Biar Badan Fit Seharian, Intip 3 Menu Sahur Sehat Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Biar Badan Fit Seharian, Intip 3 Menu Sahur Sehat Ini

Halodoc, Jakarta - Umat muslim diharuskan sahur sebelum menjalani puasa. Sahur dilakukan untuk memberikan bekal nutrisi sebelum perut dibiarkan kosong selama hampir 14 jam. Namun, sahur tidak boleh dilakukan sembarangan. Makanan yang dikonsumsi harus bergizi agar tubuh tetap fit seharian. Lantas, jenis makanan apa saja yang cocok dikonsumsi saat sahur?

Baca Juga: 5 Tips Memanaskan Makanan untuk Sahur

  1. Makanan Berserat

Makanan berserat mudah ditemukan dalam biji-bijian, seperti roti gandum atau kacang-kacangan. Selain berfungsi melancarkan pencernaan, makanan berserat juga berguna untuk menahan lapar lebih lama. Jangan lupa juga untuk memasukan buah dan sayuran ke dalam menu sahur. Pilih buah dan sayur yang tinggi serat seperti wortel, bayam, brokoli, pir, dan apel.

  1. Makanan Berprotein

Selain menghasilkan energi, protein berfungsi memperlambat pencernaan sehingga bisa menangkal rasa lapar. Sebaiknya pilih daging merah tanpa lemak dan produk susu rendah lemak. Produk kedelai, kacang-kacangan, dan lentil juga bisa menjadi pilihan.

  1. Makanan Rendah Lemak

Lemak adalah zat yang lebih padat dari karbohidrat dan protein. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak, lemak bisa berdampak negatif bagi tubuh. Lebih baik pilih makanan yang mengandung lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak canola, minyak wijen, ikan salmon, ikan sarden, dan mackerel.

Baca Juga: Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa

  1. Makanan Rendah Gula

Hindari konsumsi makanan tinggi gula saat sahur. Alasannya, makanan tinggi gula memicu peningkatan kadar glukosa yang bisa meningkatkan rasa haus dan lapar lebih cepat.

Tips Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Selain makanan, ada juga beberapa tips agar kamu tetap kuat dan segar saat berpuasa:

  1. Hindari Makan Berlebihan

Fokus pada kualitas, bukan kuantitas makanan. Penuhi nutrisi dengan konsumsi jenis makanan di atas untuk dijadikan bahan bakar tubuh saat menjalani puasa. Makan berlebihan akan membuat organ pencernaan bekerja lebih keras. Pankreas harus memproduksi lebih banyak insulin, hati harus memproses lebih banyak glukosa, dan lambung harus menghasilkan enzim pencernaan ekstra. Kondisi ini berpotensi menyebabkan kelelahan dan rasa kantuk berlebih setelah makan.

Sebaliknya, kamu justru dianjurkan minum banyak air putih. Ikuti aturan 2-4-2, yakni minum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur. Hal ini untuk memastikan tubuh mendapat asupan cairan yang cukup sehingga terhindar dari rasa haus berlebih atau dehidrasi.

  1. Jangan Lewatkan Sahur

Hindari makan larut malam dan melewatkan makan sahur keesokan paginya. Makan berat sebelum tidur menyebabkan gangguan pencernaan, mulas, dan tidur terganggu. Kebiasaan ini juga berpotensi menambah berat badan. Selain itu, melewatkan sahur bukan hanya membuat tubuh kosong dalam waktu lama, tapi juga membiarkan tubuh kekurangan nutrisi penting yang berdampak pada kinerja organ dalam tubuh.

Baca Juga: Tidur Setelah Sahur, Bolehkah?

Itulah tips agar badan fit seharian saat puasa. Kalau kamu punya keluhan kesehatan saat puasa, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Gunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!