07 January 2019

Begini Cara Cek Kesehatan Pakai BPJS

Begini Cara Cek Kesehatan Pakai BPJS

Halodoc, Jakarta - Seperti yang diketahui bersama, kesehatan adalah salah satu aspek yang paling penting dalam proses pembangunan bangsa. Kondisi kesehatan yang baik akan membuat masyarakat terus produktif sehingga cita-cita pembangunan pun dapat terwujud. Menjaga kesehatan memang tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi masyarakat juga wajib ikut serta menjaga kesehatan dengan menjaga kebersihan diri, lingkungan serta menjalani pola hidup sehat. Sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat, pemerintah sejak tanggal 1 Januari 2004 meresmikan BPJS Kesehatan. Kini kamu bisa cek kesehatan pakai BPJS secara gratis.

BPJS Kesehatan sendiri merupakan transformasi dari PT Askes (Persero) yang telah dipercaya pemerintah sebagai penyelenggara program jaminan sosial di bidang kesehatan.  Melalui BPJS Kesehatan, pemerintah hadir untuk memastikan seluruh penduduk Indonesia terlindungi oleh jaminan kesehatan yang komprehensif, adil, dan merata. Namun, sejauh apa kamu dapat memanfaatkan BPJS Kesehatan? Berikut ulasannya.

Biaya kesehatan kini harganya melonjak sehingga dengan menjadi anggota BPJS, maka hal ini akan menguntungkan kamu. Saat mengklaim BPJS Kesehatan untuk melakukan pengobatan, kamu bisa mendapatkan pengobatan secara gratis karena biayanya ditanggung pihak BPJS. Namun, beberapa jenis pengobatan dan perawatan masih membutuhkan biaya tambahan dari penggunanya. Biayanya tergantung pada kesesuaian jenis pengobatan dan perawatan yang dipilih saat berobat dan kategori BPJS yang dipilih saat mendaftar. Jika diteliti lagi, secara keseluruhan kamu akan diuntungkan dengan menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Baca Juga: 6 Tips Pilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Prosedur Berobat/Cek Kesehatan Pakai BPJS Kesehatan

Layaknya asuransi konvensional lainnya, agar biaya pengobatan bisa sepenuhnya ditanggung pihak BPJS maka kamu harus memenuhi aturan atau prosedur yang mereka miliki. Yang pertama kali wajib kamu pahami adalah, kamu tidak bisa langsung datang ke rumah sakit untuk mengklaim haknya.

Kamu wajib mendatangi datang ke Fasilitas Kesehatan (FASKES) 1 terlebih dulu seperti Puskesmas terdekat dari rumahmu. Jika memang membutuhkan penanganan yang lebih lanjut penyakit yang kamu alami, maka dokter di Puskesmas merujuk ke rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Dalam kondisi darurat, dan butuh penanganan cepat dan peralatan yang lebih lengkap, maka bisa saja kamu langsung ke rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Pasien dikatakan darurat jika ia dalam kondisi sakit yang bisa menyebabkan kematian maupun cacat.

Baca Juga: Sakit, Pilih Asuransi atau Biaya Sendiri?

Setelah mendapatkan surat rujukan untuk mendatangi rumah sakit, maka kamu wajib datang tidak terlambat dengan membawa beberapa kelengkapan lain, seperti:

  • Kartu BPJS asli beserta fotokopinya.

  • Fotokopi KTP yang masih berlaku.

  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga).

  • Fotokopi surat rujukan dari FASKES 1

Apabila sudah melakukan semua tahap prosedur dengan baik, maka kamu bisa cek kesehatan pakai BPJS secara gratis. Perlu diingat, tidak semua pengobatan dapat ditanggung BPJS. Terdapat beberapa pengecualian yang akan membuat kamu wajib mengeluarkan biaya tambahan. Pengecualian saat berobat pakai BPJS antara lain:

  • Munculnya obat dari rumah sakit yang tidak tercover atau tidak masuk daftar obat yang ditanggung BPJS.

  • Beban biaya kelas perawatan. Hal ini dikarenakan kelas perawatan maksimal yang diberikan oleh BPJS Kesehatan adalah Kelas 1. Jadi bila pasien atau peserta jaminan kesehatan ingin dirawat di kelas perawatan yang lebih tinggi, misalnya VIP atau VVIP, maka ada selisih biaya yang harus ditanggung dan hal itu menjadi beban dan kewajiban peserta BPJS.

Selain itu, BPJS tidak bisa menjamin medical check up, atau melakukan tes laboratorium atas permintaan sendiri. Kamu wajib mendatangi dahulu FASKES 1 untuk kemudian dirujuk ke rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat

Nah, itu tadi cara cek kesehatan pakai BPJS yang wajib kamu pahami. Apabila kamu belum sempat memeriksakannya kondisi kesehatan ke puskesmas, kamu bisa bertanya-tanya terlebih dahulu pada dokter Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga, ya!