknya jangan pakaikan pelembab pada kaki.

 

Nah, sudah tahu kan bagaimana bahaya kutu air yang mengendap di sela-sela jari kaki? Jika kutu air yang menyerang kaki sudah dalam keadaan yang parah, segera diskusikan ke dokter, ya. Kamu bisa memanfaatkan fitur interaksi dengan dokter di aplikasi Halodoc. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk membeli obat dari smartphone, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play Store sekarang!