12 December 2017

Berbagai Jamu yang Baik untuk Wanita

Berbagai Jamu yang Baik untuk Wanita

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang anti minum jamu karena rasanya yang pahit. Padahal minuman tradisional khas Indonesia ini memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan lho. Terbuat dari bahan-bahan alami, seperti tumbuh-tumbuhan, daun-daunan, dan akar-akaran, ramuan jamu peninggalan turun temurun dari nenek moyang ini baik untuk dikonsumsi wanita karena berkhasiat untuk mengobati penyakit, menghilangkan bau badan, dan menjaga kecantikan. Ini berbagai variasi jamu yang baik untuk wanita.

1. Jamu Beras Kencur

Kamu sering merasa pegal-pegal? Coba minum jamu beras kencur secara rutin deh. Jamu ini dapat membuat tubuh jadi terasa lebih bugar dan tidak gampang lelah. Kencur yang terdapat dalam jamu dapat memberikan rasa hangat dalam tubuh ketika diminum, sehingga kamu akan merasa sehat dan segar. Selain itu, jamu beras kencur juga memiliki manfaat kecantikan lho, antara lain mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit, serta membantu melangsingkan tubuh. Jamu ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti beras tumbuk, jahe, kedawaung, kapulogo, asam, kunci, kayu keningar, kunyit, jeruk nipis dan buah pala. Jamu beras kencur paling enak diminum dalam keadaan dingin.

2. Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang haid, karena dapat mengurangi rasa sakit yang muncul ketika haid. Jamu kunyit asam juga dapat melancarkan siklus haid dan menyuburkan kandungan. Selain itu, kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam kunyit asam dapat membuat kulit kamu bersih, bercahaya dan bebas dari jerawat. Meminum jamu ini secara rutin juga dapat menghilangkan bau badan, karena kandungan minyak atsiri di dalamnya dapat mengontrol produksi keringat dan melawan bakteri penyebab bau badan. Kamu pun jadi lebih percaya diri. Bahan-bahan alami yang terdapat dalam minuman tradisional ini adalah kunyit dan buah asam, serta dapat ditambahkan daun asam muda, temulawak, biji kedaung, perasan jeruk nipis, dan gula putih sebagai pemanis.

3. Jamu Sinom

Setelah meminum jamu yang pahit, biasanya kamu akan diberi sinom oleh si mbok. Sinom adalah daun asam jawa yang masih muda dan biasanya diramu dengan campuran temulawak, kunyit, kayu manis, kapulaga, dan gula putih atau gula merah sebagai pemanis. Tidak hanya rasanya yang enak, tapi jamu sinom juga dapat membuat menyegarkan tubuh dan membantu proses detoksifikasi. Jika racun-racun dalam tubuh dapat dikeluarkan, maka kulit wajahmu akan lebih bersih dan bebas dari jerawat. Kini, kamu bisa mendapatkan jamu sinom yang sudah banyak dijual di toko-toko dalam kemasan berbentuk botol dan disajikan dingin.

4. Jamu Pahitan

Seperti namanya, minuman tradisional ini memang memiliki rasa yang pahit. Tapi walaupun pahit, jamu ini punya banyak manfaat kecantikan lho, yaitu mencegah bau badan, mencegah timbulnya jerawat, melancarkan peredaran darah, dan menghilangkan gatal-gatal pada kulit. Jamu pahitan ini terbuat dari bahan- bahan seperti sambiloto, brotowali, lempuyang, daun meniran, serai, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih, dan adas.

5. Jamu Kunci Sirih

Jamu kunci sirih merupakan perpaduan dari daun sirih dan temu kunci. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, daun sirih memiliki manfaat yang baik untuk wanita, yaitu mengatasi masalah keputihan, menghilangkan bau badan tidak sedap, dan mengatasi jerawat. Jamu kunci sirih juga dapat merapatkan organ kewanitaan, memperkuat email gigi dan mencegah peradangan. Selain terdiri dari daun sirih dan kunci temu, minuman ini juga dicampur dengan bahan-bahan seperti kunyit, kencur, jahe, kayu manis, kapulaga, asam jawa, serai, perasan jeruk nipis, garam, dan gula merah.

Selamat mencoba minuman sehat ini ya. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut soal makanan atau minuman tertentu dan kandungan nutrisi di dalamnya, tanyakan saja ke dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Di Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter melalui Voice/Video Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli berbagai produk kesehatan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat aplikasi dan pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.