Bisakah Hamil Tepat Setelah Menstruasi Selesai?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bisakah Hamil Tepat Setelah Menstruasi Selesai?

Halodoc, Jakarta - Waktu terbaik dalam berhubungan intim dan terjadi pembuahan sempurna adalah ketika wanita pada masa suburnya. Ini artinya, masa ovulasi adalah waktu terbaik untuk pasangan melakukan penetrasi atau hubungan badan supaya kehamilan segera terjadi. 

Namun, waktu sebelum dan tepat sesudah menstruasi menjadi waktu yang dihindari untuk berhubungan badan karena bukan menjadi waktu subur dari wanita. Lantas, benarkah hamil setelah menstruasi terjadi ketika hubungan intim dilakukan langsung setelah haid usai? Padahal, waktu tersebut diyakini belum masuk masa subur?

Mungkinkah Terjadi Hamil Setelah Menstruasi?

Secara sederhana, pembuahan bisa terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel ovum. Artinya, sperma harus sudah ada di dalam tuba falopi ketika wanita masuk pada masa subur atau ovulasi. Namun, ovulasi ini terjadi dalam rentang waktu dua minggu sebelum dan sesudah menstruasi, alias antara 12 hingga 16 hari sebelum atau sesudah kamu mengalami haid. 

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Hubungan Intim untuk Kesehatan

Perlu diingat, hitungan ini berlaku jika kamu memiliki siklus haid yang normal alias 28 hari setiap bulannya, ya. Jika tidak, berarti perhitungannya harus disesuaikan lagi, atau kamu bisa bertanya pada dokter melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi Halodoc. Langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit untuk berkonsultasi pun tidak ada salahnya kok, karena kamu bisa memilih sendiri rumah sakitnya.

Lalu, benarkah melakukan hubungan intim setelah haid menyebabkan terjadinya kehamilan jika dihitung tepat sehari setelah menstruasi selesai? Jawabannya bisa. Namun, karena tidak berada pada masa subur atau ovulasi, kehamilan ini terjadi dengan persentase yang kecil. 

Baca juga: Enggak Menstruasi, Ini yang Perlu Diketahui tentang Amenorrhea

Pasalnya, ketika kamu mengalami menstruasi, tubuh melepaskan sel telur yang tidak lagi terpakai. Biasanya, siklus haid ini beragam antara lima hingga delapan hari. Ketika hubungan intim dilakukan sehari setelah menstruasi selesai, sebenarnya tubuh baru saja mempersiapkan sel telur baru yang siap untuk dibuahi. Namun, sperma memiliki masa hidup hingga lima hari setelah dikeluarkan dari penis.

Ini artinya, ketika hubungan intim dilakukan tepat sehari setelah haid berakhir, sperma memiliki waktunya untuk mencari sel telur. Jadi, masih ada kemungkinan untuk terjadi hamil setelah menstruasi meski kecil kemungkinannya, menilik dari masa hidup sperma, dan kesiapan sel telur baru untuk kembali dibuahi. 

Tips Cepat Hamil Usai Menstruasi

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir, karena ada tips yang bisa kamu lakukan supaya bisa hamil setelah menstruasi. Berikut beberapa di antaranya:

  • Mengecek masa subur. Beberapa pasangan terpaku pada masa subur sebagai waktu terbaik untuk melakukan hubungan intim. Padahal, melihat dari lama hidup sperma, tidak perlu menunggu tepat pada masa ovulasi untuk berhubungan intim. 

  • Menghindari stres. Stres memicu terbentuknya hormon yang membuat kamu menjadi lebih sensitif, terutama ketika menstruasi. Sayangnya, stres berlebihan membuat wanita menjadi lebih sulit untuk hamil. 

  • Waktu terbaik untuk berhubungan intim bisa kapan saja, jadi jangan terpaku untuk melakukannya hanya pada malam hari atau pagi hari. Memang, pagi hari lebih dianjurkan karena ketika bangun tidur, tubuh sedang fit dan pikiran masih segar. 

Baca juga: Menstruasi Tidak Teratur, Apa yang Harus Dilakukan?

Referensi: 
Babycenter. (Diakses pada 2019). How to Get Pregnant Fast.
Parents. (Diakses pada 2019). Get Pregnant Faster.
Babycenter. (Diakses pada 2019). Can You Get Pregnant Right After Your Period?