05 February 2019

Begini Prosedur Rawat Jalan dengan BPJS

Begini Prosedur Rawat Jalan dengan BPJS

Halodoc, Jakarta - JKN - KIS memberikan banyak manfaat bagi kesehatan masyarakat di Indonesia. Program ini telah berjalan sejak tahun 2014, tapi hingga saat ini, masih ada orang yang belum mengetahui cara berobat jalan pakai BPJS. Ketidaktahuan ini membuat sebagian orang beranggapan berobat pakai BPJS rumit dan dipersulit.

Baca Juga: Begini Cara Cek Kesehatan Pakai BPJS

Berobat Jalan Pakai BPJS Mudah

Semua warga negara Indonesia diwajibkan punya kartu JKN - KIS yang dikelola oleh BPJS. Pasalnya, pemilik kartu ini bisa mendapatkan akses layanan kesehatan sesuai kelas yang dipilih. Mulai dari administrasi pelayanan, pelayanan promotif dan preventif, tindakan medis non-spesialis, konsultasi medis, pelayanan obat, transfusi darah, pemeriksaan penunjang, hingga rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi. Lantas, bagaimana cara berobat jalan pakai BPJS?

  • Datangi faskes 1. Kamu bisa mendatangi puskesmas, klinik, atau dokter praktek yang didaftarkan dan tertera pada kartu. Siapkan dan bawa kartu BPJS saat berobat untuk pendataan.

  • Pemeriksaan di faskes 1. Lakukan pemeriksaan dan pengobatan di faskes 1 terlebih dahulu, kecuali kamu mengalami kondisi gawat darurat. Dokter akan melakukan diagnosis dan pengobatan sesuai indikasi medis. Jika diperlukan, dokter memberikan surat rujukan ke faskes 2 agar kamu mendapatkan penanganan khusus dari dokter spesialis. Pastikan untuk tidak meminta rujukan ke faskes 2 tanpa indikasi medis atau atas permintaan sendiri, karena klaim pengobatan di rumah sakit hanya bisa dilakukan atas rujukan dokter.

  • Pemeriksaan di faskes 2. Bawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan saat pergi ke faskes 2, seperti kartu BPJS asli beserta fotokopiannya, fotokopi KTP, fotokopi KK, dan fotokopi surat rujukan dari faskes 1. Daftar di bagian administrasi terlebih dahulu sebelum bertemu dokter dan pastikan datang lebih awal agar tidak terjebak dalam antrian panjang.

  • Pemeriksaan kembali ke faskes 1. Ini dilakukan jika dokter spesialis tidak memberikan surat keterangan kontrol atau memberikan surat rujuk balik ke faskes 1.

  • Lanjutkan pengobatan di faskes 2. Lakukan ketika kamu mendapatkan surat kontrol saat pemeriksaan di faskes 2.

Prosedur berobat jalan pakai BPJS terlihat rumit karena sebagian orang tidak membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Padahal, hal ini bisa dicegah dengan menyiapkan dokumen lengkap, mengikuti prosedur yang berlaku, dan membayar iuran secara rutin agar tidak kendala saat berobat.

Pasien Gawat Darurat Tidak Memerlukan Rujukan

Khusus untuk kasus gawat darurat yang bisa berakibat fatal jika tidak ditangani, kamu bisa langsung mendatangi rumah sakit mitra BPJS tanpa membawa surat rujukan faskes 1. Misalnya, gawat napas, gawat jantung, kejang, koma, dan trauma kepala dengan penurunan kesadaran.

Selama mengikuti prosedur, pengobatan pakai BPJS mudah dilakukan dan gratis. Pelayanan yang diterima pasien BPJS dan mandiri seharusnya sama, sehingga jika ada keluhan atau ketidakpuasan terkait pelayanan,  segera hubungi call center 24 jam BPJS Kesehatan pada nomor 1500400. Jika ingin lebih jelas, datangi kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Baca Juga: Pakai BPJS, Ketahui 5 Hal Ini Lebih Dulu

Kalau sekarang kamu sedang sakit dan belum mau berobat ke faskes, bicara pada dokter Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan yang tepat. Gunakan fitur Contact Doctor yang ada di Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!