Berencana Menikah? Ini 8 Hal yang Wajib Dipelajari 

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Berencana Menikah? Ini 8 Hal yang Wajib Dipelajari 

Halodoc, Jakarta – Memutuskan untuk menikah bukanlah hal mudah, dan sebaiknya tidak dilakukan tanpa persiapan. Belakangan ini, pemerintah Indonesia bahkan berencana untuk mengadakan sertifikasi atau program belajar bagi pasangan yang ingin menikah. Hal itu disebut bertujuan untuk membekali kedua calon pengantin seputar kesehatan reproduksi, pengasuhan anak, serta keuangan keluarga. Sertifikasi juga diharapkan bisa menekan angka perceraian, stunting alias balita gagal tumbuh karena kurang gizi, hingga kemiskinan.

Rencana sertifikasi ini masih menuai pro dan kontra. Namun, pada dasarnya pasangan yang akan menikah sebaiknya memang dibekali dengan pengetahuan dan persiapan yang matang. Sebab, berumah tangga tidak pernah semudah bayangan. Ada sejumlah materi yang wajib dipelajari pasangan yang akan menikah, seperti manajemen emosi, resolusi konflik, perencanaan keluarga, ilmu parenting dan financial planning, kesehatan mental, serta cara berkomunikasi. Biar lebih jelas, simak pembahasan seputar materi yang perlu dipelajari oleh calon pengantin pada artikel berikut ini! 

Baca juga: Nikah Muda Boleh, Tapi Ketahui Dulu 4 Fakta Ini

Materi yang Penting Dipelajari sebelum Menikah

Ada beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berumah tangga. Hal itu penting sebagai bekal, mengingat menikah merupakan pilihan jangka panjang yang akan terus dijalani. Ada beberapa materi yang sebaiknya dipelajari oleh calon pengantin, menurut Psikolog dari KALM, Wenny Aidina, M.Psi. Di antaranya: 

  • Mengetahui Makna Pernikahan 

Sangat penting bagi calon pengantin mengenal satu sama lain, termasuk mengetahui makna pernikahan bagi masing-masing individu. Kamu dan pasangan disarankan untuk membicarakan seputar hal-hal yang ingin dicapai dalam pernikahan, maupun gambaran pernikahan yang dimiliki oleh masing-masing pasangan. Cara ini penting untuk mengenal pasangan lebih baik dan mendiskusikan serta menyamakan persepsi tentang pernikahan. 

  • Pentingnya Komitmen 

Pasangan yang akan menikah harus mengetahui pentingnya komitmen. Menikah adalah hal yang akan dijalani seumur hidup, berdua. Hal ini harus terlebih dahulu diketahui calon pengantin agar bisa membantu kesiapan dalam menjalani pernikahan dan mempersiapkan diri untuk menerima pasangan dan menjalani hubungan dengan sebaik-baiknya. 

  • Komunikasi dengan Pasangan 

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan, termasuk pernikah. Sangat penting bagi calon pengantin mengetahui dan membekali diri dengan pola komunikasi yang baik setelah menikah. Pasalnya, banyak perselisihan dan kesalahpahaman dalam pernikahan yang terjadi karena komunikasi tidak efektif. Maka dari itu, saling memahami bagaimana cara masing-masing dalam mengkomunikasikan sesuatu dan memahami perbedaan cara penyampaian pesan antar individu menjadi penting untuk dipelajari.

  • Cara Menyelesaikan Masalah 

Masalah pasti akan hadir di tengah kehidupan rumah tangga. Salah satu pelajaran yang penting sebelum menikah adalah bagaimana cara menyelesaikan masalah. Menjalani hubungan lama tidak menjamin kamu dan pasangan memiliki pandangan yang sama terhadap suatu masalah.  

Baca juga: Habis Nikah Masih Romantis, Kenapa Tidak?

  • Pengetahuan Finansial 

Calon pengantin juga harus belajar bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dalam rumah tangga. Pelajaran penting sebelum menikah adalah pemasukan pasangan, biaya yang akan ditanggung pasangan sebelum menikah, biaya yang akan dikeluarkan setelah menikah, dan cara-cara mengatur keuangan selama hidup berumah tangga. 

  • Menyesuaikan Diri 

Menikah tidak hanya melibatkan kamu dan pasangan, tapi juga keluarga besar kedua pihak. Sebelum menikah, penting untuk mengetahui cara menyesuaikan diri dengan kebiasaan pasangan, kondisi keluarganya, sekaligus menyesuaikan diri dengan tantangan-tantangan yang akan dijalani selama hidup berumah tangga. 

  • Mempertahankan Rasa Cinta 

Sangat penting untuk mempertahankan cinta agar hubungan yang dijalani tetap hangat. Salah satu hal penting yang wajib dipelajari oleh calon pasutri adalah mengetahui hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mempertahankan momentum cinta agar keharmonisan rumah tangga dapat terjaga.

  • Rencana Berkeluarga 

Kamu dan pasangan harus mengetahui dan mempelajari tips perencanaan keluarga. Hal ini berkaitan dengan perencanaan kehamilan, pada usia berapa berencana untuk hamil, berapa banyak anak yang ingin dimiliki, dan berapa tahun jarak antar anak. Perencanaan keluarga menjadi penting karena akan memengaruhi berbagai macam aspek dalam keluarga, dari pemenuhan gizi anak, kesehatan mental ibu, hingga kemampuan finansial kepala keluarga.

Baca juga: 6 Jenis Pemeriksaan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

Bicarakan juga seputar masalah kesehatan antara kamu dan pasangan. Jika butuh saran dokter terkait apa saja pemeriksaan kesehatan sebelum menikah, pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

*artikel ini sudah tayang di SKATA