19 October 2018

Begini Cara Atasi Jerawat Pasir di Wajah

Begini Cara Atasi Jerawat Pasir di Wajah

Halodoc, Jakarta – Jerawat pasir adalah sebutan yang diberikan pada jenis jerawat yang muncul dalam jumlah banyak, tapi berbentuk kecil seperti pasir. Munculnya jerawat pasir memang kerap menjadi masalah karena bisa mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman. Lantas, apa yang harus dilakukan jika jenis jerawat ini menyerang? Bagaimana cara mengatasi jerawat pasir di wajah?

Pada dasarnya, jerawat pasir sama dengan jerawat biasa. Perbedaannya terletak pada bentuknya, sebab jerawat yang satu ini biasanya berukuran kecil dan berisi nanah atau kotoran serta lemak. Jenis jerawat yang menyerang secara bersamaan ini bisa memicu radang dan menyebabkan bagian kulit yang berjerawat menjadi kemerahan.

Jerawat pasir sering menyerang pada T zone alias zona T di wajah, yaitu pipi dan dahi. Zona ini disebut sebagai daerah yang paling banyak memproduksi minyak dibandingkan bagian lainnya di wajah. Bagian dahi biasanya juga lebih rentan karena sering terpapar minyak dari berbagai produk perawatan rambut.

Sama seperti jerawat pada umumnya, stres juga bisa menjadi salah satu faktor munculnya jerawat pasir di wajah. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat adanya perubahan dan ketidakseimbangan hormon, misalnya karena menstruasi, kehamilan, hingga menopause.

Mengatasi Jerawat Pasir yang Mengganggu

Sebenarnya, jerawat merupakan peradangan yang terjadi pada kulit. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya penyumbatan pada pori-pori kulit, hingga keberadaan bakteri di kulit yang menyebabkan infeksi. Tertutupnya pori-pori juga bisa terjadi akibat aktivitas berlebihan pada kelenjar minyak, tumpukan debu atau kotoran, dan kulit mati. Nah, salah satu cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dan mengurangi risiko jerawat menyerang adalah dengan rutin membersihkan wajah dan menggunakan produk perawatan sesuai kebutuhan.

Untuk mengatasi jerawat pasir, hal pertama yang perlu diketahui adalah apa penyebab dari peradangan yang terjadi. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah untuk menentukan jenis perawatan yang dibutuhkan dan menghilangkan jerawat pun akan lebih efektif.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat pasir di wajah, yaitu:

1. Komedo Putih

Whiteheads alias komedo putih yang datang secara “bergerombol” merupakan penyebab paling umum munculnya jerawat pasir di wajah. Komedo putih seringnya terbentuk karena pori-pori di wajah tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati. Kondisi tersebut menyebabkan bagian pori-pori menutup dan terlihat seperti benjolan kecil yang menonjol di kulit. Jika penyebab jerawat pasir adalah komedo putih, cobalah menggunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk mengatasinya.

2. Papula

Pecahnya dinding yang mengelilingi pori-pori dan memicu peradangan yang parah (papula) juga sering menjadi penyebab munculnya jerawat pasir. Kondisi ini menyebabkan iritasi dan menyebabkan pori-pori meradang. Untuk mengatasi jerawat yang terjadi karena kemunculan papula, gunakanlah produk yang mengandung benzoil peroksida.

Benzoil peroksida mampu mengurangi pembengkakan dan menyingkirkan bakteri yang ada di dalam kulit. Tak hanya itu, penggunaan produk yang mengandung benzoil peroksida juga bisa membantu mengontrol dan mengurangi kelebihan minyak di wajah.

3. Pustula

Pustula muncul sebagai dampak dari pecahnya dinding di sekitar pori-pori. Pustula akan terlihat seperti benjolan berwarna merah dan penuh nanah. Jerawat yang muncul akibat pustula biasanya terlihat seperti benjolan yang memiliki kepala kuning sebagai tanda adanya nanah di dalam. Jenis jerawat yang satu ini juga bisa ditangani dengan penggunaan produk yang mengandung benzoil peroksida.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan dan rekomendasi beli obat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc segera di App Store dan Google Play!

Baca juga: