Benjolan pada Ketiak? Hati-Hati Hidradenitis Suppurativa

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Benjolan pada Ketiak? Hati-Hati Hidradenitis Suppurativa

Halodoc, Jakarta – Jangan anggap sepele benjolan yang muncul pada ketiak apalagi jika kondisi tersebut disertai rasa gatal. Kondisi ini bisa jadi ini merupakan tanda dari penyakit hidradenitis suppurativa. Hidradenitis suppurativa adalah jenis penyakit pada kulit yang dikategorikan dalam penyakit kronis dan menyerang folikel rambut serta kelenjar keringat.

Baca juga: Awas Penyakit Kulit, Ini Penyebab Hidradenitis Suppurativa

Umumnya, benjolan yang disebabkan oleh hidradenitis suppurativa muncul pada beberapa area seperti lipatan paha serta ketiak. Pada wanita, umumnya benjolan muncul pada area bawah payudara. Ketahui lebih banyak mengenai hidradenitis suppurativa agar mengetahui gejala maupun pencegahan penyakit ini lebih banyak.

Tidak Hanya Benjolan, Ketahui Ciri Lain dari Hidradenitis Suppurativa

Umumnya, penyakit ini sering dialami oleh wanita yang memasuki masa pubertas. Meskipun begitu, tidak ada salahnya para pria juga memerhatikan gejala atau tanda yang muncul akibat hidradenitis suppurativa agar pengobatan lebih mudah untuk dilakukan.

Gejala hidradenitis suppurativa sangat beragam. Tapi umumnya, pengidap hidradenitis suppurativa akan mengalami kondisi benjolan yang terkadang terasa sangat gatal. Benjolan yang muncul mirip dengan jerawat dan mengeluarkan cairan nanah serta memiliki aroma yang kurang sedap.

Kondisi ini perlu diatasi dengan baik, jika tidak, benjolan pada kulit dapat menyebar dan luka yang muncul dapat meninggalkan bekas. Perhatikan area-area berikut yang sering menjadi lokasi munculnya benjolan dari hidradenitis suppurativa, yaitu:

  1. Salah satu ketiak atau kedua bagian ketiak;

  2. Pangkal paha, seperti area kelamin dan area anus;

  3. Area pantat;

  4. Bagian paha atas;

  5. Bagian payudara pada area bawah payudara maupun atas payudara.

Ketahui ciri-ciri benjolan yang menjadi tanda dari penyakit hidradenitis suppurativa. Benjolan yang menjadi tanda penyakit hidradenitis suppurativa akan terasa gatal pada area benjolan. Tidak hanya itu, benjolan yang muncul menetap pada bagian kulit dan bisa hilang kemudian muncul kembali.

Baca juga: Tips Mengurangi Ketidaknyamanan Hidradenitis Suppurativa

Benjolan yang pecah dapat menyebabkan luka pada kulit yang sulit untuk hilang. Selain itu, luka yang tidak dirawat dengan baik bisa mengakibatkan infeksi pada kulit. Tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika mengalami benjolan dari hidradenitis suppurativa yang tidak membaik dalam beberapa hari. Sebaiknya gunakan aplikasi Halodoc dan berdiskusi langsung dengan dokter mengenai gangguan penyakit yang dialami.

Bisakah Hidradenitis Suppurativa Disembuhkan?

Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko hidradenitis suppurativa pada seseorang, seperti faktor usia, jenis kelamin, dan riwayat keluarga dengan kondisi yang serupa. Selain itu, kondisi kulit yang memiliki jerawat juga meningkatkan risiko seseorang alami hidradenitis suppurativa. Jerawat yang luka berpotensi berkembang menjadi kondisi hidradenitis suppurativa.

Pengidap diabetes dan jantung lebih rentan terhadap kondisi ini. Tidak ada salahnya untuk tetap menjaga kesehatan kulit dan menghindari kebiasaan merokok yang menjadi salah satu faktor berkembangnya hidradenitis suppurativa.

Baca juga: Apakah Saya Berisiko Terkena Hidradenitis Suppurativa?

Pengobatan yang dilakukan tidak dapat menyembuhkan kondisi ini. Hidradenitis suppurativa merupakan penyakit yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama, namun ada kalanya penyakit ini tidak aktif untuk sementara waktu. Pengobatan dilakukan untuk mengurangi gejala yang muncul pada pengidap hidradenitis suppurativa.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Hidradenitis Suppurativa.
NHS. Diakses pada 2019. Hidradenitis Suppurativa.