Biar Cepet Sembuh, Jangan Salah Kenali Ukuran Jarum Infus yang Kamu Pakai

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Biar Cepet Sembuh, Jangan Salah Kenali Ukuran Jarum Infus yang Kamu Pakai

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa warna pada jarum infus (abbocath) pada pasien di rumah sakit berbeda-beda? Apakah yang membedakan jarum tersebut?

Perbedaan warna tersebut bertujuan untuk membedakan ukuran jarum. Nyatanya jarum infus yang selama ini digunakan memiliki ukuran dan fungsi yang berbeda-beda. Nah, agar kamu cepat sembuh, yuk periksa apakah jarum infus yang digunakan sudah tepat atau belum. 

Uniknya, jarum infus dibedakan ukurannya melalui angka. Semakin besar angka yang melabeli sebuah jarum, artinya semakin kecil ukuran dari jarum tersebut. Berikut perbedaannya dimulai dari jarum terkecil.  

       1. Kuning

Abbocath yang berwarna kuning memiliki ukuran jarum 24G. Jarum infus yang satu ini digunakan pada neonatus, bayi, anak, dan orang dewasa dengan pembuluh darah kecil dan rapuh. Cairan infus yang dialirkan lewat jarum ini sangat lambat.

       2. Biru

Jarum dengan warna biru memiliki ukuran 22G. Jenis yang satu ini cocok untuk bayi, anak, dan orang dewasa dengan pembuluh darah kecil dan rapuh.

       3. Merah muda

Merah muda memiliki ukuran 20G. Biasanya jarum ini digunakan pada orang dewasa dan anak. Penggunaannya untuk memasukan cairan infus untuk maintenance.

       4. Hijau

Dengan angka 18G, jarum berwarna hijau cukup besar. Biasa digunakan orang dewasa dan anak, dipasang pada kondisi bedah mayor, trauma, resusitasi cepat.

       5. Abu-abu

Ini adalah set dengan jarum terbesar. Jarum ini digunakan untuk orang dewasa dalam kondisi bedah mayor, trauma, resusitasi cepat.

Sudah tahu kan bedanya? Kalau kamu punya masalah seputar kesehatan, pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Membeli produk kesehatan sangat mudah di Halodoc. Ayo, download sekarang.