• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Aspirin Dapat Menghilangkan Komedo?

Benarkah Aspirin Dapat Menghilangkan Komedo?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Aspirin Dapat Menghilangkan Komedo?

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu memiliki komedo di sekitar wajahmu? Terkadang komedo yang membandel dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Komedo adalah benjolan kecil yang muncul pada wajah akibat tersumbatnya pori-pori. Jika tidak segera diatasi, komedo dapat berkembang menjadi jerawat. Tidak hanya pada wajah, komedo juga dapat muncul di beberapa bagian tubuh lainnya seperti punggung, lengan, bahu, dan dada.

Baca juga: Komedo Bandel Susah Hilang, Ini Tipsnya

Selain karena penyumbatan pori-pori pada kulit, ada beberapa faktor yang nyatanya dapat meningkatkan seseorang memiliki komedo pada tubuh atau wajahnya. Iritasi pada wajah misalnya, ini dapat terjadi apabila kamu terlalu kasar saat mengusap-usap wajah. Adanya perubahan hormon juga menjadi faktor yang meningkatkan seseorang memiliki komedo karena produksi minyak berlebih pada wajah. Konsumsi obat seperti pil KB atau obat dengan kandungan kortikosteroid dapat meningkatkan risiko komedo.

Penggunaan Aspirin untuk Komedo

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menangani komedo. Salah satunya dengan penggunaan aspirin. Aspirin dikenal sebagai obat yang memiliki sifat analgesik yang dapat mengatasi rasa nyeri yang diakibatkan karena peradangan. Ini dikarenakan aspirin memiliki kandungan asam salisilat. Kandungan ini nyatanya cukup efektif dalam pengobatan untuk komedo.

Kamu bisa menggunakan aspirin sebagai campuran masker wajah. Tidak hanya untuk komedo, perawatan wajah dengan masker aspirin juga dianjurkan bagi kamu yang memiliki jerawat yang membengkak dan kemerahan. Selain itu, noda hitam pada wajah juga bisa kamu atasi dengan penggunaan masker aspirin. Penggunaan rutin masker aspirin mencegah timbulnya komedo sebelum komedo benar-benar terbentuk. Kandungan dalam aspirin juga membantu membersihkan pori-pori.

Sebaiknya, gunakan aspirin secara topikal untuk mengatasi komedo. Namun, tidak dianjurkan penggunaan aspirin oral untuk komedo, karena berisiko perdarahan terutama untuk usia tua atau riwayat perdarahan. Meski perawatan wajah dengan menggunakan aspirin terbilang cukup efektif, sebaiknya perhatikan penggunaannya jika kamu memiliki alergi kandungan aspirin atau asam salisilat. Penggunaan masker aspirin dengan kondisi alergi menyebabkan sesak napas, gangguan perut serta pembengkakan pada bagian yang terkena aspirin. 

Sebaiknya masker aspirin juga tidak diberikan pada anak di bawah umur 16 tahun, ibu hamil serta ibu menyusui. Selain itu, masker aspirin bisa membuat kulit menjadi kering, sebaiknya gunakan pelembap wajah setelah menggunakan masker aspirin. Namun, sebelum menggunakan aspirin, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter untuk memastikan keamanannya. Jika kamu ingin bertemu dokter untuk berkonsultasi soal hal ini, buat janji rumah sakit terlebih dahulu melalui Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. 

Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dikonsumsi untuk Cegah Komedo

Bahan Alami untuk Hilangkan Komedo

Selain penggunaan aspirin, ada beberapa bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan komedo.

1. Lobak

Dalam lobak terdapat kandungan zinc, fosfor, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Kamu bisa gunakan lobak sebagai masker wajah untuk mencegah timbulnya komedo.

2. Kopi

Gunakan ampas kopi sebagai masker wajah. Kopi mengandung antioksidan, stimulan, dan asam klorogenat yang membantu kamu dalam mengatasi komedo pada wajah.

3. Tomat

Kandungan yang ada pada tomat nyatanya membantu untuk menghindari komedo pada wajah dan bagian tubuh lainnya. Caranya, aplikasikan buah tomat sebagai masker dan diamkan hingga mengering. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. 

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Dicoba untuk Atasi Komedo

Selain menggunakan bahan-bahan tersebut, langkah pencegahan lain yang paling efektif adalah rajin membersihkan wajah. Komedo terbentuk akibat tersumbatnya pori-pori kulit karena sel kulit yang mati dan minyak. Komedo terasa nyeri atau sakit ketika mengalami infeksi. Infeksi ini yang menyebabkan komedo menjadi kemerahan, bengkak, dan paling parahnya memunculkan jerawat pada bagian komedo yang terinfeksi.   

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Can Aspirin Treat Acne?
Medical News Today. Diakses pada 2021. Can you treat acne with aspirin?