05 September 2018

Bayi Jadi Sehat, Berikut 5 Makanan Agar ASI Ibu Berkualitas

ASI berkualitas, nutrisi ibu menyusui, bayi sehat

Halodoc, Jakarta – ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. ASI bisa digunakan sebagai antibodi alami dan juga sumber nutrisi bagi bayi. ASI sendiri mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi untuk masa pertumbuhan seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Maka tidak heran jika bayi diwajibkan mengonsumsi ASI selama 6 bulan penuh.

Untuk menghindari ibu tidak memproduksi ASI secara baik setelah kelahiran, sebaiknya ibu hamil harus mempersiapkannya sejak awal agar ASI yang dihasilkan lancar dan berkualitas. Banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah rasa percaya diri ibu. Dengan memiliki rasa percaya diri yang baik, ibu akan memproduksi hormon oksitosin yang berperan dalam memproduksi ASI.

Tidak dari faktor mental saja, ibu juga bisa memastikan kualitas ASI dari makanan yang ibu konsumsi. Berikut adalah makanan yang bisa ibu konsumsi agar ASI ibu berkualitas bagi perkembangan anak: 

1. Ikan Salmon

Ikan salmon memang menjadi salah satu makanan yang dikenal sebagai sumber protein. Tidak hanya sebagai sumber protein, nyatanya ikan salmon mengandung lemak esensial dan omega 3 di dalamnya yang bisa membuat ASI ibu menjadi lebih berkualitas. Meskipun ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan laut, ikan salmon memiliki kandungan merkuri paling rendah di antara jenis ikan laut lainnya. Maka dari itu, ikan salmon sangat aman untuk ibu konsumsi.

2. Susu Kedelai

Susu kedelai kaya akan kandungan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit ibu saja. Vitamin E berfungsi untuk meningkatkan hormon phytoestrogen yang memiliki manfaat baik untuk ibu menyusui. Hormon phytoestrogen adalah hormon estrogen yang diproduksi secara alami dan membantu kelenjar susu ibu agar memproduksi ASI lebih banyak dan berkualitas. Selain memperbanyak ASI, susu kedelai juga dapat menjaga daya tahan ibu, sehingga bisa menghindarkan ibu dari berbagai macam penyakit.

3. Beras Merah

Beras merah juga menjadi salah satu makanan terbaik bagi ibu menyusui. Beras merah mengandung senyawa galaktogogus yang baik untuk melancarkan ASI. Tidak hanya bagus untuk melancarkan ASI, beras merah juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga baik untuk pencernaan ibu. Selain itu, beras merah bisa membantu pemulihan ibu pasca melahirkan.

4. Daun Katuk

Daun katuk adalah salah satu sayuran yang cukup terkenal di kalangan ibu menyusui. Daun katuk memiliki kandungan laktagogum yang membuat ASI menjadi lancar dan berkualitas. Tidak hanya mengandung laktagogum, daun katuk juga mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin. Kadar prolaktin adalah zat yang berfungsi untuk mempercepat dan melancarkan produksi ASI.

5. Wortel

Banyak keuntungan yang ibu rasakan dengan mengonsumsi wortel pada saat menyusui. Wortel mampu membuat ASI lebih berkualitas dengan kandungan vitamin A di dalamnya. Banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk menikmati wortel sebagai booster ASI. Wortel bisa dijadikan sebagai sayuran pelengkap atau jus wortel.

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan proses pengolahan dari makanan tersebut agar kandungan vitamin dan nutrisi di dalam makanan tersebut tidak hilang. Jika ibu memiliki keluhan atau pertanyaan seputar produksi ASI, ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: